Review: Sony Smartwatch 2, Jam Tangan Pintar Anti Air

Kalau berbicara jam tangan pintar saat ini, maka bukan satu-satunya Sony yang memilikinya, sebut saja nama Samsung dengan Gearnya yang juga sudah hadir. Memang pelopor pertama jam tangan pintar sudah dilakukan SONY sebelumnya, dengan merilis Smartwatch edisi pertama beberapa tahun lalu. Kehadiran Sony Smartwatch 2 dengan Samsung Galaxy Gear tidak terpaut jauh beda, hampir dikatakan dirilis bersamaan.

sw21

sw22

Spesifikasi:

  • Dimensi 42 x 9 x 41 mm
  • Layar 1.6″ (resolusi 220×176)
  • Berat 122,5 gram
  • OS Android 4.0
  • Koneksi data: Bluetooth, micro USB
  • Tahan air (IP57)
  • Bahan material aluminium (bodi)

Kelengkapan:

  • Smartwatch 2
  • Kepala charger
  • Kabel data


Setup Pertama Kali

Sebelum kamu dapat menggunakan jam tangan pintar Sony Smartwatch 2 ini terlebih dahulu kamu harus menghubungkannya dengan ponsel Android kamu dengan menggunakan koneksi NFC, setelah kedua perangkat tersebut terkoneksi, selanjutnya kamu harus meng-install beberapa aplikasi kedalam ponsel Android kamu, diantaranya adalah:

  • Smartwatch 2 (Sony Mobile Communications)
  • Smart Connect (Sony Mobile Communications)
  • WatchIt! (Jonas Petersson)

sw23

sw24

Kedua aplikasi yaitu Smartwatch 2 dan Smart Connect adalah aplikasi yang wajib kamu install kedalam ponsel, sedangkan untuk WatchIt! boleh tidak di install, tapi menurut penulis sebaiknya aplikasi WatchIt! turut di install, karena dengan aplikasi ini jam tangan pintar kamu akan selalu mendapat notifikasi bila ada sesuatu yang berubah pada ponsel kamu.  Setelah kamu install tiga aplikasi utama tersebut, kamu juga dapat meng-install aplikasi dari pihak ketiga seperti Kalkulator, Note, Cuaca, dsb.


Rancangan Desain

Bentuknya kental dengan persegi kotak yang bodi-nya terbuat dari material aluminium yang kokoh. Sisi pinggir terdapat tombol ON/OFF dan sisi sebelahnya lagi terdapat lubang micro USB yang tertutup rapat (tutup nya dapar dibuka bila kita ingin mencoloknya dengan kabel data atau disaat ingin melakukan pengisian daya baterai).

sw25

Untuk tali jamnya disediakan 2 model, yang pertama terbuat dari plastik dan yang kedua terbuat dari metal. Harga tidak terlalu terpaut jauh. Tali jam yang menggunakan bahan metal terlihat lebih garang dibanding tali jam yang terbuat dari plastik, sedangkan tali jam plastik lebih terlihat manis, keserasian bergantung selera pengguna.

sw26

Tidak hanya saja jajaran ponsel pintar Sony yang memiliki fitur tahan air, Smartwatch 2 juga sudah tahan air, jadi kamu tidak perlu risau menggunakan jam tangan ini bila cuaca hujan, sedang cuci tangan, atau dibawa mandi maupun berenang.


Menu & Navigasi

Smartwatch 2 menampilkan jam dengan berbagai model yang kita dapat pilih. Tampilan pertama terlihat samar-samar, bila berada ditempat terang akan terlihat namun bila berada ditempat gelap akan tidak terlihat, kamu dapat menekan tombol sekali yang terletak di samping maka tampilan jam akan menyala. Bila kamu tekan sekali lagi tombol tersebut maka akan masuk ke menu-menu pilihan berupa deretan icon-icon. Dalam satu layar terdapat 6 icon, kita dapat menggeser-geser layar untuk melihat menu-menu lainnya berupa icon-icon.

sw27

sw28

Bila kita masuk kedalam menu Setting, maka kita akan dapat mengatur:

  • ON/OFF Bluetooth
  • ON/OFF Vibrate
  • Display (Brightness, Notification style)
  • Watchfaces (berbagai tampilan model jam)
  • Apps (Alarm, Stopwatch, Timer, Flashlight)
  • Date & Time
  • Security
  • Support
  • Reset Smartwatch


Kesimpulan

Smartwatch 2 adalah generasi kedua jam tangan pintar dari Sony. Memiliki kemajuan yang sangat signifikan dibanding dengan Smartwatch generasi pertama. Dari bentuk desainnya saja sudah sangat jauh berbeda, walau fitur-fiturnya hampir serupa namun secara penggunaannya Smartwatch 2 lebih nyaman karena layarnya yang lebih besar. Smartwatch 2 anggap saja memiliki kekurangan dibanding Samsung Galaxy Gear misalnya yang dapat melakukan panggilan/menerima telpon langsung dari perangkat jam tangan, tapi sebaliknya Smartwatch 2 lebih tangguh dengan tahan air dibanding Galaxy Gear. Untuk melakukan dial dapat dilakukan oleh Smartwatch 2 namun untuk dapat berbicara harus menggunakan Bluetooth Headset atau menggunakan ponsel yang terhubung dengan Smartwatch 2 tersebut.

sw29

Soal gaya, Smartwatch 2 menyuguhkan dua model yaitu dengan menggunakan tali dari plastik atau dari metal. Harga keduany tidak terpaut jauh berbeda. Bila berbicara kepraktisan tentunya tali jam plastik lebih praktis karena tidak perlu menyesuaikan dengan besar lengan ketimbang dengan tali yang menggunakan metal harus dilepas lempengan-lempengannya agar pas pada lingkaran lengan. Tali plastik berkesan manis dan tali metal berkesan maco (hehe..)

sw30

Untuk ketahanan baterai, Smartwath 2 sudah sangat baik sekali, dapat bertahan 3 hingga 4 hari dalam kondisi dipakai secara normal. Bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy Gear yang dalam sehari bisa kehabisan daya baterai, seirit-irit penggunaan Galaxy Gear maksimal hanya dapat bertahan lama hingga 2 hari.

sw31

Kelebihan:
+ Harga terjangkau
+ Desain keren
+ Tahan air

Kekurangan:
– Tidak dapat digunakan untuk berbicara telpon
– Tidak dapat jepret foto

Galeri foto:


Lihat Video:

6 Responses to Review: Sony Smartwatch 2, Jam Tangan Pintar Anti Air

  1. Keren banget jam tangannya . .
    Tapi sayang gak ada review harganya. Berapa kira2 harganya ya?

    By : http://www.indonesianwatch.com

  2. Novi says:

    Reviewnya menarik, jadi pengen beli smartwatchnya.Semakin banyak membaca pembahasan disini semakin pengen dah…

  3. ini baru namanya jam tangan keren banget, canggih lagi sayang hargnya mahal hehehe
    http://langitbirushop.com/

  4. santi says:

    mo beli dmn? mau buat kado yayank valentine

  5. andro id says:

    bung admin mo tanya dongg bisa buat nonton tipi gak ? wkwkwkk
    kalo ada smartwatch yang bisa video call keren kali ya…..

  6. Dagang Sayoer says:

    bisa buat nyontek gak ? pas lagi ada ujian di kelas ;p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *