Review: Samsung Galaxy S5, Tampil Dengan Beberapa Fitur Baru

Sudah tradisinya Samsung didalam menerbitkan produk seri Galaxy S5 nya setiap tahun, baru-baru ini Samsung telah merilis ponsel handalannya yaitu Samsung Galaxy S5, peluncuran ini dilakukan serentak di beberapa negara sekaligus dengan waktu yang bersamaan, termasuk di Indonesia. Fitur yang menarik dari Galaxy S5 adalah adanya sensor pengenal sidik jari dan anti air dengan sertifikasi IP67.

s5_photo1 s5_photo2

Spesifikasi:

  • Jaringan 2G, 3G, 4G
  • Micro-SIM
  • Quad-core 2.5 GHz Krait 400
  • Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
  • Dimensi 142 x 72.5 x 8.1 mm
  • Berat 145 g
  • Layar 1080 x 1920 pixels, 5.1 inches
  • Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Proteksi layar Corning Gorilla Glass 3
  • Kamera belakang 16 MP, 5312 x 2988 pixels, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera depan 2160p@30fps, 1080p@60fps, HDR, video
  • Memori 16/32 GB Storage, 2 GB RAM
  • Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0, MicroUSB 3.0, NFC
  • Batere Li-Ion 3950 mAh
  • GPS
  • Anti air (IP67)
  • Sistem operasi Android OS, v4.4.2 (KitKat)
  • Tersedia warna hitam, putih, biru dan gold (emas)

Kelengkapan:

  • earphone
  • kabel data/charger
  • kepala caharger
  • baterai

s5_photo3

 

Rancangan Desain

Samsung mengemas disain Galaxy S5 dengan sedikit membawa pembaharuan dengan metal chrome pada lapiran pinggiran sisi-sisi ponsel, dengan penutup belakang bermotif bintik-bintik yang membuat ponsel ini terlihat lebih kuat, walaup bahan material pada penutup belakang menggunakan bahan plastik. Bentuk Galaxy S5 sedikit lebih lebar dari pendahulunya Galaxy S4. Model Galaxy S5 tersedia beberapa warna yaitu hitam, putih, biru dan emas (gold), namun saat artikel ini dibuat hanya terdapat warna hitam dan putih saja. Padahal penulis ingin sekali melihat sosok yang berwarna biru, sepertinya terlihat menarik.

s5_photo4

Pada layar depan, hanya terdapa satu tombol (tombol Home), selebihnya tombol dilayar merupakan bagian dari fitur layar sentuh. Dan seperti biasa pada bagian bawah terdapat lubang USB untuk dapat melakukan transfer file ke komputer atau untuk melakukan pengisian baterai. Di sisi atas terdapat jack earphone dan di sisi pinggir kiri dan kanan terdapat tombol pengeras suara dan tombol on/off. Untuk loudspeaker terdapat dibagian belakang ponsel.

s5_photo5

Pada saat pertama kali ponsel dinyalakan, akan sering muncul notifikasi yang memberitahu agar dipastikan penutup belakang sudah tertutup rapat-rapat atau belum, hal ini terpaut dengan fitur anti airnya, jangan sampai penutup belakang tidak tertutup rapat lalu kita lupa mencelupkan ke dalam air. Fitur anti air Galaxy S5 bersertifikat IP67.

s5_photo6

 

Layar Dan Tampilan Muka

Karena Galaxy S5 sedikit lebih lebar dari Galaxy S4, maka layarnya pun menjadi sedikit lebar 0,1 inchi. Untuk kualitas layar menurut spesifikasi antara Galaxy S5 dan S4 adalah sama 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan pixel 432-441 ppi. Dengan begitu layar Galaxy S5 begitu cerah dan tajam, terutama didalam menampilkan warna-warna terlihat kontras. Apalagi didukung dengan wallpaper khas Galaxy S5 membuat ponsel ini menjadi tambah terlihat kinclong layarnya.

s5_photo7

Untuk tampilan layarnya, tentu saja Samsung Galaxy S5 memiliki tatanan interface milik sendiri yaitu dengan adanya TouchWiz UI. Sekilas masih serupa dengan tampilan pendahulunya, bila kita tarik layar dari sisi kiri ke kanan akan muncul aplikasi majalah dari Flipboard.

s5_photo8

 

Sensor Penanda Sidik Jari

Samsung tak mau ketinggalan dengan kompetitornya, sehingga pada ponsel Galaxy S5 inilah ponsel pertama yang disematkan fitur pengenal sidik jari. Cara kerjanya sedikit berbeda bila dibandingkan dengan penada sidik jari iPhone 5S misalnya. Galaxy S5 jari kita harus mengusap dari atas ke bawah pada tombol Home yang terletak di bagian bawah ponsel. Bila kita menyalakan ponsel maka akan ada jelas tampil interface yang menandakan letak jari kita untuk diusap. Sidik jari kita dapat gunakan maksimal sebanyak 3 sidik jari, lalu sebagai pengamanan lain juga disertakan password (kata sandi).

s5_photo9 s5_photo10 s5_photo11

 

Metode Pengiritan Baterai

Galaxy 5S dilengkap dengan fitur pengiritan penggunaan baterai. Disini ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan masuk menu Power Saving lalu ada 2 pilihan Power saving mode dan Ultra power saving mode. Bila kita memilih Power saving mode disini kita dapat mematikan komunikasi data dan juga merubah tampilan layar menjadi ala Greyscale. Atau bila kita memilih Ultra power saving mode maka ponsel akan menampilan 6 menu saja yang bisa kita gunakan, diluar 6 menu itu tidak bisa, dimana ke 6 menu tersebut kita dapat meng-konfigurasikannya misal menu 1 untuk nelpon, menu 2 untuk sms, dst.

s5_photo12 s5_photo13

 

Kamera

Sudah menjadi syarat bagi Samsung setiap meluncurkan produk barunya, spesifikasi hardware di upgrade termasuk sensor kamera Galaxy S5 yang digunakan adalah 16MP (naik 3MP dari S4) dan resolusinya juga lebih tinggi menjadi 5312 x 2988 pixels dan auto fokusnya juga lebih cepat. Dan letak titik fokus dapat kita atur dengan sentuhan jari di layar, tentukan saya dimana mau kita fokuskan, disitu lah kita sentuh dengan jari, jepret! hasilnya akan fokus sesuai keinginan. Untuk mode kamera sama dengan S4 yang dilengkap mode seperti: Auto, Beauty face, Shot & more, Panorama, Virtual room, Dual camera, dsb.

s5_photo15

 

Multi Window & Toolbox

Fitur Multi Window mungkin sudah tidak asing lagi, terutama para pengguna Samsung Galaxy Note fitur ini sudah ada sejak lama, tapi di Galaxy S5 fitur ini bisa kamu nikmati. Kamu dapat menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan dengan tampilan layar dibagi 2 atas dan bawah. Lalu untuk Toolbox, ini merupakan tombol shortcut aplikasi, dengan menekan  tombol Toolbox ini maka akan muncul menu kebawah yang isinya icon-icon aplikasi, lalu kita tinggal menyentuhnya untuk membuka aplikasi tersebut. Kita dapat menentukan aplikasi-aplikasi mana saja yang mau kita masukkan ke dalam Toolbox. Semua fitur ini bisa kamu aktifkan melalui menu Setting dibagian Sound and Display.

s5_photo17

s5_photo17 s5_photo16

 

Blocking Mode

Fitur ini dapat kamu aktifkan melalui menu Setting ke bagian menu Personalisation. Fitur ini dapat mem-blok telpon masuk, notifikasi dan menon-aktifkan alarm/timer. Fitur ini bisa kamu aktifkan pada jam-jam tertentu. Walau fitu Blocking Mode ini di aktifkan jangan kuatir orang-orang kesayangan kamu tetap dapat berhubungan dengan men-seleksi dari kontak, siapa-siapa saja yang bisa tetap berhubungan.

 

Kesimpulan

Samsung Galaxy S5 sudah tentu ponsel penerus dari S4 yang memiliki segudang fitur baru. Galaxy S5 sudah memiliki sensor pengenal sidik jari dan anti air, fitur ini bisa menjadi pemikat para penggiat gadget seantero dunia, namun fitur tersebut bukanlah sesuatu yang baru, hanya baru di produk Samsung. Fitur sidik jari sudah lebih dulu di pelopori oleh Motorola dan iPhone, dan fitur anti air pada ponsel sudah di pelopori oleh Sony.

s5_photo18

Bentuk desain Galaxy S5 lebih terlihat kuat dibanding S4. Galaxy S5 sudah menggunakan sebagian metal chrome pada pinggir lis dari ponsel, dan sisi belakangnya bermotif bintik-bintik walau masih menggunakan metarial plastik tapi tidak terlihat murahan.

s5_photo19

 

Kelebihan:
+ Desain yang terlihat kuat dan tidak murahan
+ Fitur andalan pengenal sidik jari dan anti air

Kekurangan:
– Pada saat peluncuran, tidak tersedia warna biru dan emas

Galeri Foto:

Lihat Video:

13 Responses to Review: Samsung Galaxy S5, Tampil Dengan Beberapa Fitur Baru

  1. anita says:

    Lebih Lebar dari S4 yah ternyata,yang ajib fitur2nya yah, beda sama ponsel yang lain.. Samsung Galaxy S5 bisa di beli di galerigadget.com

  2. Cahyadi says:

    layar ok
    fitur ok
    desain gak menarik

  3. katrin says:

    mahal amat seh nih hp 🙁

  4. aKang says:

    gw dah beli dah pake bbrp hari lalu
    beda sama s4 cuma berasa di casingnya aja
    casing s5 lebih terlihat gak polos
    s4 emang berasa plastiknya
    s5 walau masih sbgian plastik tp udah gak berasa kesan murahnya
    warna layarnya sama aja sama s4
    sidik jarinya knp harus di usap usap ya bikin lama aja
    di iklannya ada 4 warna tp yg tersedia cuma item ama putih doing
    padahal pengen bgt yg warna emasnya

  5. yohana says:

    mo minta beliin ama mami ah skrng thx infona

  6. wanabud says:

    saran buat samsung, modelnya jgn terlalu rumit, simpel aja tp menggunakan material yg bagus, pasti lebih keliatan gaharr manisssseee 🙂

  7. kevin says:

    min, mo tanya dung, koq s5 gw auto brightness gak berfungsi ya?? knp tuh?

  8. rino says:

    bgt2 aja modelnya

  9. jagung says:

    beneran bisa 4G?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *