Review: Samsung Galaxy NX300, Kamera Mirrorless Yang Smart

Kamera mirrorless belakang ini menjadi hangat, salah satu produsen elektronik terbesar mulai memainkan peranannya didalam memadati pasar kamera, khususnya dalam hal ini adalah kamera jenis mirrorless. Ya Samsung selain debut ponsel pintarnya  terdepan, untuk kamera juga diramaikannya. Kamera mirrorless Samsung yang cukup handal bisa kamu lihat pada produk ini, yaitu Samsung Galaxy NX300. Bentuknya klasik, fitur moderen, lensa dapat di lepas/ganti.

nx300_1

nx300_2

Spesifikasi:

  • Material Bodi: Rangefinder-style mirrorless
  • Dimensi: 122 x 64 x 41 mm
  • Berat: 331 g
  • Resolusi: 20 megapixels
  • Sensor: CMOS, APS-C
  • Processor: DRIMe IV
  • Kecepatan rana: 9 fps
  • Viewfinder: –
  • ISO: Auto, 100 – 25600
  • AF: 247 titik seleksi
  • LCD monitor: 3.3″ Tilting
  • Koneksi: USB 2.0, HDMI, Wireless, Remote Control (via smartphone)
  • Ukuran gambar: max. 5472 x 3648
  • Format file: JPG, RAW, MPEG-4
  • Slot memori: SD
  • Mode penembakan: Smart Auto, Program, Aperture priority, Shutter priority, Manual, Lens priority, Smart mode, Wi-Fi
  • White balance: 7
  • Lensa: Samsung NX Mount
  • Pilihan warna: hitam, coklat, putih

Kelengkapan:

  • kamera mirrorless
  • lensa kit 18-55 OIS
  • hood
  • flash external
  • baterai
  • tali kamera

nx300_3

Samsung Galaxy NX300 menggunakan desain gaya klasik kamera tempoe doeloe dengan melihat dari paduan balutan chrome dan motif kulit. Untuk membidik target langsung melihat dari layar LCD, tidak ada view-finder (bidikan mata). Lensa dapat dapat di lepas, dapat digonta-ganti dengan tipe lensa yang berbeda (lensa tipe NX Mount), kita dapat menggunakan lensa yang berbeda disetiap kebutuhan.

nx300_4

nx300_5

Baterai dan kartu memori dimasukkan dibagian bawah bodi kameran, diletakan dalam satu lobang yang sama. Flash eksternal dapat dipasang bila diperlukan. Untuk menyalakan kamera ini, kita tinggal menarik tuai tombol yang berada di atas kanan kamera. Untuk mengantur mode penembakan dapat men-setting melalui tombol yang berbentuk bulat melingkar dibagian kanan kameran, kita men-set sesuai kebutuhan diantaranya Smart Auto, Program, Aperture priority, Shutter priority, Manual, Lens priority, Smart mode, Wi-Fi.

nx300_6

nx300_7

Fitur kepintaran dari Smartphone turut disematkan juga kedalam kamera NX300 ini, pada mode Smart mode kita disediakan settingan khusus untuk keperluan tertentu misalnya ingin moto dengan wajah yang terbaik, pemandangan, macro, action freeze, dsb. Sehingga pemilik kamera ini tidak perlu pusing untuk melakukan pengambilan gambar sesuai kebutuhan yang telah disematkan tersebut. Tidak banyak kamera yang memiliki fitur settingan pintar seperti ini.

nx300_8

nx300_9

Dalam hal kecepatan fps (frames per second), kamera NX300 ini tergolong memiliki kecepatan fps yang mumpuni. Dengan kemampuan 9 fps merupakan kamera mirrorless yang memiliki kecepatan yang cepat didalam mengambil gambar per detiknya. NX300 dapat mengambil gambar 9 foto per detiknya, namun penulis mencoba bahwa kecepatan mengambil gambar ini akan menurun setelah beberapa kali putaran, misal diatas 5 detik maka gambar yang diserap mulai melambat.

nx300_10

Kamera jaman sekarang kalau tidak dilengkapi fitur Wi-Fi rasanya kamera menjadi terasa jadul, tapi tidak demikian dengan Samsung GalaxyNX300. Koleksi foto yang telah kita jepret dapat kita transfer dari kamera ke ponsel kita dengan cara memutar mode ke settingan Wi-Fi. Jadi bisa dengan cepat hasil foto kamu bisa kamu sebarkan ke teman-temanmu melalui media sosial BBM, Whatsapp, Path dan sebagainya. Temanmu akan terkagum-kagum, bagaimana mungkin kamu mengirim gambar selalu dengan kualitas gambar yang tajam dan detil, tidak seperti hasil jepretan dari kamera ponsel.

nx300_11

LCD yang berukuran 3,3 inchi ini dapat ditekuk-tekuk, sehingga dapat membantu terhadap sudut pengambilan gambar, posisi dari atas maupun bawah, tinggal kamu tarik LCD nya lalu kamu tekuk sesuai dengan kemiringan yang dibutuhkan, kamu dapat mengambil gambar dengan leluasa dan nyaman. Mengambil gambar sambil tengkurap, jongkok, jinjit semua tidak masalah.

nx300_12

nx300_13

Untuk pengambilan video, penulis mencobanya dan cukup terpana melihat hasil videonya karena minim akan noise. Begitu bersih, mulus dan tajam. Malahan dengan menggunakan kamera DLSR saja untuk tipe tertentu kita masih saja menghasilkan video yang dipenuhi dengan noise. Samsung Galaxy NX300 selain mumpuni soal jepret foto, juga mumpuni soal pengambilan video.

nx300_14

Satu hal lagi yang perlu diketahui fitur yang menurut penulis merupakan fitur yang sangat membuat menambah kenyamanan dalam menggunakan kamera ini. Bila kita sedang membidik targer objek untuk di foto, maka terkadang kita masih perlu merubah settingan ISO, Diafragma, Speed atau settingan lainnya dengan menekan tombol Fn di bodi kamera, nah di NX300 ini tombol tersebut ada dua, yang satu ada di bodi kamera dan yang satu lagi ada di bodi lensa, sehingga jari kita tidak terpaku pada tangan kanan saja, tapi juga bisa menggunakan tangan satunya sembari melakukan zoom-in/out di lensa. Benar-benar sesuatu yang cukup menarik buat penulis.

nx300_15

nx300_16

 

Kesimpulan:

Mencari dan membeli kamera jaman sekarang, tidak hanya saja harus menghasilkan gambar yang indah, tapi harus didukung juga dengan fitur-fitur menarik agar kita dapat mengambil gambar dengan menyenangkan dan dimudahkan. Yang lebih terkadang menjengkelkan adalah kita sudah menyukai dengan kamera tertentu tapi selalu saja ada kekurangannya, misal tidak adanya lampu flash atau belum dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi, atau fitur kamera udah ok tapi penampilannya kurang ok. Nah Samsung Galaxy NX300 ini semua fitur moderen ada di dalam kamera ini, jadi jangan kawatir kalau membeli kamera ini dibilang kuno 🙂 mau flash external ada! mau Wi-Fi ada! LCD bisa melekuk-lekuk ada! lensa gonta-ganti bisa! penampilannya aduhai lagi! ayo! 🙂

Lihat hasil jepretan:

Kelebihan:
+ Fitur moderen lengkap
+ Penampilan ok banget

Kekurangan:

– Kondisi low-light masih cukup kewalahan

Galeri Foto:

Lihat video:

7 Responses to Review: Samsung Galaxy NX300, Kamera Mirrorless Yang Smart

  1. Mas..beda dslr dengan mirrorless apa yah? Saya mau beli buat photo produk gamis kira2 cocoknya kamera jenis apa yah supaya hasilnya bagus…

    • admin says:

      dlsr masih pake pantulan mirror, sedankan mirrorless si pantulan mirrornya di elektronikan, makanya yg mirrorless viewfindernya elektronik.

  2. rudy says:

    Kalo beli lensa kamera samsung NX300 dimna ya ?
    Mohon info dong

  3. rudi says:

    Saya udah beli kamera ini, harga nya 7 jutaan, kekurangannya tidak ada Operating System nya, seperti di tipe kamera samsung yang lain sehingga ketika akan instal aplikasi tambahan seperti dropbox tidak bisa. Hanya disediakan cloud storage punya Microsoft skydrive dengan kapasitas gratis 15 Gb, ada juga Facebook, Picasa dan YouTube. Jadi bagi yang mau upload video langsung dari kamera nx 300 sepertinya jalan satu-satu nya via YouTube, sayang sekali ketika dicoba, susah login nya. Sedangkan skydrive tidak bisa/tidak support upload video langsung dari kamera, hanya support foto dan itupun maksimal 9 foto per upload. Kekurangan yang lain kamera kadang-kadang suka restart sendiri, solusinya harus upgrade firmware dari yang semula versi 1.40 menjadi versi 1.43

  4. hayadi says:

    keren! tp lensa samsung bagus ndak sih?

  5. Cahyadi says:

    kalo sama Canon 700D mending mana om?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *