Memilih Ponsel Blackberry Terbaru (Torch VS Onyx 2)

Bagi kamu yang belum pernah menyentuh dan belum memiliki ponsel Blackberry dan ingin membelinya lalu bingung pilih tipe yang mana, yang sesuai dengan kebutuhan kamu, bisa simak artikel ini. Sebelumnya bila kamu ingin mencari tipe Blackberry yang harga terjangkau alias murah, kami bisa juga menyimak BACA DISINI (artikel mengenai pilihan Gemini dan Onyx). Sedangkan bila kamu ingin mencari tipe Blackberry papan atas yang saat ini beredar di Indonesia adalah Blackberry 9800 Torch dan 9780 Onyx 2. Pertimbangan apa yang perlu kamu cermati untuk memilih kedua tipe Blackberry tersebut (Torch VS Onyx 2). Soal harga kedua tipe tersebut tidak terpaut jauh, hanya berbeda beberapa ratus ribu saja. Tentunya akhir dari semua adalah jangan sampai kamu kecewa setelah membeli.

Kita awali dengan pengetahuan sistem operasi, di Blackberry saat ini OS (Operating System) yang terkini adalah versi 6.0, kedua ponsel tersebut antara Torch dan Onyx 2 telah sama-sama telah memiliki OS 6.0, dan juga menggunakan processor 624 MHz, jadi dalam hal ini adalah imbang. Lalu kita bicara soal camera, ponsel-ponsel pintar popular saat ini banyak mengusung camera 5 MP (Megapixel). Di Torch dan Onyx 2 pun telah memiliki camera 5 MP, disertai pula dengan Autofocus dan LED Flash (lampu blits), keduanya imbang.

Dalam hal komunikasi data, Torch dan Onyx 2 sama-sama memiliki fitur GPRS, EDGE, 3G HSDPA, WiFi dan Bluetooth. Jadi keduanya tidak ada celah kekurangan dalam hal fitur-fitur komunikasi data. Aplikasi Blackberry Maps juga tersedia dikeduanya. Kemudian kehadalan multimedia, memainkan file audio, file video, voice memo, sama-sama imbang keduanya. Dalam hal mengetik pun sama-sama imbang, keduanya memberikan QWERTY keyboard.

Lalu kalau semua imbang, lantas apa bahan pertimbangannya untuk memilih antara Blackberry Torch dan Onyx 2? berikut ini adalah poin unggulan dan kekurangan dari kedua ponsel tersebut.

Blackberry Torch (keunggulan yang tidak ada di Onyx 2):

  • Layar lebih besar yaitu 3.2 inches, sedangkan Onyx 2 hanya 2.44 inches
  • Layar Touchscreen, artinya kamu dapat mengoperasikan dengan menekan/menggeser dari layar langsung, begitu juga bila ingin mengetik dapat dilakukan di layar langsung atau juga dengan QWERTY keyboard sliding.

Blackberry Onyx 2 (keunggulan yang tidak ada di Torch):

  • Terasa lebih cepat dan ringan dalam pengoperasiannya, karena dengan menggunakan processor yang sama di Onyx 2 tidak ada fitur Touchscreen.
  • Bobot lebih ringan, di Torch karena mengusung layar touchscreen dan juga keyboard sliding, membuat Torch menjadi lebih tebal dan lebih berat.
  • Baterai lebih awet, di Torch layar yang lebih lebar dan touchscreen-nya dapat menguras baterai lebih cepat.

Jadi bisa disimpulkan secara objektif, bahwa bila kamu suka dengan hal yang praktis maka pilihannya adalah Blackberry Onyx 2. Bila kamu ingin memiliki ponsel QWERTY keyboard dan juga ada fitur Layar Sentuh (touchscreen) tanpa memikirkan bobot berat dan keawetan baterai maka pilihannya adalah Blackberry Torch.

Selamat memilih!

114 Responses to Memilih Ponsel Blackberry Terbaru (Torch VS Onyx 2)

  1. dila says:

    onyx2 masih jauh lebih bagus,batereinya awet,:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>