Review: Samsung Galaxy Note Pro 12.2″ , Merasakan Sensasi Layar Jumbo

Bombardir Samsung didalam meluncurkan Tablet PC nya kian semakin menjadi-jadi, setelah berbagai lini tipe seri Samsung Galaxy Tab dan Galaxy Note yang juga disediakan berbagai tipe layar, mulai dari layar 7 inchi hingga 10 inchi. Belum lama ini Galaxy Note membentangkan satu tipe jenis layar yang lebih besar lagi yaitu ukuran 12.2 inchi. Dengan kualitas warna dan besar layar sedemikian rupa, siapa yang tak akan terpana melihatnya.

note12_1

note12_2

Spesifikasi:

  • Jaringan 2G, 3G
  • Nano-SIM
  • CPU Quad-core 1.9 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • Chipset Exynos 5 Octa 5420
  • Dimensi 295.5 x 204 x 8 mm
  • Berat 753 g
  • Layar 2560 x 1600 pixels, 12.2 inches
  • Super clear LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Kamera belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
  • Kamera depan 2 MP, 1080p@30fps
  • Memori 32/64 GB, 3 GB RAM
  • Memori External microSD, up to 64 GB
  • Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0, MicroUSB 3.0, NFC
  • Batere Li-Ion 9500 mAh
  • GPS
  • Android OS, v4.4 (KitKat)
  • Tersedia warna Hitam dan Putih

Kelengkapan:

  • Kabel data
  • Kepala charger
  • Earphone
  • Pen Stylus (S-Pen)

 

Rancangan Desain

Bentuk desain Samsung Galaxy Note 12.2″ ini mirip dengan adeknya yang memiliki layar 10″. Bentuk desain terlihat semakin sederhana (simple) tapi indah untuk dilihat. Tidak terlalu banyak pernak=pernik tombol di bagian atas layar, hanya terdapat satu tombol (tombol home) saja. Di sisi sampingnya dilapisi dengan kilauan chrome, dimana pada sisi-sisi samping tersebut memiliki tombol-tombol seperti tombol power, pengeras suara, dan slot untuk memasukkan kartu GSM maupun kartu memori external, serta tempat menyimpan S-Pen (pen stylus).

note12_4

note12_3

Pada bagian belakang, terlihat dengan lapisan bermotif seperti kulit yang terbuat dari plastik. Tersedia dengan dua pilihan warna, yaitu warna Hitam dan Putih. Pada bagian belakang ini tidak bisa dibuka (tidak seperti layaknya beberapa tablet pc yang penutup belakangnya dapat dibuka untuk memasang/melepas baterai). Dibagian belakang ini juga terdapat letak kameranya.

note12_5

note12_6

 

Layar Dan Tampilan Muka

Walau bukan mengusung Super AMOLED, melainkan Super clear LCD, kualitas warna layar dari Samsung Galaxy Note 12.2″ ini benar-benar sangat memanjakan mata. Sudah menghasilkan warna-warna yang aduhai ditambah layar begitu besar, hal ini benar-benar bikin mata selalu betah melihat seisi layar. Serba luas, serba puas, serba cerah.

note12_8

note12_7

Berkat dilengkapi Samsung TouchWiz UI, membuat tablet pc jumbo ini dapat menyajikan berbagai konten, terlebih pada menu geser layar sebelah kiri, kerjasama dengan Flipboard membuat kita dapat melihat informasi berbagai jenis topik dengan  manajemen konten yang indah.

note12_9

note12_10

 

Kamera

Kamera belakang dengan sensor 8 MP (3264 x 2448 pixels) sudah lebih dari cukup untuk sebuah tablet pc jumbo seperti Samsung Galaxy Note 12.2″ ini. Serta dilengkapi kamera depan 2 MP, tablet pc ini menjadi perangkat mobile yang menyenangkan, karena selain dapat jepret-jepret foto, juga dapat video chat dengan menggunakan jaringan GSM yang disediakannya slot untuk kartu GSM sebagai koneksi internetnya.

note12_11

 

Multi Window

Nah topik ini merupakan salah satu kebanggaan dari seri produk Samsung Galaxy Note, dimana perangkat dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan dan aplikasi-aplikasi tersebut bisa kita liat juga secara bersamaan. Kalau di Galaxy Note 3 ataupun Galaxy S5 untuk 1 layar hanya dapat menampung 2 aplikasi saja, layar terbagi dua atas dan bawah, tapi kalau di Galaxy Note 12.2″ ini satu layar dapat menampung 4 aplikasi sekaligus, dan juga bisa kita perbesar/perkecil jendela dari aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk dapat melakukan ini bagi pengguna Samsung Galaxy Note mungkin sudah terbiasa, namun bagi yang belum pernah pakai, caranya tekan tombol “Back” yang cukup lama hingga muncul menu dari pinggir layar, kemudian tarik aja aplikasi yang mau dijalankan ke sisi layar, lakukan yang sama bila ingin membuka aplikasi yang lainnya.

note12_16

note12_13

Di Samsung Galaxy Note 12.2″ ini selain dapat menjalan aplikasi secara layar terbagi 4 bagian, juga dapat menjalankan banyak aplikasi dengan membuka satu per satu window (layaknya seperti di komputer), masing-masing aplikasi memiliki 1 jendela sendiri, dan jendela-jendela aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan tersebut dapat kita tumpang tindihkan dan digeser-geser. Cara ini hanya dapat dengan menggunakan Pen Stylus (S-Pen) milik Samsung Galaxy Note 12.2″. Asyik bukan?

note12_14

note12_15

 

Keyboard

Keyboard QWERTY virtualnya tidak serupa dengan tablet pc lainnya, kayboard di Samsung Galaxy Note 12.2″ dirancang mirip dengan keyboard di komputer pc, contohnya bisa melakukan Ctrl+C untuk meng-Copy text dan Ctrl+V untuk mem-Paste kan text.

 

Kesimpulan

Tentunya kita semakin senang bila dimanjakan dalam memiliki gadget dengan fitur-fitur yang semakin lengkap. Samsung Galaxy Note yang memiliki bentang layar 12.2″ ini memiliki layar paling jumbo dari tablet-tablet pc yang beredar saat ini. Gadget ini sangat cocok untuk para eksekutif yang mobilitas kerjanya tinggi, dapat melakukan pekerjaan yang nyaman tanpa harus memicingkan mata bila layar terlalu kecil. Dibalik kenyamanan yang didapat tentu kita harus mengeluarkan kocek yang lebih lagi untuk dapat meminang Samsung Galaxy Note 12.2″ ini.

note12_14 note12_17

 

Kelebihan:
+ Puas dengan layar yang jumbo
+ Multi window nya tambah asyik
+ Keyboardnya layak seperti keyboard di sistem operasi komputer

Kekurangan:
– Kecepatan pengoperasiannya terasa kurang lincah
– Harga relatif tinggi

 

Galeri Foto:

 

Lihat Video:

6 Responses to Review: Samsung Galaxy Note Pro 12.2″ , Merasakan Sensasi Layar Jumbo

  1. Larisa says:

    note sih, tapi gede beneeer ukurannya udah kayak layar laptop tapi ga ada keyboardnya hahaha

  2. Khilda says:

    wow…. gede banget, tapi ribet bawanya. itu mah buat dirumah aja….

  3. dorakitty says:

    buat pake kuliah asik nihh

  4. Cahyadi says:

    good!! lama” bikin tab segede gaban!! 😀 😀
    pd latah gini

  5. andro id says:

    good!! lama” bikin tab segede whiteboard!! 😀

  6. kevin says:

    good!! lama” bikin tab segede papan tulis!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *