Review: LG Google Nexus 5, Kamera Dengan Fitur Panorama Ekstrim

Waktu begitu cepat, tak terasa ponsel Nexus Google sudah masuk generasi ke-5. Dari deretan ponsel-ponsel Android yang beredar bila disandingkan dengan ponsel Nexus tentunya ponsel Nexus memiliki nilai lebih untuk dibeli, tentu saja karena sudah pasti mendapatkan sistem operasi Androdi yang terbaru. Nexus 5 merupakan ponsel pertama yang disematkan sistem operasi Android versi 4.4 yaitu dengan julukan Kitkat.

nexus5_1

nexus5_2

Spesifikasi:

  • Jaringan 2G, 3G, 4G
  • Micro-SIM
  • CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400
  • Chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800
  • Dimensi 137.9 x 69.2 x 8.6 mm
  • Berat 130g
  • Layar 1080 x 1920 pixels, 4.95 inches
  • True HD IPS+ capacitive touchscreen, 16M colors
  • Kamera belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, optical image stabilization, LED flash
  • Kamera depan 1.3 MP
  • Memori 16/32GB storage, 2 GB RAM
  • Memori External (tidak ada)
  • Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth, MicroUSB 2.0, NFC
  • Batere Li-Po 2300 mAh
  • GPS
  • Android OS, v4.4 (KitKat), upgradable to v4.4.2 (KitKat)
  • Tersedia warna Hitam dan Putih

Kelengkapan:

  • Kabel data
  • Kepala charger
  • Jarum pembuka slot simcard

nexus5_3

nexus5_4

 


Rancangan Desain

Casingnya terbuat dari plastik, bagian samping dan belakangnya terasa lembut di tangan. Dan dibagian belakang juga terdapat tulisan Nexus, disudut kiri atas terdapat lensa kamera berikut led flash-nya. Ponsel ini tidak dapat dibuka casing belakangnya, untuk memasukkan simcard disediakan slot khusus yang harus dicolok menggunakan jarum untuk membukanya, dan ponsel ini tidak menyediakan slot untuk kartu memori eksternal.

nexus5_5

Nexus 5 tampil dengan tampak manis sedap dimata, baik yang warna hitam maupun putih. Dibagian permukaan depan tidak ada tombol apapun, tombol back, home dan multitasking terdapat dibalik layar kaca bagian bawah, bila ponsel ini dinyalakan baru akan terlihat. Lubang jack earphone terdapat dibagian atas, sambungan port micro-usb dibagian bawah, dan tombol power on/off serta pengeras suara terdapat disamping sisi kanan dan kiri. Ponsel ini cukup nyaman di genggam, tidak terasa berat dan cukup nyaman digunakannya.

nexus5_6

 

Layar & Tampilan Muka

Nexus 5 ini mengusung layar ukuran 5 inchi, sama seperti Nexus yang sebelum-sebelumnya. Bila pada 2 tahun lalu Nexus menggunakan layar sedikit melengkung, maka untuk Nexus 5 menggunakan layar kaca yang flat lurus. Resolusi layar yang 3264 x 2448 pixels menghasilkan warna yang cerah dan soft dimata. Pada saat layar di-lock lalu di unlock mengeluarkan efek bunyi yang sangat pas didenger (begitu juga pada saat layar kita matikan).

nexus5_7

Bila kita membuka situs web, tulisan sekecil apapun akan jelas terlihat. Namun menurut penulis dalam hal menampilan warna-warni terasa brightness-nya sedikit berlebihan (semestinya agar kualitas warna benar-benar tajam, contrast juga perlu dipertajam). Kualitas cerah layar stabil, walau dilihat dari jarak pandang lurus maupun dari samping tidak ada penurunan kualitas cerah layar, bagus.

nexus5_8

 

Menu & Navigasi

Ponsel LG Nexus 5 ini menggunakan sistem operasi Android 4.4 (Kitkat). Tentunya hampir rata-rata tampilan sistem operasi Android terlihat sama. Di versi Kitkat ini, Google meletakan folder direktori di tampilan depan, yang berisikan kumpulan aplikasi-aplikasi milik Google, seperti Gmail, Google+, Maps, People, Calendar, Drive, Youtube, dsb.

nexus5_9

Yang menarik adalah perintah suara untuk Google Now, posisi ponsel dalam keadaan menyala (tidak screen lock) tanpa harus menekan fungsi suara dapat langsung memerintahkan ponsel dengan suara yang diawali dengan menyebut “Ok Google” kemudian setelah muncul tulisan “Speak Now” perintahkan apa yang kamu mau perintahkan, misal untuk mencari informasi, menelpon yang ada di daftar kontak atau men-setup alarm. Ini sesuatu yang asyik (walau bukan sesuatu hal yang terbilang baru).

nexus5_10

 

Kamera

Ada satu hal lagi yang menurut penulis ini merupakan fitur yang sangat menarik, tidak ada fitur ini di ponsel lain, yaitu ekstrim panorama, pada umumnya panorama dapat melakukan pengambilan gambar 360 derajat, nah Nexus 5 bisa lebih ekstrim lagi bisa sampai ke langit-langit maupun ke sisi bawah-bawah pandangan 🙂 hal ini sangat berguna bila kita memasukin suatu ruangan lalu kita ingin mengambil gambar semua seisi ruangan tersebut. Titik kordinat sudah ditentukan secara automatis, kita hanya menyelaraskan bidikan kamera ke dalam titik-titik kordinat. Wow 🙂

nexus5_11

nexus5_12

 

Kesimpulan

Ponsel LG Nexus 5 ini adalah sebuah ponsel yang cepat, pengoperasian yang mulus, permainan video maupun game yang halus dan kencang. Dengan bobot yang tidak begitu berat, layar yang cukup luas, membuat ponsel ini nyaman di genggam dan sedap dipandang mata. Hanya saja memang kualitas layar didalam menyuguhkan warna-warninya terasa kurang kental (alias sedikit berlebihan brightness-nya).

nexus5_13

Sebagai anak emas dari Google, Nexus 5 merupakan ponsel Android yang pertama kali menggunakan sistem operasi Androdi versi 4.4 (Kitkat). Ponsel-ponsel lain sebenarnya juga akan mendapatkan hal serupa namun menunggu update-an giliran. Nexus 5 membawa Kitkat menjadi ringan dan cepat, tidak ditemukan lag (sendat-sendat), sangat responsif.

nexus5_14

 

Kelebihan:
– Ponsel yang cepat dan sangat responsif
– Nyaman digenggam dan nyaman di pandang mata
– Kamera yang memiliki fitur panorama yang super ekstrim

Kekurangan:
– Tidak ada slot untuk eksternal momori
– Layar sedikit berlebihan brightness-nya
– Aplikasi SMS dijadikan satu dengan aplikasi Hangout


Galeri Foto:

Video:

8 Responses to Review: LG Google Nexus 5, Kamera Dengan Fitur Panorama Ekstrim

  1. beny kurnia says:

    pada saat foto…hasil foto bisa di cek koordinat gps ngga

  2. Indra Kusuma says:

    sama LG G2 bagus mana ?

  3. dolie says:

    maksudnya kameranya bisa super wide gitu ?? keren dong kalo bisa

  4. Dagang Sayoer says:

    tiap taun kita disuruh ganti handphone 🙂
    tiap tauk keluar tipe terbaru teruss…..

  5. andro id says:

    bentar lagi mau rilis resmi di indonesia neh….
    ayo antriii antriiiii wkwkwkwkwkwk……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *