10 Alasan Kenapa Tablet PC Semakin Diminati, Kian Kini Perkembangannya Sangat Fenomenal

Pertama kita definiskan dahulu arti dari Tablet PC (PC Tablet). Adalah komputer pribadi portabel yang dilengkapi dengan layar sentuh sebagai perangkat input utama dan dirancang untuk dioperasikan dan dimiliki oleh seorang individu. Istilah ini dibuat populer sebagai konsep yang disajikan oleh Microsoft pada tahun 2001, yang kini berkembang menjadi berbagai macam dan tipe Tablet PC dan berbagai macam sistem operasinya, tidak hanya saja Microsoft dengan Windowsnya, tapi ketenaran sistem operasi lainnya seperti iOS (Apple) dan Android (Google) kini telah mendominasi besar didunia tablet pc. Perangkat Tablet PC saat ini dapat menggunakan keyboard virtual dan handwriting recognition untuk input teks melalui layar sentuh. Dan tersedianya aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh.

Semua komputer pribadi tablet memiliki adaptor nirkabel untuk Internet dan koneksi jaringan lokal. Fungsi utama tablet pc adalah untuk termasuk mendukung pekerjaan kantor, web, email, internet, permainan dan berbagai dukungan aplikasi-aplikasi lainnya. Namun, karena komponen perangkat keras komputer portabel ini berspesifikasi rendah, maka mungkin tidak memberikan pengalaman yang maksimal untuk pengguna.

Sejak Apple mengeluarkan produk iPad, sejak itu dunia table pc menjadi sangat fenomenal, banyak vendor yang mengikutinya untuk menciptakan tablet-tablet pc, seperti kita lihat Samsung dengan Galaxy Tab nya, Motorolla dengan Xoom nya, bahkan sebentar lagi Blackberry pun telah menyiapkan tablet pc yang bernama Playbook, hingga kepada tablet-tablet pc buatan negara china yang harganya sangat miring alias murah.
Para peminat pun membelinya bahkan menanti-nanti kelanjutan tipe-tipe generasi berikutnya seperti iPad 2.

Kenapa perkembangan dunia tablet pc dapat begitu pesat? kenapa keberadaan tablet pc juga banyak diminati selain komputer desktop maupun notebook? mari kita cerna alasan-alasan kenapa tablet pc juga cukup andil didalam rancah dunia komputer:

  1. Ringan
    Bobot tablet pc jauh lebih ringan dibanding komputer desktop bahkan sekalipun dengan notebook/netbook. Tentu saja karena bobot ringan ini tablet pc sangat memungkinkan untuk dibawa (ditenteng). Maka tablet pc dapat menjadi salah satu peralatan yang dapat dibawa kemana-mana. Tablet PC dapat kamu masukkan kedalam tas, atau kamu jinjing. Praktis untuk dibawa.
  2. Cepat
    Untuk mengoperasikannya tablet pc jauh lebih cepat, dengan sistem operasi seperti iOS (Apple iPad) dan Android Base (Google) untuk melakukan waktu menyalakan (boot time) dapat dilakukan dibawah 20 detik, apabila sudah dalam kondisi standby maka untuk menyalakannya hanya butuh 1 detik saja. Bagaimana dengan komputer desktop/notebook/netbook? dalam kondisi standby (hibernate) saja sangat jauh dari waktu 1 detik. Apalagi ingin menyalakan dari kondisi benar-benar perangkat dari kondisi mati (off).
  3. Mudah
    Tingkat kesulitan didalam pengoperasian tablet pc sangat minim, khususnya dengan sistem operasi iOS (Apple) dan Android (Google), hanya dengan menggeser-geser, menekan dengan jari semua dapat dikendalikan dengan jari-jari kita. Bahkan anak berusia umur 2 tahun saja dapat menggunakan iPad untuk bermain game dengan mudah dan cepat untuk dimengerti.
  4. Praktis
    Bayangkan kamu dapat melakukan pekerjaan, bermain game atau menonton film di ruang keluarga, toilet, garasi, warung, mobil, lift, ruang tunggu, sembari bersantai di taman, sembari makan pagi, dsb. Cukup kamu tenteng tablet pc, nyalakan, mainkan, matikan, letakkan, dan kamu dapat juga melakukan aktivitas lainnya.
  5. Internet Lengkap
    Sudah pasti sebuah tablet pc dapat ber-Internet, browsing, email, chat dan jejaringan sosial. Keunggulan dengan tablet pc kamu dapat melakukan internet dengan mobilitas (dimana kamu suka), tanpa harus terpaku duduk didepan meja komputer. Walaupun dengan sebuah ponsel pintar juga dapat dilakukan namun layar dari tablet pc lebih membetahkan tangan dan mata untuk selalu mengoperasikannya.
  6. Hiburan
    Dengan tablet pc, kita tidak selalu mempergunakannya untuk berkerja saja (hal-hal yang serius), kita juga dapat memainkan permainan (games) yang begitu banyak disediakan, seperti kita ketahui Apple App Store dan Market-nya Android menyediakan ribuan game yang dapat kita unduh lalu dimainkan. Belum lagi kemampuan multimedianya, mendengarkan musik, melihat film-film, kamera serta melihat galeri foto membuat sesorang betah untuk berlama-lama memegang tablet pc.
  7. Baterai
    Ketahanan baterai tablet pc lebih tahan lama. Untuk melakukan pengisian baterai cukup mudah, selain menggunakan colokan listrik biasa, juga dapat mudah dengan melakukan pengisian di kendaraan mobil atau dicolok ke usb komputer/notebook.
  8. Tidak Bosan
    Bagaimana dapat bosan? Apple App Store dan Marketnya Android menyediakan aplikasi dan game sebanyak ratusan ribu pilihan, kamu dapat mengunduhnya, menginstall, memainkannya dan menghapusnya kembali. Satu per satu aplikasi dan game dapat kamu cobai setiap harinya. Dan setiap waktu aplikasi-aplikasi/game-game itu selalu ada yang baru terus.
  9. Dapat Juga Ber-Telekonferensi Tatap Wajah
    Dengan mengacu keberadaan dual camera, kamu dapat menghubungi temanmu langsung melihat wajah dan berbicara langsung, bukan lagi dengan tulisan ketikan. Hal ini benar-benar akan menjadi trend kedepannya. Dan ini bisa kamu lakukan di cafe, mal, rumah, sekolah, kampus dan dimana saja.
  10. Gengsi
    Dengan menenteng tablet pc, lalu menggunakannya di tempat umum, sudah pasti dapat menaikan gengsi kamu (walau hal ini tidak mutlak) tapi setidaknya kamu bisa menjadi sorotan dan bahan perhatian disekitar. Lalu bagi pebisnis pun melakukan presentasi juga dapat menggunakan tablet pc, sebuah iPad dapat dikoneksikan ke projektor, dan tentunya hal ini dapat membuat kamu menjadi terlihat prestige, sangat menunjang karir dan personaliti :)

Dengan demikian, bisa kita asumsikan poin-poin diatas merupakan penyebab Tablet PC menjadi banyak diminati dan merebak sedemikian pesatnya. Nampaknya kepraktisan dan memanjakan pengguna menjadi fungsi utama yang digemari dari sebuah Tablet PC. Kamu ingin dimanja bukan(?) :)

21 Responses to 10 Alasan Kenapa Tablet PC Semakin Diminati, Kian Kini Perkembangannya Sangat Fenomenal

  1. Toko bunga says:

    memang lebih banyak diminati, termasuk saya :D

  2. viqy says:

    apakah sudah tersedia microsoft office word di perangkat tablet Pc itu sendiri?

    • admin says:

      banyak! tapi namanya bukan microsoft word, berbagai macam nama software untuk office, seperti word, excel, powerpoint, ada disana..

  3. Hanjar says:

    buat koneksi tablet axioo picopad 7HD 3G ke proyektor/infokus gimana ya?? soalnya adanya HDMI mini di tabletnya

  4. Unnie says:

    apa semua tablet bisa dipakaikan keyboard? biar fungsinya sama kayak netbook gitu….

  5. mamat says:

    Tablet pc bisa di buat main game online gak?

  6. chacha says:

    emang harganya berapa sii..?
    aq blum tau jelaz nih…

  7. citra says:

    aku sebener nya mw beli .
    tpi ada ga harga tablet pc yg ga sampai 2jt ???

  8. adi yang lagi bingung says:

    tapi samsung galaxsy pakay wifi

  9. admin says:

    @ adi: kamu cukup beli kartu gsm (boleh operator apa saja, yang penting ada fitur koneksi GPRS nya), kamu aktifkan fitur internet di kartu tersebut, ada paket harian, mingguan dan bulanan. Setelah mendapat sms menyatakan kartu tersebut sudah aktif maka kartu tersebut bisa digunakan di samsung galaxy tab kamu.

    jadi kamu gak perlu repot dateng ke kantor operator untuk pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>