Review BlackBerry 9850 Monaco, 9860 Monza, Generasi Layar Lebar

Pertengahan tahun 2011 ini merupakan waktunya RIM untuk banyak merilis ponsel-ponsel terbarunya, sejak kurun waktu yang tidak sebentar mereka bisa dikatakan sedikit lamban mengeluarkan produk ponsel-ponsel anyarnya. Selain BlackBerry Bold Touch 9900 Dakota, RIM juga merilis ponsel BlackBerry yang dianggap dapat menyaingi popularitas iPhone. BlackBerry ini mengusung layar sentuh (full touch screen), dan banyak orang menyangka bahwa ponsel ini adalah generasi ketiga dari Storm, padahal tidak demikian, ponsel ini bernamanya BlackBerry Torch 9850/9860 dengan sebutan Monaco dan Monza.

Apa perbedaan antara BlackBerry Torch 9850 Monaco dan 9860 Monza? keduanya memiliki fitur yang sama, hanya saja untuk 9850 Monaco dapat digunakan untuk CDMA dan juga GSM, sedangkan 9860 Monza hanya untuk GSM saja. Ponsel BlackBerry Monaco/Monza memiliki keunikan yaitu ponsel ini merupakan ponsel berlayar paling lebar dari ponsel-ponsel BlackBerry sebelumnya yatu 3.7 inches (dibanding ukuran layar Storm yang 3.25 inches masih sedikit kalah besar). Keunggulan lain yang tidak dimiliki BlackBerry Storm adalah di BlackBerry Monaco/Monza ini memiliki Optical Trackpad. Jadi bisa disimpulkan bahwa ponsel BlackBerry 9850/9860 ini bukan Storm melainkan generasi dari Torch.

Spesifikasi:
– CPU 1.2GHz processor, Qualcomm MSM8655 Snapdragon
– Dimensi 120 x 62 x 11.5 mm
– Berat 135 g
– Layar TFT capacitive touchscreen, 16M colors
– Ukuran layar 480 x 800 pixels, 3.7 inches
– Optical trackpad
– Memori Internal 4 GB storage, 768 MB RAM
– Memori External microSD 8GB, up to 32GB
– Kamera Depan 5 MP, 2592×1944 pixels, Autofocus
– Koneksi data GPRS, EDGE, 3G, WiFi, Bluetooth, MicroUSB
– OS BlackBerry OS 7
– GPS
– Baterai Li-Ion 1230 mAh

Kelengkapan:
– Handset
– Baterai
– Kabel Data Micro USB
– Adaptor Charger
– Earphone
– MicroSD 8GB

Casing Dan Rancangan Desain
Bentuk dari BlackBerry 9850/9860 ini pada sisi depan terdapat layar berukuran 3.7 inches, lampu led diatas kanan (disamping speaker ponsel), dan 5 tombol dibagian bawah yang salah satunya diposisi tengah adalah tombol Trackpad yang bentuknya agak sedikit menjulang dari tombol-tombol lainnya. Di sisi atas hanya ada satu tombol kunci (lock), di sisi bawah ada speaker dan lubang microphone. Pada sisi samping kanan terdapat tombol kamera, tombol pengeras suara atas/bawah dan lubang jak untuk earphone. Disebelah samping kiri ada lubang MicroUSB. Dan disisi belakang terdapat lensa kamera berikut lampu kilat (led flash). Balutan casing dengan material plastik dan karetnya terlihat rapih dan manis, sisi depan dengan nuansa warna hitam, lalu pada sisi sisi samping dibalut dengan warna chrome dan sisi belakang dengan warna abu-abu gelap. Dengan rancangan desain dan bentuk seperti itu membuat BlackBerry 9850/9860 menjadi ponsel yang manis dan menggoda mata. Ponsel tidak terasa besar maupun kecil di tangan, ukurannya pas disaat genggaman tangan.

Layar Dan Tampilan Muka
Ini merupakan layar terbesar dimana RIM menciptakan ponsel-ponsel pintarnya. Namun besarnya layar ini lebih condong memanjang kebawah, kita akan dapat merasakan layar dengan scroll ke bawah yang begitu panjang dibanding ponsel pintar lainnya. Hal ini bisa saja menjadi hal positif, tapi bisa juga ada negatifnya yaitu bagi yang terbiasa menggunakan ponsel berlayar besar (lebar kesamping) seperti pada BlackBerry Bold 9900 Dakota atau ponsel pintar lainnya yang berukuran besar maka kita merasakan bagan layar terasa sempit, tapi hal ini tidak terlalu signifikan mungkin akan hanya dapat dirasakan bagi para pengguna yang sering ganti-ganti ponsel. Dengan mengusung sistem operasi BlackBerry 0S 7, tampilan dilayar lebih segar, ringan dan halus. Pergeseran navigasi (animasi) terlihat sangat mulus, begitu juga dengan bila melihat gambar-gambar di galeri foto terlihat cepat dan juga ringan.

Kamera
Ponsel ini didukung dengan kamera belakang 5 MP yang dilengkapi dengan Led Flash (lampu kilat), dan yang terpenting juga adalah dilengkapi fitur Autofocus (berbeda dengan saudaranya si BlackBerry Bold 9900 Dakota yang tidak memiliki fitur ini, padahal keduanya merupakan ponsel-ponsel keluaran terbaru dari RIM). Hasil kamera cukup baik, sehingga ponsel ini bisa dibilang tidak akan mengecewakan soal kameranya.

Browsing Internet
Karena layar yang diusung cukup besar (walau memanjang kebawah) untuk melakukan browsing internet sangat nyaman, kita dapat me-scroll kebawah, zoom in/out dengan cepat dan ringan.

Keyboard
BlackBerry 9850/9860 ini hanya memiliki keyboard virtual, yang dapat digunakan baik disaat posisi berdiri maupun landscape. Pada saat posisi landscape pengetikan dirasakan cukup nyaman, sedangkan bila diposisikan dalam kondisi berdiri maka keyboard qwerty-nya terasa kecil-kecil, bagi yang memiliki tangan berjari-jari besar mungkin akan sedikit sulit mengetiknya. Disarankan bagi yang berjari-jari besar gunakan pengetikan dalam posisi landscape.

Multimedia
Dalam hal multimedia, hampir semua produk tipe-tipe ponsel BlackBerry bisa dibilang handal. Untuk BlackBerry 9950/9960 ini untuk speaker dirasa kurang keras dan sedikit kurang nyaring suara yang dihasilkannya dibanding ponsel BlackBerry lainnya.

Kelebihan:
– desain dan bentuk tipis dan manis
– terasa pas di genggaman tangan
– untuk tipe 9850 dapat digunakan untuk CDMA dan juga GSM

Kekurangan:
– proporsi layar memanjang kebawah, dirasa-rasa kurang lebar kesamping(?)
– suara speaker sedikit kurang keras

Lihat videonya:

127 Responses to Review BlackBerry 9850 Monaco, 9860 Monza, Generasi Layar Lebar

  1. Teknologi says:

    terima kasih banyak soal artikel ini karena membantu sekali sebagai referensi terpercaya kami, semoga bisa update terus

  2. intan pratiwi says:

    monaco dan monza ini ada kamera depannya atau tidak ? :)

  3. rizky setiawan says:

    Bru 2 bulan d pakai bterai nya bkin bingung klau bterai penuh lgsung kosong trus klo d cars langsung penuh 1 menit aja,,
    Itu knpa,,,??

  4. nendy says:

    Mw tanya gan. ko monza ane padasaat dicrger yg timbul malah lambang USB. bisa dicarger kalo batrenya dilepas dulu terus dipsang lgi. jdi rempong bgt. tolong infonya gan.. salam!

  5. MAULANA says:

    TADI KAN DI BILANG SPEAKERNYA KURANG KERAS,,TRUZ KLO TRIMA TLP ATAU SYB TLP SUARA KDENGARANNYA KECIL GA??MKSIH

  6. indra says:

    Baru beli sebulan ko trackpadnya gk jln sich

  7. ardi says:

    PANJANG & LEBAR BERAPA UNTUK TYPE MONACO GAN LEBIH DIPEREJELAs lg & INJECT ATAU PAKAI SIM GAN/TX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>