Review: iPhone 5S, Ponsel Yang Indah Dengan Fitur Sidik Jari

Setiap Apple meluncurkan tipe terbarunya iPhone selalu menjadi buah bibir seantero jagat ini. Walau mungkin banyak kalangan mencibir akan minimnya inovasi Apple terhadap perkembangan iPhone, tetap saja disaat peluncurannya selalu dinanti banyak orang, bahkan di awal penjualannya tak heran selalu terjual habis.

iphone5s1

iphone5s2

iPhone 5S adalah salah satu tipe terbaru dari iPhone. Hal yang mencolok dalam pembaharuannya adalah adanya warna emas (gold), processor 64 bit dan terdapatnya fitur baru yaitu sensor sidik jari. Dari ketiga hal tersebut membuat banyak orang tetap berbondong-bondong mencari iPhone 5S tersebut. Dan hal yang paling utama banyak mengundang perhatian adalah warna emas-nya.

iphone5s3

Kami redaksi Masterweb pun turut menunggu penjualan pertamanya dan mendapatkan pada pagi harinya, maka kami bisa dengan cepat membuat ulasan review mengenai iPhone 5S ini. Dan merupakan Review iPhone 5S Pertama di Indonesia langsung dengan barangnya tanpa saduran dari manapun.

Spesifikasi:
– Jaringan 2G, 3G, 4G
– CPU Dual-core 1.7Ghz
– Chipset Apple A7
– Dimensi 123,8 x 58,6 x 7,6 mm
– Berat 112 g
– Layar 640 x 1136 pixel, 4 inches
– LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M
– Kamera belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, dual-LED flash
– Kamera depan 1,2 MP, 720p@120fps, advanced video stabilization
– Memori interbal 16/32/64 GB
– Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth, MicroUSB 2.0 (with converter), AirDrop
– Batere Li-Po 1560 mAh
– GPS
– Sistem operasi iOS7
– Tersedia warna Hitam, Putih dan Emas

Kelengkapan:
– handset
– earphone
– converter micro-usb
– kepala charger
– kabel data
– jarum nano simcard

iphone5s0

 

Rancangan Desain

Dalam hal bentuk dan desain tidak banyak berubah, desain luar iPhone 5S masih senada dengan iPhone 5, hanya saja iPhone 5S memiliki pilihan warna baru yaitu warna emas (selain warna putih dan hitam abu-abu). Lalu pada tombol bulat khas iPhone juga terdapat sedikit pembaharuan yaitu terdapat lempengan yang menandakan bahwa tombol tersebut saat ini memiliki fungsi baru selain sebagai tombol ‘Home’ juga sebagai tempat sensor sidik jari.

iphone5s4

Warna emas-nya benar-benar seakan membuat mata selalu saja betah untuk memandangnya. Hal ini merupakan kekuatan rancangan desain yang di miliki Apple terhadap iPhonenya, menurut penulis tidak ada ponsel lain yang memiliki sentuhan desain yang begitu kuat seperti iPhone. Jati diri iPhone benar-benar sangat kuat. Walau banyak orang merasakan monoton dalam pembaharuan desain, namun jati diri iPhone menjadi sangat kuat, tidak ada kata bosan dan selalu dinantikan.

iphone5s5

Panjang lebar tipis dimensi iPhone 5S masih sama persis dengan iPhone 5, sekilas terlihat sama, hanya saja pada buletan tombol ‘Home’ terdapat lapisan lempengan. Pada bagian sisi belakang pun pelak mash sama, hanya sedikit perbedaan pada bentuk lampu flash-nya.

iphone5s6

iphone5s7

 

Layar Dan Tampilan Muka

Ukuran layar masih menggunakan ukuran yang sama dengan iPhone 5 sebelumnya yaitu ukuran layar 4 inchi, dan resolusi layar 640×1136 pixel. Dengan lapisan kaca Gorilla. Menurut mereka (baca Apple) ukuran layar 4 inchi adalah batas maksimum sebuah ponsel dapat digunakan dengan satu tangan, jadi mungkin hal ini yang menjadi pegangan kuat bagi Apple dalam menciptakan ponsel iPhone nya yang tidak memerlukan layar yang besar, terkecuali mereka merubah atau memperluas konsep pembuatan ponsel mereka untuk membuat dengan layar yang lebih besar lagi, yang artinya ponsel yang tidak dapat digunakan dengan nyaman hanya satu tangan saja, harus menggunakan kedua tangan. Menurut penulis sebegitu pentingkah hal ini dibahas? sangat perlu dibahas dan diketahui oleh kita semua.

iphone5s8

iPhone 5S sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu iOS 7. Rancagan iOS 7 ini memang sangat di rancang spesial untuk iPhone 5S, tatanan icon-icon yang lebih besar, warna-warni yang lebih cerah, background wallpaper yang hidup dan efek animasi icon pada saat masuk ke menu icon-icon. Menu geser dari sisi atas layar ke bawah maupun dari sisi layar bawah ke atas menghiasi tampilan muka (interface) dari iPhone yang menggunakan iOS .

iphone5s9

Paduan warna dari sistem operasi iOS7 dengan iPhone 5S warna emas, putih dan abu-abu membuat iPhone terlihat cantik dan manis. Apple benar-benar baik didalam merancang perangkat iPhone bersama perangkat lunak sistem operasinya.

iphone5s10

 

Menu Dan Navigasi

iPhone 5S menggunakan sistem operasi iOS7, cara pengoperasian dan penggunaannya sama seperti versi iPhone sebelumnya, hanya saja di iOS7 lebih banyak fitur tambahannya. Seperti menu setting dari slide bar bawah, efek animasi setelah masuk dari screen lock, menu search cukup tarik layar dari atas ke bawah (tanpa perlu harus ke sisi pinggir layar, dan dapat dilakukan dari halaman mana saja), kemudian sedikit perbedaan pampilan multitasking dan cara menutup aplikasi yang berjalan di background, selanjutnya mengenai fitur-fitur di iOS7 bisa sinak DISINI.

iphone5s18

Dengan prosesor M7 (64 bit) yang dimiliki iPhone 5S membuat iOS7 dapat berjalan sangat mulus dan halus. Aplikasi-aplikasi maupun game-game dengan cepat pula dapat di mainkan.

 

Fitur Sidik Jari

Fitur ini yang menjadi salah satu andalan dari iPhone 5S, salah satu fungsinya adalah untuk menjadi bagian dari proteksi di screen lock. Cara meng-aktifkannya adalah masuk ke menu Setting, General lalu pilih Passcode & Fingerprint. Kemudian iPhone 5S akan membaca jari yang di tempelkan di lingkaran tombol ‘Home’. Untuk dapat mengenal sidik jari kita, iPhone 5S akan melakukan beberapa kali pendeteksian hingga benar-benar terekam dengan sempurna. Pendeteksian sidik jari bisa dilakukan untuk lebih dari satu jari. Setelah terekam nanti pada saat screenlock kita cukup menempelkan jari kita ke tombol bulat ‘Home’ maka screenlock akan terbuka.

iphone5s11

iphone5s12

 

Komunikasi Data

iPhone 5S sudah dilengkapi kebutuhan komunikasi data yang lengkap, mulai jaringan 2G, 3G, 4G hingga koneksi seperti Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth dan untuk bertukar file antar sesama iPhone dapat menggunakan fitur AirDrop (dengan syarat sesama iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS7).

iphone5s13

 

Kamera

Sensor kamera iPhone 5S dan iPhone 5 adalah sama, yaitu kamera belakang dengan sensor 8 MP dan kamera depan 1,2 MP. Namun keduanya memiliki kualitas yang berbeda, iPhone 5S memiliki Auto-focus yang lebih cepat dari iPhone 5, hasil jepretan-nya pun iPhone 5S terlihat lebih tajam dan jernih. Hal ini dapat membuat kita lebih fun didalam berfoto-foto ria dengan kualitas yang bagus.

iphone5s14

 

Kesimpulan

Secara bentuk bisa dikatakan masih serupa antara iPhone 5S dengan iPhone 5, dari sisi luar hanya ada sedikit perubahan bentuk yaitu di iPhone 5S terdapat dual-led flash dibagian belakangnya dan terdapat lempengan yang menghiasi lingkaran tombol ‘Home’. Dan soal warna iPhone 5S memiliki warna Emas dan Abu-abu gelap (yang sebelumnya warna Hitam pada iPhone 5). Hal warna ini yang merupakan bagian dari penyegaran.

iphone5s15

Bila berbicara jeroan dalamnya dan fitur-fiturnya, maka cukup banyak yang dimiliki iPhone 5S. Yang merupakan menonjol adalah prosesor yang digunakan iPhone 5S sudah berbasis 64 bit, saat ini merupakan arsitektur prosesor tertinggi untuk smartphone, lalu adanya fitur sensor sidik jari yang menjadikan iPhone 5S memiliki teknologi yang belum banyak dimiliki smartphone lainnya. Sistem operasi iOS7 menjadi sangat maksimal berfungsi pada iPhone 5S, keindahan warna-warninya membuat suasana baru bagi tampilan muka generasi iPhone terbaru ini

iphone5s16

iphone5s17

 

Galeri Foto:

iPhone 5S Gold

iPhone 5S Black (Abu-abu gelap)

15 Responses to Review: iPhone 5S, Ponsel Yang Indah Dengan Fitur Sidik Jari

  1. Sastri says:

    emang keliatan elegan banget sih desainnya iphone ini.. jadi pengen kan ūüôĀ

  2. Taufiq Ridha says:

    Fitur sidik jari itu gmn, d iphone 5S saya adanya cuman touch id & passcode stelah masuk masuk general

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *