Review: Samsung Galaxy S6 Edge, Kekuatan Dalam Desain Baru

Sebelumnya desain ponsel pintar Samsung khususnya seri Galaxy dari segi hal desain bisa saja dikatakan tidak ada hal mencolok, ponsel yang di balut dengan material plastik dan selalu mengedepankan spesifikasi hardware seperti resolusi layar yang tajam dan kecepatan processor yang begitu cepat. Dalam seri Samsung Galaxy S6 ini bisa dikatakan Samsung sangat berkerja keras dalam mewujudkan desain ponsel pintar yang begitu terasa terobosan-nya. Seri Galaxy S6 memiliki 2 varian yaitu S6 dan S6 Edge. Dalam kesempatan ini penulis mencoba mengulas Samsung Galaxy S6 Edge yang menurut penulis memiliki desain yang begitu menarik karena memiliki layar lengkung di kedua sisinya.

s61

s62

Samsung Galaxy S6 Edge memiliki pilihan warna Hitam, Putih, Emas dan Biru. Karena warna Emas yang dirasa cukup menarik perhatian maka penulis menjajalnya. Beda dengan warna Hitam atau Putih yang tidak memiliki kilauan seperti kaca pada balutan bodi desain Samsung Galaxy S6 Edge.

Spesifikasi:

  • Jaringan 2G, 3G, 4G
  • Nano-SIM
  • CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57
  • Chipset Exynos 7420
  • Dimensi 142.1 x 70.1 x 7 mm
  • Berat 132 g
  • Layar 1440 x 2560 pixels, 5.1 inches
  • Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Kamera belakang 16 MP, 2988 x 5312 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash
  • Kamera fitur: Geo-tagging, touch focus, face detection, Auto HDR, panorama
  • Kamera depan 5 MP, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • Memori 32/64/128 GB, 3 GB RAM
  • Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Infrared, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.1, USB 2.0, NFC (Apple Pay Only)
  • Non-removable Li-Ion 2600 mAh battery
  • GPS
  • Android OS, v5.0.2 (Lollipop)
  • Tersedia warna Hitam, Putih, Emas dan Biru

Kelengkapan:

  • Kepala charger dan kabel data
  • Earphone
  • Jarum nano simcard

s63

 

Rancangan Desain

Nah poin inilah yang menurut penulis merupakan nilai paling tinggi, pertama kita lihat balutan sudah tidak menggunakan bahan plastik lagi, tapi sudah bermaterialkan solid metal dan chrome hingga kaca. Tampilan sisi depan kita melihat dengan jelas bahwa ponsel ini memiliki dua sisi layar yang melengkung. Dengan sebuah tombol dibawah, tombol power disisi kanan, tombol pengeras suara di sisi kiri, baru kali ini penulis merasa senang karena posisi tombol power dan pengeras suara tidak sama persis berseberangan letaknya, sehingga dapat nyaman tidak tertukar.

s64

s65

Pada sisi atas terdapat slot nano-simcard, sensor infrared. Dibagian bawah terdapat loudspeaker, lubang USB dan lubang untuk Earphone. Pada bagian sisi pinggiran ponsel ini terlihat berpenampilan dof metal membuat ponsel ini selain telihat elegan kuat juga terlihat garis lekukang desain yang tajam detil. Pada sisi belakang desain menjadi semakin menarik, terlihat seperti chrome yang dilapisi kaca, pada sisi ini terdapat kamera belakang dan lampu flash led. Pada bagian belakang ini tidak dapat yang bisa dibuka seperti halnya ponsel Samsung versi sebelumnya yang dapat dibuka untuk memasukkan atau melepaskan baterai juga kartu selular maupun kartu external memori.

s66

s67

Desain Samsung Galaxy S6 Edge sejujurnya membuat penulis terpana melihatnya, bisa dikatakan saat ini ponsel S6 Edge lah yang paling terdepan dalam hal desain penampilan sebuah ponsel. Ketajaman garis desain yang memikat, warna chrom dan kilauan yang mengkilat begitu menggoda, dan balutan solid metal yang membuat nyaman di genggaman dan indah dilihat.

 

Layar dan Tampilan Muka

Soal layar juga ini merupakan hal yang baru didunia perponselan era saat ini. Samsung Galaxy S6 Edge memiliki layar yang kedua sisinya melengkung. Hingga kepada tampilan sistem operasi maupun pengoperasiannya juga mengikut arus lengkukan layar tersebut, sangat memukau.

s68

Dengan layar ukuran 5.1 inch yang masih sama dengan ukuran layar Samsung Galaxy S5, namun resolusinya lebih besar yaitu 1440 x 2560 pixels sehingga membuat layar Samsung Galaxy S5 semakin tajam, detil dan warnanya yang cerah dibanding ponsel generasi sebelumnya. Layar jenis seperti ini adalah jenis layar yang sangat terdepan dijajaran ponsel-ponsel unggulan dari berbagai jenis merek.

s69

Layang yang melengkung pada sisi pinggirnya tidak hanya sebagai hiasan, tapi Samsung memanfaatkan untuk dijadikan sebuah notifikasi yang sangat menyenangkan, yaitu diantarnya adalah bila ponsel dalam keadaan tengkurap bila ada panggilan masuk maka cahaya yang menyinari sisi pinggi layar akan terlihat, atau juga layar lengkung ini dijadikan sebagai tampilan jam, atau bisa juga menampilan semacam widget ramalan cuaca, bursa efek dan sebagainya kamu dapat mengaturnya melalui menu Setting – Device – Edge Screen.

s610

s611

Daftar kontak telpon favorit sebanyak lima juga dapat diletakan di pinggir layar melengkung, tampilan daftar kontak telpon pilihan dapat terlihat sembunyi, bila kita usap layar lengkungnya maka daftar kontak telpon pilihan akan muncul terlihat. Yang lebih kerennya, bila dari 5 kontak pilihan ini melakukan panggilan telpon lalu tidak terjawab maka kita dapat melihat notifikasi “miss-call” nya dari layar lengkung ini, kita usap kesamping maka ada semacam muncul grafik yang melar memanjang, ini sungguh cantik sekali menurut penulis.

s612

 

Fitur baru:

  • Tekan tombol Home sebanyak dua kali akan mengaktifkan kamera
  • Tekan yang lama tombol Recent (samping kiri tombol Home) akan dapat membuka aplikasi lebih dari satu (multitasking)
  • Tekan sekali tombol Recent (samping kiri tombol Home) lalu pilih aplikasi mana yang ingin kita buka sebagai Pop-up Aplikasi, dengan cara tekan
    dan tahan beberapa saat hingga aplikasi tersebut dapat lepas dari posisinya.
  • Tekan tombol home + tombol power untuk melakukan Screen-Capture (selain dengan cara mengusap layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya)
  • Tekan tombol power sebanyak 3 kali bila kita sedang dalam bahaya, maka secara automatis akan mengirim pesan ke seseorang yang kita sudah lebih dulu set, ponsel akan mengirim pesan text, foto depan belakang dan juga rekam suara. Aktifkan terlebih dahulu fitur ini melalui menu Setting – Privacy and safety – Send SOS Message -> ON
  • Ringtone setiap kontak dapat berbeda, buka kontak lalu tekan Edit, dibagian bawah terdapat pilih ringtone.
  • Pilih kontak yang ingin ditelpon, lalu dekatkan ponsel dengan telinga kamu, maka ponsel akan automatis melakukan pangglan telpon tanpa kita harus menekan tombol telpon yang warna hijau.
  • Untuk memperbesar font pada tampilan SMS, bisa dengan cara menekan tombol pengeras suara pada sisi samping dari ponsel.
  • Dengan Sound Quality and Effets pada menu setting, dapat menghasilkan suara yang lebih keras dan nyaman, karena kualitas suara yang kita dengarkan sebelumnya kita bisa meng-kalibrasi dengan menyesuaikan kondisi kepekaan pendengaran kita.
  • Tracking AF pada kamera, titik fokus dapat mengikuti objek kemana bergerak.
  • Kamera depan untuk foto selfie dapat menghasilkan foto dengan efek yang membuat wajah kita menjadi bersih, nampaknya Samsung ingin membuat pengguna ponsel generasi S6 ini terlihat cantik dan tampan disetiap foto selfie.

s613

s614

 

Kesimpulan

Samsung Galaxy S6 Edge benar-benar membawa penyegaran yang menarik perhatian para penggemar gadget, keindahan rancangan disainnya seperti menyita hati orang untuk melihat lebih dalam. Dari segi membawa inovasi baru yang cukup berarti menurut penulis menilai bahwa Samsung sudah berhasil dalam menciptakan ponsel seri Galaxy khususnya penyegaran S6 Edge ini, langkah selanjutnya adalah bagaimana Samsung dapat mempromosikannya hingga penjualannya dapat laris manis.

s615

s616

 

Kelebihan:
+ Desain yang sangat keren, khususnya warna Gold
+ Layar lengkung dua sisi
+ Kamera resolusi tinggi

Kekurangan:
– Layar lengkung suka tersentuh tanpa sadar disaat genggaman
– Bodi dapat lekas panas

 

Galeri Foto:

.

12 Responses to Review: Samsung Galaxy S6 Edge, Kekuatan Dalam Desain Baru

  1. bagus bagtt hp samsungnya gan,,

  2. Yoki says:

    bagian bawahnya mirip banget iphone ya tapi lebih tebal. btw kalo bodinya dari kaca gitu, gampang retak gak? nanti taunya kayak xperia seri Z lagi yang gampang retak kacanya

  3. vivo says:

    Bagi aku, kecanggihan layar yang bisa menekuk2 di S6 udah keren banget sih. Kemungkinan gadget yang bisa dicapai dengan teknologi ini bakalan banyak banget!

  4. Arul says:

    Salam kenal 🙂
    Kunjungan dari arul.my.id

  5. mebel jepara says:

    mantab hp nya…kisaran harga brpgan????

  6. mebel jepara says:

    mantab hp samsungnya….

  7. surya says:

    HAHAHAHA…..

    ini adalah smartphone juga sekaligus obat kece buat yg bawa 😀

  8. SIng Lee says:

    dah masuk indo? cari ah

  9. Wiwince says:

    bagusan gold apa blue ya

  10. krisna says:

    keren tapi mahal… gak sanggup deh…..
    mbok ya harganya kisaran 6-7jt an dong
    kalo dah diatas 10 jeti mendingan beli laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *