Review Samsung Galaxy S II, Bodi Sangat Tipis, Layar Sangat Jelas, Processor Sangat Cepat

Ponsel pintar Samsung Galaxy S II ini adalah ponsel pintar yang paling fenomenal untuk saat ini (mungkin beberapa bulan kedepan bisa berubah karena hadirnya ponsel pintar lainnya). Samsung Galaxy S II menyatakan dirinya sebagai ponsel tertipis didunia dan juga dilengkapi kecepatan dual processor serta layar super amoled yang membuat kualitas layar begitu jelas dan detil. Sehingga dalam iklan mereka menyertakan kalimat “Super Fast, Super Vivid, Super Slim“. Kamu tertarik dengan ponsel ini? simak dulu sekilas ulasan dari kami.

Pertama yang kita rasakan disaat memegang ponsel Galaxy S II ini adalah tipisnya bodi seakan kita memegang papan tipis yang ringan. Ponsel ini dibalut dengan casing plastik berwarna hitam depan belakang, dan untuk penutup baterai juga terbuat dari bahan material plastik namun didisain bermotif seperti texture karbon. Dengan kemasan hitam legam seperti ini membuat ponsel ini menjadi terlihat elegan. Menurut penulis andai saya sebagian casing terdapat terbuat dari material metal alangkah lebih sempurna kesan elegannya. Di layar hanya terdapat 3 tombol dimana 1 tombol terlihat ditengah dan 2 tombol lagi terlihat bila kondisi ponsel menyala. Tombol power berada di sebelah sisi kanan, colokan untuk earphone berada diatas, tombol volume di sisi kiri, dibawah colokan usb dan untuk single speaker berada di belakang bawah. Dan lagi-lagi menurut penulis andaikan tombol-tombol tersebut terbuat dari material metal akan menjadi lebih elegan (keren) lagi.

Spesifikasi perangkat:

  • CPU Dual-core 1.2GHz ARM Cortex-A9 proccessor, Mali-400MP GPU, Exynos chipset
  • Berat 116 g
  • Layar Super AMOLED Plus capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran 480 x 800 pixels, 4.3 inches
  • Gorilla Glass display
  • Memory Internal 16GB/32GB storage, 1 GB RAM
  • Koneksi data: GPRS, EDGE, 3G, Wi-Fi, Bluetooth, USB
  • Kamera utama (belakang) 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flash
  • Kamera kedua (depan) 2 MP
  • Baterai Standard battery, Li-Ion 1650 mAh
  • Radio Stereo FM with RDS
  • OS Android OS, v2.3 (Gingerbread)

Setelah kita menyalakan ponsel ini, kita langsung dapat melihat kecerahan layarnya begitu jelas dan tajam, warna-warna begitu menghiasi tampilan ponsel ini. Halaman (homescreen) dapat kita atur dan kita susun, bisa kita pindah-pindahkan halaman-halamannya, dan juga kita dapat menambah serta menghapus halaman-halaman (homescreen) tersebut sesuai kebutuhan kita. Dan kita juga dapat mengatur penempatan widget, dimana didalam pemilihan widget kita disuguhkan dengan cara berbeda, yaitu pilihan-pilihan widget tersedia dibawah lalu kita dapat memilihnya dengan menggeser-gesernya. Dalam pengoperasian sistem operasi dirasa cukup cepat, ringan dan enteng, ini membuktikan dual processor yang diusungnya benar-benar membuat ponsel ini menjadi sangat cepat. Semua animasi terlihat halus dilihat.

Kamera yang menggunakan 8 MP memubuat hasil foto begitu jelas dan detil, untuk melakukan pemotretan tidak begitu memakan waktu lama (berbeda dengan ponsel-ponsel sebelumnya). Untuk menseleksi fokus pada saat pemotretanpun kita dapat menseleksinya dengan jari kita (tidak terpaku di tengah-tengah saja). Lalu bagaimana bila hasil foto-foto dari pemotretan ingin kita edit sesuai kebutuhan? di ponsel Samsung Galaxy S II ini dilengkapi dengan aplikasi yang bernama Photo Editor. Dengan aplikasi tersebut kita dapat memodifikasi foto-foto seperti merotasi ke kiri atau ke kanan, dapat memotong gambar (crop), lalu kita dapat menseleksi area gambar layaknya di Photoshop, kita dapat mengatur warna, contrast, brightness dan juga kita dapat menambahkan efek melalui filter seperti blur dan ghost effect. Dengan kelengkapan kamera 8 MP disertai aplikasi Photo Editor ini membuat ponsel ini menjadi asik untuk mengelola foto-foto.

Dengan dukungan dual processor yang cepat membuat segala hal menjadi cepat, seperti bila kita ingin melakukan mempebesar/mempekecil tampilan (zoom in/out) begitu terasa entang dan halus. Di Samsung Galaxy S II ini disedikan fitur baru untuk melakukan “Zoom in/out” dengan cara meletakkan kedua jempol kiri dan kanan kita ke layar lalu ponsel dimiringkan kedepan dan kebelakang maka tampilan gambar/web dapat menjadi besar atau kecil. Layar yang cukup besar dikelasnya yaitu 4.3 inch membuat luas tampilan sehingga membuat mata kita nyaman untuk melihatnya terutama disaat nge-browsing melalui web browser.

Sistem operasi yang berjalan di atas ponsel Samsung Galaxy S II ini begitu mulus tanpa adanya kendala, selama penulis menggunakannya dalam berbagai kondisi belum menemukan kendala, berbeda dengan teman sekelas senegaranya dari ponsel ini yang terdapat ketidak stabilan pada pengaturan cahaya (brightness dan koneksi Wi-Fi), namun di Galaxy S II ini semuanya stabil, tidak ada kendala yang berarti.

Didalam menu Galaxy S II ini disediakan juga menu Samsung Apps, yang isinya kita dapat mengunduh (download) aplikasi mupun game-game, namun sayangnya penulis mencoba untuk mengunduh beberapa game ternama tapi tidak dapat di install karena ketidak kompatibel dengan sistem operasinya (sungguh disayangkan juga).

Kesimpulan yang didapat adalah, ponsel pintar Samsung Galaxy S II ini begitu tipis, begitu jelas layarnya dan begitu cepat, jadi membuat ponsel ini benar-benar layak untuk dimiliki. Sensasi balutan hitam legamnya membuat kesan tersendiri yang elegan. Andai saya balutan casing bodi sebagian terbuat dari material metal maka ponsel ini benar-benar menjadi lebih elegan dan tentunya menambah kuat, sebab dengan bodi ponsel yang tipis dengan bahan material plastik dan ringan seakan membuat ponsel ini terasa ringkih. Secara keseluruhan ponsel ini memiliki fitur dan spesifikasi terdepan sehingga bagi kamu yang memilikinya maka kamu sedang menggenggam sebuah ponsel pintar masa kini.

Lihat videonya:

5 Responses to Review Samsung Galaxy S II, Bodi Sangat Tipis, Layar Sangat Jelas, Processor Sangat Cepat

  1. edy nugroho says:

    harga promo berapa……
    n harga pas berapa….

  2. … Teknologi-gayahidup.master.web.id…

    […] Read More: teknologi-gayahidup.master.web.id/wordpress/?p=914 […]…

  3. Bobby says:

    harga resmi 5.4jt kalo gak salah, tapi ada yg jual juga di harga 4.9jt…. BNIB!

  4. Bobby says:

    kata temen gw, ini SGS2 fiturnya ok banget, cuma yang gak ok bobotnya enteng banget kayak bawa triplex 🙂

  5. viera says:

    berapaan harganya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *