Review: Samsung Galaxy S4 Zoom, Gadget Untuk Bicara & Jepret!

Gadget ini memang terlihat sedikit aneh, karena memadukan bentuk ponsel pintar dengan kamera poket. Tahun lalu gadget ini diberi nama Samsung Galaxy Camera, namun tahun ini diberi nama Samsung Galaxy S4 Zoom, menurut penulis Samsung belum menemukan nama yang pas sehingga memberikan nama membawa tebengan nama besar Galaxy S Series (dalam hal ini seri S4) dan tambah embel-embel kata “Zoom”, padahal sebelumnya hanya Galaxy Camera seri. Tapi apalah sebuah nama, mari kita simak ulasan mengenai gadget “aneh” ini (hehe..)

s4zoom1

Dimulai dari namanya adalah Galaxy S4 Zoom, mungkin banyak orang mengira bahwa Galaxy S4 Zoom adalah sebuah ponsel Galaxy S4 yang diberi fitur lebih untuk kamera dan sehingga lensanya dapat melakukan zoom-in/out. Tidak demikian, spesifikasi hardware antara Galaxy S4 dan Galaxy S4 Zoom sangatlah berbeda. Mulai dari processor, besar layar dan resolusi layar yang berbeda. Jadi keunggulan dan keindahan yang dimiliki Galaxy S4 tidak ditemukan di Galaxy S4 Zoom ini, hal ini bisa merupakan sedikit penyesatan. Mari simak ulasan dibawah ini untuk lebih jelasnya.

s4zoom2

Spesifikasi:
– Jaringan 2G, 3G, 4G
– CPU Dual-core 1.5 GHz Cortex-A9
– GPU Mali-400
– Dimensi 125.5 x 63.5 x 15.4 mm
– Berat 208 g
– Layar 540 x 960 pixels, 4.3 inches
– Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
– Jenis Layar Corning Gorilla Glass 3
– Kamera belakang 16 MP, autofocus, Xenon flash
– Fitur kamera: 1/2.33” sensor size, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, 10x optical zoom (24-240mm), optical image stabilization, HDR, panorama
– Kamera depan 1.9 MP
– Micro-SIM
– Memory internal 8 GB storage, 2 GB RAM
– Memory external microSD, up to 64 GB
– Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth, NFC, MicroUSB v2.0
– GPS
– Radio FM
– OS Android v4.2.2 (Jelly Bean)
– Tersedia warna hitam dan putih

Kelengkapan:
– Earphone
– Batere Li-Ion 2330 mAh
– Kabel Data
– Kepala charger

s4zoom3

s4zoom4

 

Rancangan Desain

Pada sisi layar bentuknya tidak jauh berbeda dengan ponsel-ponsel seri Galaksi, sebagian besar terbuat dari material plastik yang pinggirnya dibalut dengan chrome. Tombol-tombolnya seperti tombol poser on/off, pengeras suara, lubang microUSB, jack earphone semua sama persis dengan seri Galaksi pada umumnya. Hanya saja ada tambahan tombol untuk men-jepret dan lobang untuk tripod, di sisi pinggir dari gadget ini.

s4zoom5

Nah pada sisi belakangnya ini yang bentuknya sangat berbeda dengan ponsel-ponsel pintar pada umumnya, karena rancangannya lebih condong seperti kamera poket, sisi kanan berbentuk terdapan jendolan untuk genggaman tangan, dan dibagian kameranya diberi lensa yang dapat melakukan zoom-in/out.

s4zoom6

Dibagian bawah, terdapat celah yang dapat kita buka, disitu tempat kita memasukan batere dan juga terdapat slot untuk memasukan micro-simcard. Lalu di sisi yang sama yang terdapat lubang untuk tripod juga terdapat slot untuk kita dapat memasukan microSD (kartu memori eksternal).

 

Layar Dan Tampilan Muka

Bicara soal tampilan muka, tidak jauh berbeda bahkan sama persis bentuknya dengan seri Galaxy lainnya. Karena gadget ini diberi nama Samsung Galaxy S4 Zoom, sedikit menyoroti soal layar yang tidak sama persis dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Galaxy S4. S4 Zoom memiliki besar layar 4,3″ sedangkan S4 memiliki layar 5″, kemudian resolusi layar yang dimiliki S4 Zoom adalah 540 x 960 pixels sedangkan S4 1080 x 1920 pixels, tentunya keindahan layar lebih unggul S4 dibanding dengan S4 Zoom ini. Penyajian wallpaper-nya saja yang sama, sehingga keduanya terlihat seakan sama.

s4zoom7

 

Menu Dan Navigasi

Samsung Galaxy S4 Zoom menggunakan tampilan tatap muka sama dengan Samsung Galaxy umumnya, atau lebih tepatnya sama dengan Samsung Galaxy S4 yaitu menggunakan TouchWiz yang dimiliki Samsung. Pengoperasian gadget ini sama persis seperti dengan ponsel pintar umum lainnya yang menggunakan sistem operasi Android. Yang perlu diperhatikan hanyalah untuk menyalakan kameranya tidak disediakan tombol fisik secara langsung, ada 2 cara untuk menyalakan fungsi kameranya, yaitu yang pertama adalah dengan menekan icon kamera di layar, kedua dengan cara memutar lensa hingga muncul tampilan dilayar lalu tekan tombol shutter atau tekan pada layar, maka fungsi kamera akan aktif dan lensa pun menjulur keluar.

s4zoom8

 

Komunikasi Data

Mirip dengan saudara kembaran-nya yaitu Samsung Galaxy S4, yang dapat menerima jaringan GSM, 3G, 4G. Tak luput dari kelengkapan komunikasi datanya mulai dari GPRS/EDGE, WiFi, Bluetooth, NFC, Infrared dan MicroUSB.

 

Kamera

Soal kamera gadget ini tentunya memiliki kehandalan yang lebih dibandingkan dengan kamera-kemara ponsel pintar sejenisnya. Hal pertama yang kita lakukan untuk mengaktifkan kameranya adalah dengan menekan icon kamera di layar atau memutar lensa, setelah itu lensa kamera akan menjulur keluar, kemudian kita baru dapat men-jepret gambar. Menurut penulis kenapa Samsung tidak menyediakan tombol fisik untuk mengaktifkan fungsi kameranya, sehingga dirasa butuh waktu untuk dapat melakukan pengambilan gambar dengan cepat.

s4zoom9

Setelah fungsi kamera aktif dan kita siap men-jepret, terdapat menu-menu pilihan untuk memperkaya fitur kamera dan memperindah hasil jepretan. Diantaranya adalah:

Efek gambar:

  • Vignette
  • Grayscale
  • Sepia
  • Vintage
  • Faded colors
  • Turquoise
  • Tint
  • Cartoon
  • Moody
  • Rugged
  • Oil pastel
  • FishEye

Mode:

  • Auto
  • Smart (Night, Fireworks, Light trace, Smart mode suggest, Beauty face, Best photo, Continous shot, Best face, Kids shot, Landscape, Dawn, Snow, Macro, Food, Party/indoor, Action freeze, Rich tone, Panorama, Waterfall, Animated photo, Drama, Eraser, Sound & shot, Silhoutte, Sunset).
  • Expert (Kita dapat mengatur bukaan diafragma, kecepatan, iso)
  • My mode (Gabungan dari pilihan-pilihan Smart, perpaduan setting yang kita dapat kombinasikan)

Setting:

  • WB (White balance)
  • Flash mode
  • Drive mode
  • Movie size
  • Pengaturan lainnya seperti, mengatur suara beep, layar, gps tag, guidelines, dsb

s4zoom12

s4zoom10

 

s4zoom11

Untuk melakukan zoom in-out, dapat kita lakukan dengan menekan icon kaca pembesar + dan -, tentunya yang sebelumnya kita sudah lebih dulu meng-aktifkan fungsi kameranya, atau dengan cara lain yaitu kita dapat memutar lensar ke kiri dan kanan untuk dapat melakukan zoom in-out.

Contoh hasil jepretan:

 

Kesimpulan

Penulis tidak tahu apakah kamu atau banyak orang akan menyukai gadget Samsung Galaxy S4 Zoom ini, karena dengan kita memiliki ponsel pintar zaman sekarang juga sudah memiliki fitur kamera yang sangat mumpuni. Memang kualitas gambar foto yang dihasilkan Galaxy S4 Zoom ini lebih baik dibanding hasil foto dari ponsel pintar pada umumnya, terlebih lagi Galaxy S4 Zoom ini dapat melakukan zoom-in sebanyak 10x, yang artinya kamera ponsel pintar tidak dapat melakukan hal ini dengan baik. Tapi kembali kepada masing-masing kita apakah kita ingin mendapatkan kualitas gambar foto yang labih baik dari yang sudah baik ponsel-ponsel pintar(?)

s4zoom13

Penulis hanya bisa menyarankan, bila kamu berpergian (wisata), maka gadget ini bisa dipertimbangkan untuk dimiliki, karena kita dapat menggunakannya layaknya sediakala untuk sebuah ponsel pintar dan juga dapat men-jepret foto dengan kualitas yang lebih indah ditambah dengan fitur-fitur kameranya kita dapat mengambil gambar dengan berbagai efek dan kemudahan. Untuk gaya bisa saja gadget ini untuk dipinang, tapi untuk urusan kebutuhan rasanya belum tentu kebanyak orang membutuhkannya. Walau bentuk dari Samsung Galaxy S4 Zoom ini dapat dimasukkan kedalam kantong, tapi tidak sekecil yang dikira, tetap akan merupakan sesuatu benda yang cukup besar berada di kantong.

s4zoom14

Karena gadget ini bobotnya lebih berat dari ponsel pintar umumnya, penulis menyarankan agar lekas digunakan tali untuk pegangan, karena gadget ini mudah tergelincir dari genggaman tangan. Bila sudah terjatuh, Samsung Galaxy S4 Zoom ini lebih ringkih untuk rusak dibanding ponsel pintar yang terkadang jatuh dari ketinggian tertentu masih tidak apa-apa.

Kelebihan:
+ Inovasi yang baik gabungan ponsel + kamera
+ Menghasilkan kualitas foto yang lebih baik dari ponsel pintar
+ Memiliki fitur kamera yang sangat lengkap

Kekurangan:
– Bentuknya masih dirasa cukup tebal, walau sudah lebih tipis dari edisi sebelumnya
– Bobotnya cukup berat, sehingga tangan perlu menyesuaikan agar tidak tergelincir
– Tidak ada tombol fisik untuk meng-aktifkan fungsi kamera

 

Lihat Galeri Foto:

Lihat video:

Lihat video iklan:

14 Responses to Review: Samsung Galaxy S4 Zoom, Gadget Untuk Bicara & Jepret!

  1. sandy says:

    gmn sih cara melepas simcard nya kok susah banget ya

  2. nomba says:

    Beli samsung galaxy s4 zoom yg murah bonus Flip Cover Plus Extra Battery Kit senila
    (800ribu) nih disini.
    http://id.dealgoing.com/gadgetdeal/main.asp?pid=MjMxNjkg&sda=MjkzNSAg

  3. devishanty says:

    gue sih enak2 aja megangnya, tergantung tangan kali yee

  4. teena cute says:

    gua mah pilih yg pasti pasti aja deee……
    ipun 5s emas penantian guaa…..

  5. IndomieKornet says:

    pengen beli tp ragu apa enak dipakenya ??
    liat iklannya di youtube keren menggoda
    tp blum yakin utk belinya
    gimana ya

  6. Garing Goreng says:

    baru beli, mantap yo!!

  7. ganzenits says:

    emangnya kita kalo moto perlu ngezoom sampe berkali kali ?
    pake ipun ajah dah cukup, cepat dan praktiss….. daannn tipis lagii :p

  8. Jordi says:

    ooo kirain speknya sama dgn s4
    pantesan harganya jg lebih murah dari s4
    thx infona min

  9. tiur says:

    keren nih lg mau ngincer s4 zoom
    keknya gaya n keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *