Review Apple iPhone 6, Menghadirkan Layar Besar dan Bodi Tipis

Bukan Apple namanya kalau setiap peluncuran produk iPhonenya selalu banyak dinanti jutaan orang seluruh dunia, hingga tak heran antrian pembelian sudah dilakukan beberapa hari sebelum toko memulai penjualan. Dalam kali ini penulis berkesempatan untuk me-review iPhone 6 yang bisa dikatakan total perubahan desain bentuk yang sebelumnya iPhone 4, 4S, 5 dan 5S masih memiliki garis desain yang senada. iPhone 6 memberikan 2 pilihan yaitu dengan layar 4.7″ atau layar 5.5″ yang disebut sebagai iPhone 6 Plus. Soal warna masih seperti dahulu menyediakan hanya 3 varian warna, hitam, putih dan emas (gold).

iphone6_1

iphone6_2

Spesifikasi:

  • Jaringan 2G, 3G, 4G
  • Nano-SIM
  • CPU Dual-core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based)
  • Chipset Apple A8
  • Dimensi 138.1 x 67 x 6.9 mm
  • Berat 129 g
  • Layar 750 x 1334 pixels, 4.7 inches
  • LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
  • Kamera belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
  • Kamera depan 1.2 MP, 720p@30fps, face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
  • Memori 16/64/128 GB, 1 GB RAM
  • Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0, USB 2.0, NFC (Apple Pay Only)
  • Batere Li-Po 1810 mAh battery (6.9 Wh)
  • GPS
  • iOS8
  • Tersedia warna Hitam, Putih dan Emas

Kelengkapan:

  • iPhone
  • Kepala charger dan kabel data
  • Earphone
  • Jarum nano simcard

Rancangan Desain

Hal ini merupakan sesuatu yang benar-benar pembaharuan total. Kalau kita sudah melekat desain garis tegas pada pinggir bentuk siku iPhone 4, 4S, 5 dan 5S, maka di iPhone 6 bentuk tersebut sudah tidak ada, alias desainnya menjadi halus dan lembut, tidak ada ditemukan bentuk siku lagi, semuanya melengkung termasuk sisi pinggir pada layar dibuat bentuk layar kacanya melengkung pada sisi-sisi pinggirnya. Terlebih-lebih iPhone 6 ini memiliki ketipisan 6.9mm, membuat iPhone 6 benar-benar ramping. Tidak mudah untuk selalu mempertahankan desain bodi tipis seperti yang dilakukan iPhone setiap generasinya.

iphone6_3

Tombol power yang sudah lama berada diatas, sekarang pindah menjadi disebelah sisi kanan. Bahan material yang digunakan iPhone 6 ini adalah solid metal hingga ke tombol-tombolnya (terkecuali sisi atas layar). Warna balutan motif doff pada sisi belakang begitu  elegan, dengan logo Apple yang terlihat mengkilat.

iphone6_4

Layar dan Tampilan Muka

Walau iPhone 6 menggunakan jenis layar yang sama dengan iPhone 5/5S yaitu LED-backlit IPS LCD, namun penulis merasakan kualitas warna iPhone 6 sedikit lebih tajam, saat terasa bila backgroun berwarna hitam dengan tulisan kecil berwana putih. Apakah karena faktor besar layar yang lebih besar sehingga iPhone 6 terlihat lebih tajam warnanya, yang jelas penulis merasakannya seperti itu.

iphone6_5

Bila berbicara tampilan sistem operasinya maka akan lebih banyak berbicara mengenai iOS8 yang juga dapat digunakan oleh generai iPhone terdahulu. iOS8 memiliki penyegaran yang cukup berarti dari versi sebelumnya, permainan warnanya membuat cerah dimata, efek blur dan paduan waran yang redup dan kontras begitu indah dan nyaman dilihat. Untuk susunan icon-iconnya di iPhone 6 menjadi lebih banyak karena nambah 1 baris deretan icon-icon, yang sebelumnya hanya total 6 baris icon setiap layar, maka di iPhone 6 menjadi total 7 baris icon.

iphone6_6

Sensor Penanda Sidik Jari

Fitur ini sudah ada mulai iPhone 5S, fitur ini masih terus diterapkan di iPhone 6. Cara penggunaannya juga sama yaitu masuk ke menu Setting, General lalu pilih Passcode & Fingerprint. Kemudian iPhone 5S akan membaca jari yang di tempelkan di lingkaran tombol ‘Home’. Untuk dapat mengenal sidik jari kita, iPhone 5S akan melakukan beberapa kali pendeteksian hingga benar-benar terekam dengan sempurna. Pendeteksian sidik jari bisa dilakukan untuk lebih dari satu jari. Setelah terekam nanti pada saat screenlock kita cukup menempelkan jari kita ke tombol bulat ‘Home’ maka screenlock akan terbuka.

iphone6_7

Kamera

Mungkin dalam hal sensor masih sama dengan iPhone 5S, masih menggunakan sensor kamera 8MP dan 1.2MP kamera depan. Tapi yang tak kalah sangat berarti adalah fitur fotonya semakin lengkap. Hal ini terpaut juga dengan sistem operasi yang barunya yaitu iOS8. Diantaranya adalah terdapatnya fitur Exposure yang dapat memberi penerangan atau pengurangan cahaya sebelum melakukan jepretan foto. lalu ada fitur Time-Lapse yang dapat memberi efek rekaman video menjadi bergerak cepat (kebalikan dari mode Slo-Mo yang dapat menghasilkan rekaman video dengan gerakan diperlambat. Untuk melihat fitur-fitur yang berhubungan dengan foto lainnya, bisa simak tulisan selanjutnya dibawah yang berhubungan dengan fitur-fitur baru di iOS8.

iphone6_8

iphone6_9

Contoh hasil jepretan:

Widget

Hal ini termasuk hal baru bagi iPhone, dan yang namanya widget sudah mulai diterapkan di iPhone 6 yang diletakan pada slide bar atas, untuk aplikasi-aplikasi widget bisa kamu cari di App Store (walaupun baru sedikit aplikasi yang tersedia), penulis mencoba download salah satu aplikasi widget yaitu Yahoo Weather, setelah kita install maka Yahoo Weather akan masuk kedalam menu edit slide bar atas (notifikasi).

iphone6_10

Hal-hal yang baru di iOS8

Sistem operasi iOS8 adalah sistem operasi yang terbaru, yang memiliki banyak fitur-fitur baru didalamnya, berikut ini fitur-fitur barunya sebagai berikut:

  • Dapat install aplikasi keyboard pihak ketiga dari App Store
  • Indikator penggunaan batere yang lebih detik, bahkan bisa dilihat pemakaian sejak dicharge penuh terakhir kali, dan penggunaan per aplikasi-aplikasinya
  • Merekam video ala percepat, yang sebelumnya kita ketahui sudah ada merekam video ala perlambat (slow-motion)
  • Memberikan pesan lokasi terakhir sebelum kehabisan batere, bila diaktifkan melalui Find My iPhone
  • Dapat memberikan pesan suara melalui iMessages
  • Lebih dipermudah untuk menata email yang belum dibaca, telah dibaca atau akan dihapus
  • Melalui iCoud dapat berbagi aplikasi, musik, film dan photo dengan keluarga pilihan, Set Up Family Sharing.
  • Tampilan muka (interface) dapat diset menjadi warna abu-abu, guna pengiritan batere.
  • Melalui broswer Safari, untuk pencarian konten kita dapat men-set defaul-nya menggunakan Google, Yahoo, Bing atau DuckDuckGo.
  • Menyimak pembakaran kalori melalui aplikasi HealthKit
  • Untuk menjepret foto dapat diset waktu (timer) mau 3 detik atau 10 detik, cocok bagi yang menggunakan tongsis
  • Kita dapat melihat beberapa panggilan terakhir melalui tampilan multi-tasking, pada bagian atas.
  • Untuk membalas pesan yang masuk dapat dilakukan pada notifikasi yang masuk, tidak perlu membuka melalui icon Messages
  • Setelah menjepret foto, tersedia menu edit foto yang lebih detil, penambahan edit untuk Light, Color dan B&W
  • Sekarang kamu dapat memasukan gambar/foto kedalam Notes kamu.
  • Untuk melihat jam/waktu per SMS cukup geser layar kearah kiri, maka jam/waktu akan muncul dari sebelah kanan
  • Delete foto, masuk ke folder “Recently Deleted” sehingga bisa diambil kembali atau bila benar-benar akan dihapus “Delete All” pada folder ini.

Kesimpulan

Hadirnya duet iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menghadirkan ponsel iPhone berlayar besar, sudah lama sebenarnya banyak penggemar yang menantikan iPhone dengan layar besar, namu baru terealisasi pada pertengahan tahun 2014 ini. Hadir dengan layar besar dan bodi yang semakin tipis, menjadikan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sebuah ponsel yang memiliki daya tarik yang tinggi. iPhone 6 memiliki lebar layar 4.7 inchi sedangkan iPhone 6 Plus memiliki bentang layar 5.5 inchi. Apple telah memberikan jawaban kepada kita semua akan hadirnya iPhone berlayar besar yang selama ini selalu menjadi suatu yang dianggap keterbelakangan.

iphone6_11

Menurut penulis, iPhone 6 memiliki kualitas layar yang sengat jernih dan tajam warnanya, terutama bila menampilkan background warna hitam dan tulisan warna putih, benar-benar serasa tidak berada diatas layar LCD. Lalu desainnya yang serba melengkung hingga ke lampisan layar kacanya, membuat jemari merasakan halus disaat mengusap. Setelah beberapa hari memegang iPhone 6 yang sangat tipis, bila memegang ponsel lain rasanya begitu tebal dan enggan berlama-lama, lebih betah menggenggam iPhone 6 selain bodi sangat tipis juga sangat indah desainnya. Bermain game semakin nyaman dengan bentang layar yang lebih luas.

iphone6_12

Satu hal yang selalu bahan olokan bagi Android adalah iPhone dirasa tidak memiliki jeroan hardware yang tinggi, contoh saja sensor kamera, atau processor yang masih dual-core, tapi hal itu bukan suatu yang mutlak, terbukti iPhone 6 yang bisa dikatakan tidak mengusung jeroan hardware yang tinggi, tapi soal kecepatan dan pengoperasiannya sangat cepat, lincah dan halus. Jauh dari lag (sendat-sendat).

iphone6_13

Hal lain yang penulis rasakan adalah, sebelumnya penulis salalu membawa dua ponsel, yang satu adalah iPhone dan satunya lagi adalah ponsel Android, dengan hadirnya iPhone 6 ini serasa tidak butuh lagi ponsel Android yang memiliki layar lebih besar, butuh ponsel Android karena butuh layar besarnya tapi sekarang sudah merasa tidak perlu lagi, karena sudah tersedia di iPhone 6. Hal ini bukan mengada-ada, bukan kegilaan dengan iPhone atau fanatik dengan iPhone, tapi hal ini benar-benar dirasakan dengan setelah memegang iPhone 6. Ini adalah opini penulis, jadikanlah tulisan ini menjadi wawasan acuanmu tapi keputusan terbaik untuk membeli sebuah ponsel adalah tetap kamu yang putuskan sesuai selera dan kebutuhan.

Kelebihan:
+ Layar besar, jernih dan tajam warnanya
+ Bodi yang tipis dengan desain yang serba melengkung
+ Sangat responsif, cepat dan lincah

Kekurangan:
– Harga relatif mahal

Galeri Foto:

15 Responses to Review Apple iPhone 6, Menghadirkan Layar Besar dan Bodi Tipis

  1. elgoza Store says:

    Keren reviewnya gan.
    Hasil jepretan kamera iPhone emg gak ada yang ngalahin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *