Review: iPhone 4S, Processor Dual-core, Camera 8 Megapixel, Siri

Pada waktu seminggu yang lalu Apple telah mendistribusikan penjualan iPhone 4S di Amerika Serikat. Lalu berita mengenai iPhone 4S sudah marak dan banyak di Internet. Walau pendistribusian iPhone 4S masih belum merata keseluruh dunia namun gaung dan sepelintiran berita mengenai iPhone 4S sudah banyak terdengar. Bagi para peminat yang ingin membelinya namun di negara tempat asal belum terdapat iPhone 4S, harap untuk bersabar sebentar, karena hingga akhir tahun semestinya iPhone 4S sudah mudah didapatkan dipenjuru dunia melalui toko-toko handphone atau di toko Apple nya sendiri.

Bagi kamu yang masih menunggu, tidak salahnya untuk melihat artikel-artikel reviewnya diberbagai situs, termasuk di situs ini yang berkesempatan untuk dapat memberikan review mengenai produk anyar iPhone 4S yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan oleh para penggila gadget. Banyak duga Apple akan mengeluarkan iPhone 5 saat ini namun yang terjadi adalah Apple hanya mengeluarkan iPhone generasi 4 yang lebih ‘updated’ dari versi sebelumnya.

Ya, iPhone 4S dan iPhone 4 bila dilihat dari tampak luar maka keduanya terlihat sama (tidak ada perbedaan yang mencolok). Namun dibalik itu iPhone 4S mengusung banyak hal yang baru didalamnya. Banyak anggapan bahwa perubahan yang dilakukan Apple terhadap iPhone 4S tidaklah terlalu signifikan sehingga kurang begitu dirasa perlu bagi sebagian orang untuk memilikinya dengan segera.

Hadirnya iPhone 4S juga dibarengi dengan sistem operasi yang terbaru yaitu iOS 5. Di iOS 5 inilah juga terdapat banyak fitur-fitur baru yang bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 4S dan juga iPhone 4. Fitur-fitur baru tersebut adalah diantaranya ada iCloud, Notification Bar, iMessage, Edit Photo, Tombol Camera pada Homescreen, Reminders, dsb.

iCloud adalah sebuah fitur yang diberikan gratis oleh Apple untuk pengguna iPhone yang menggunakan iOS 5 (hanya pada iOS 5 saja fitur iCloud dibenamkan). Dimana kita mendapat kapasitas penyimpanan data 5 GB, kita dapat mem-backup data-data di iPhone ke server Apple. Data-data yang bisa kita backup adalah: Mail, Contacts, Calendars, Reminders, Bookmarks, Notes, Photo dan data kordinat keberadaan iPhone kita. Bila kapasitas 5 GB yang diberikan gratis oleh Apple dirasa tidak cukup, kita juga dapat meng-upgrade-nya menjadi 10 GB dengan biaya $20 per tahun, atau 20 GB dengan $40 per tahun dan 50 GB $100 per tahun. Fitur ini benar-benar sangat bermanfaat buat penyimpanan data-data di iPhone kita, data-data yang telah kita backup ke server Apple sewaktu-waktu kita dapat me-restore-nya kembali ke iPhone kita.

Spesifikasi iPhone 4S:
– 1 GHz dual-core ARM Cortex-A9 processor
– PowerVR SGX543MP2 GPU, Apple A5 chipset
– Dimensi 115.2 x 58.6 x 9.3 mm
– Berat 140 g
– Layar LED-backlit IPS TFT, capacitive touchscreen, 16M colors
– Ukuran layar 640 x 960 pixels, 3.5 inches (~330 ppi pixel density)
– Kapasitas internal 16/32/64 GB storage, 512 MB RAM
– Kapasitas external tidak ada
– Koneksi data GPRS, EDGE, 3G, WiFi, Bluetooth, MicroUSB
– Kamera 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flash
– Kamera depan VGA
– Sistem operasi iOS 5
– GPS
– Baterai Li-Po 1432 mAh

Kelengkapan:
– Handset
– Baterai
– Kabel Data Micro USB
– Adaptor Charger
– Earphone

Keunggulan utama iPhone 4S dibanding dengan iPhone 4 adalah terletak pada processor nya, iPhone 4S mengusung processor dual-core, kamera pada iPhone 4S sudah menggunakan 8 MP sedangkan iPhone 4 masih 5 MP. Dalam hal segi software iPhone 4S dilengkapi dengan fitur pengolah suara yang disebut dengan Siri. Dengan adanya Siri, kita dapat berkomunikasi dua arah dengan iPhone, kita dapat menanyakan sesuatu, meminta untuk menuliskan sms kepada rekan kita, mencatat skedul meeting hingga pencarian restoran terdekat. Siri saat ini hanya masih dapat digunakan dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jerman. Menurut Apple semua bahasa akan dapat dilakukan pada tahun depan 2012.

Karena iPhone 4S telah menggunakn processor yang lebih cepat, maka didalam melakukan browsing internet dirasakan lebih cepat, membuka situs web satu per satu terasa lebih ringan dan enteng. Juga demikian dengan kecepatan pada kamera, kecepatan didalam pengambilan gambar juga dapat dirasakan lebih cepat dari iPhone terdahulunya.

Sesuatu yang perlu kita ketahui bersama adalah, sekarang Apple sudah tidak terlalu ketat didalam menciptakan produknya, setidaknya bisa diliat dari iPhone 4S, dimana disaat pertama kali menyalakan handset kita dapat mengaktifkannya tanpa menggunakan iTunes, cukup menyalakan koneksi WiFi maka proses aktifasi hanya memakan waktu sekitar semenitan saja. Dan yang lebih menyenangkan lagi adalah iPhone 4S dapat dibeli secara “Unlock” tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, buka kotaknya, ambil handsetnya, tarik slot sim card nya, masukkan kartu gsm, langsung dapat digunakan untuk menelpon maupun sms serta internet bila kartu tersebut memiliki akses internet.

Kesimpulan:
– kecepatan yang dapat dirasakan
– urusan kamera menjadi lebih leluasa dan tambah cepat juga
– menambah pengalaman baru dengan adanya Siri

Kekurangan:
– desain casing masih sama dengan iPhone 4

Lihat video:

11 Responses to Review: iPhone 4S, Processor Dual-core, Camera 8 Megapixel, Siri

  1. bintarojaya_jaksel says:

    Bagus ulasannya, Iphone 4S ini ga ada fasilitas spt bbm-nya BBB ya? Kalau ada seeh pengin juga pakainya. Boleh kasihtau infonya donk. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *