Review: Google Glass 2.0, Dunia Ada Dalam Pandangan Mata

Kalau ada istilah dunia ada dalam genggamanmu, kali ini ada istilah dunia ada dalam pandangan matamu, artinya yang selama ini¬†kamu melakukan sms, nelpon, browsing internet, jepret foto/video, dsb nya dengan menggunakan sebuah gadget ditanganmu tapi sekarang¬†bisa kamu lakukan dengan sebuah gadget yang melekat di pandangan matamu (berupa sebuah kaca mata). Asyik bukan? atau aneh? ūüôā

gg0

Kaca mata pintar Google (Google Glass) sudah di gembar gembor sejak tahun lalu, bahkan perangkat ini sudah bisa dicicipi oleh para developer-developer pada waktu itu, dan sekarang sudah mulai dijual bebas dalam skala terbatas dengan harga di bandrol $1500, tersedia beberapa pilihan warna. Penjualan perdana ini baru hanya untuk kalangan di Amrik saja. Tidak menutup kemungkinan penjualan akan dijual secara global kedepannya. Secara kebetulan penulis mendapatkan Google Glass dari oleh-oleh saudara yang belum lama balik dari Amrik.

gg1

gg2

Spesifikasi:

  • Layar 640 x 360 pixels, setara dengan layar definisi tinggi 25 inci dari delapan meter
  • Lensa kamera 5 MP, resolusi video 720p HD
  • Internal memori 16 GB, layaknya 12 GB yang dapat digunakan
  • Koneksi data Bluetooth, WiFi
  • Mono Speaker (Bone Conduction Transducer Audio)

Kelengkapan:

  • Kaca mata pintar Google
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • External mono earphone
  • Tas kecil
  • Tambahan lensa kaca mata hitam


Setup Pertama Kali

Untuk dapat menggunakan Google Glass, pertama kali harus di aktifkan terlebih dahulu, yaitu caranya dengan melakukan koneksi ke ponsel (Android/iPhone) menggunakan jalur Bluetooth. Aktifkan Bluetooth ponsel kamu, nyalakan Google Glass kamu, maka keduanya akan dapat saling terkoneksi. Setelah terkoneksi, di ponsel kamu harus meng-install aplikasi yang namanya MyGlass,
bisa kamu download dari Google Play Store atau Apple App Store, bila kamu tidak menemukan aplikasi MyGlass karena kamu berada¬†di lokasi Indonesia, maka kamu bisa mencarinya melalui situs di Internet salah satunya adalah melalui 1mobile.com kamu search¬†saja dengan kata “MyGlass” maka akan muncul, kemudian kamu dapat mendownload-nya. Setelah aplikasi MyGlass terinstall di
ponsel kamu, maka menu dan navigasi Google Glass akan muncul, kamu dapat bisa menggeser-gesernya ke kiri ke kanan dengan sentuhan jari di touch pad yang berada di sisi kanan gagang Google Glass.

gg3

gg4


Rancangan Desain

Seperti kita ketahui kaca mata pintar Google atau yang disebut dengan Google Glass adalah sebuah perangkat gadget berbentuk  kaca mata yang tidak ada kacanya, hanya berupa tangkaian kaca mata yang dilengkapi dengan layar kecil di depan sebelah kanan, dan disisi kanannya terdapat touchpad dan dibagian ujung tangkai belakang ada mono speaker. Memang sedikit aneh juga kalau kita memakainya, karena kita menggunakan kaca mata tanpa ada kacanya (hehe..) tapi tidak perlu risau karena dalam paketannya Google memberikan lensa kaca yang berwarna hitam, bisa kamu tempelkan di tangkai kaca mata Google ini. Nah penampilan Google Glass yang aneh sekarang menjadi tampak keren!

gg5

Tersedia dengan beberapa pilihan warna, hitam, putih, abu-abu, merah dan biru. Tangkai kaca mata Google terbuat dari bahan Titanium yang sangat kuat (tidak mudah patah), namun pada bagian sisi kanan yang terdapat touch pad dan tersambung terus kebelakang yang terbuat dari plastik tentu ini tidak disarankan untuk ditekuk atau tertindih, karena rawan patah. Setelah dipakai dikepala kaca mata pintar Google cukup nyaman, tidak terasa aneh.

gg6

Tombol power ON/OFF berada di sisi kanan bagian dalam yang berbentuk bulatan, bila dipijit maka akan menyala indikator lampu kecil disampingnya akan menyala. Di bawah tombol ON/OFF terdapat lubang USB untuk kita melakukan pengisian baterai dan juga dapat dijadikan sambungan ke external mono earphone. Di tangkai belakang terdapat mono speaker untuk kita dapat mendengarkan suara-suara penjelasan dari Google Glass.
Layar

gg7

Posisi layar di depan dapat kita atur sesuai dengan kenyamanan pandangan mata kita (digeser ke kiri/kanan). Layar dengan¬†resolusi 640 x 360 pixels terasa lebih dari cukup, tidak terlalu menghalangi pandangan mata, selain itu tampilan layarnya¬†pun transparan, jadi dibalik menu-menu navigasi yang kita lihat maka kita juga dapat melihat dibelakangnya sehingga tidak¬†menutupi pandangan. Bila pencahayaan ruangan tidak terlalu terang maka keterangan layar juga akan meredup, sebaliknya bila¬†ruangan atau suasana dengan pencahayaan yang sangat terang maka tampilan layar akan kontras menjadi lebih terang, sehingga¬†dengan adanya “auto-brightness” seperti ini tidak membuat mata lelah.

gg8


Menu & Navigasi

Tampilan menu dan navigasi dari Google Glass tentunya sangat lebih sederhana dibanding dengan menu navigasi ponsel. Setidaknya kaca mata pintar dan jam tangan pintar hampir mirip kesederhanaannya. Menggunakan navigasi menu geser kiri kanan atas bawah adalah yang digunakan Google Glass. Untuk memulai pengoperasiannya, ada dua cara yaitu dengan menyentuh touch pad yang berada
disisi kanan kacamata, atau dengan melihat keatas sedikit mendongak maka layar akan menyala, fitur meng-aktifkan layar dengan cara mendongakan kepala dapat kamu aktif/non-aktifkan melalui menu Setting, tinggi dongakan kepala bisa kamu sesuaikan dengan persentase derajat, misalnya dengan dongakan kepala 30 derajat maka layar akan menyala.

gg9

Sentuh sekali pada touch pad maka tampilan pertama pada layar disaat menyala adalah tampilan Jam, untuk masuk ke menu-menu Google Glass cukup dengan menyentuh sekali lagi maka akan muncul menu mau mencari sesuatu (search google), get direction (google maps), take photo, take video, message, call, video call, dst.

gg10

Untuk masuk ke menu Setting, dari tampilan Jam, kamu geser ke kiri. Disana kamu dapat menemukan menu-menu Setting. Temperatur cuaca, daya baterai juga dapat dilihat dari menu-menu disini. Setiap pergeseran menu-menu ke kiri/kanan maupun sentuhan jari akan terdengar efek suara. Begitu juga bila Google Glass memberikan instruksi dalam bentuk suara, kamu akan mendengarkannya
juga.

gg11


Kamera

Sensor kamera yang diusung kacamata pintar Google adalah 5 MP, dapat mengambil video dengan skala resolusi 720p HD. Untuk dapat mengambil gambar (jepret foto) ada 3 cari, yaitu:

  1. Dengan menekan tombol yang berada di sisi kanan bagian atas.
  2. Masuk ke dalam menu Google Glass, cari menu Take Photo.
  3. Atau kedipkan mata kamu secara perlahan (jangan terlalu cepat).

gg12

Penulis lebih gemar menggunakan cara nomor 3 untuk mengambil gambar/foto karena kita tidak perlu berbicara untuk memerintahkan ke kacamata, dan kita tidak perlu menekan tombol dengan tangan. Sangat praktis dan cepat. Untuk pengambilan video, Google Glass hanya memberikan waktu 10 detik setiap video yang kita rekam (jadi tidak bisa secara terus menerus dengan waktu yang lama untuk
mengambil video). Penulis sedikit kurang mengerti kenapa harus dibatasi 10 detik setiap pengambilan video, apakah terpaut dengan kapasitas memori yang tidak terlalu besar atau ada hubungannya dengan privasi.


Kesimpulan

Google Glass adalah sebuah gadget dalam bentuk kaca mata. Kita dapat menggunakannya dengan memerintahkan suara atau menyentuh gagang kaca mata Google dengan jari. Dengan Google Glass yang sudah terkoneksi dengan ponsel melalui sambungan Bluetooth, kita dapat melakukan hal-hal utama yaitu seperti:

  • Pengambilan gambar (jepret foto)
  • Pengambilan video
  • Search (Google Now)
  • Get Direction (Google Maps)
  • Terima/baca/balas SMS
  • Terima/baca email
  • Nelpon (Voice & Video Call)

gg13

Untuk mengoperasikan Google Glass diperlukan perintah suara (yang saat ini hanya dapat menggunakan bahasa Inggris), atau dengan sentuhan jari ke touch pad pada gagang tangkai kaca mata disebelah kanan. Pada awalnya pengguna perlu adaptasi bagaimana dan membiasakan cara menggunakan kaca mata ini. Mengenali navigasi menu-menunya. Menurut penulis setidaknya dalam sehari saja kita
sudah dapat dengan mahir menggunakan kaca mata pintar Google ini.

gg14

Sejatinya kaca mata pintar Google ini tidak dilengkapi dengan lensa kaca matanya, hanya diberikan sebuah kaca mata hitam yang bisa ditempel di gagang Google Glass. Hal ini sedikit kesulitan bagi yang memiliki mata minus, karena harus merancang khusus kaca mata yang bisa ditempelkan di gagang Google Glass, atau solusi lain menggunakan softlens. Di Amrik sebenarnya sudah ada layanan
yang menyediakan frame khusus untuk Google Glass ini, dimana frame kaca mata ini sangat bisa untuk diberikan kaca minus/plus.

gg15

Soal ketahanan baterai penulis merasakan sangat keterlaluan, maksudnya adalah Google Glass tidak dapat digunakan secara terus menerus sepanjang hari, karena beberapa jam saja sudah menghabiskan daya baterai, terlebih bila kamu menggunakannya untuk pengambilan foto atau video, hal ini sangat menguras daya baterai. Tapi tentu saja masalah ini bisa kamu atasi dengan membawa powerbank misalnya. Jadi intinya adalah daya tahan baterai Google Glass lebih lemah dibanding dengan kekuatan daya baterai ponsel pintar pada umumnya.

gg18

gg19

gg20

Kelebihan:
+ Gaya, praktis
+ Futuristik

Kekurangan:
– Sedikit kerepotan yang memiliki mata minus, harus menggunakan lensa tambahan
– Baterai yang tidak tahan lama, tidak dapat dipergunakan seharian penuh
– Bahasa yang dimengerti saat ini hanya English US
– Harga tinggi

Galeri foto:

Lihat video:

17 Responses to Review: Google Glass 2.0, Dunia Ada Dalam Pandangan Mata

  1. budyk_ir says:

    Semoga cepat rilis di Indonesia…ane jual kerbau nti…

  2. kevin says:

    om kalo mo beli dmn ?
    sy mo beli dong
    serius om

  3. aKang says:

    hebringg pisan….!!
    terobosaaan canggih dari google…..
    kepingin euyyy…..

  4. jeff_andy says:

    beneran bisa buat nelpon jg ??
    kereeenn mau ah nanti kalo dah masuk indon

  5. tori says:

    mestinya jokowi blusukan pake google glass biar keliatan keren ūüôā ūüôā

  6. wanabud says:

    kapan masuk indo ya? gue minat banget, help infonya beli dimana

    • Googleman says:

      Akhir tahun 2014 rencananya udah ada di pasaran, sekitar 5-6 jutaan perkiraan harga pasarannya

      Samsung juga rencananya mau buat gadget yg mirip namanya gear glass, cuma lebih sederhana teknologinya

      Bukan sales samsung
      Bukan sales google glass

  7. burung flappy says:

    kalo matanya minus gmn??

  8. andro id says:

    wadoww bung admiiinn bikin gw ngecesss aja ngeliatnya
    mau dong jajal pls

  9. Dagang Sayoer says:

    GILAAAAAA!!!
    lama lama badan banyak di tempelin gadget
    hp iya jam iya sekarang kaca mata
    bentar lagi ada kalung, gesper, cincin ;p

  10. beckblurry says:

    aaihh.. keren banged pak.. #mupeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *