Review: BlackBerry Q5, Alternatif Ponsel QWERTY Selain Q10

Ini merupakan ponsel ke-3 yang dirilis oleh BlackBerry yang sebelumnya sudah dirilis Z10 dan Q10 beberapa bulan lalu. Ponsel ke-3 era BlackBerry OS10 ini dinamakan Q5 yang merupakan ponsel QWERTY dengan layar sentuh (mirip dengan kakanya yaitu Q10). Banyak orang yang menilai bahwa Q5 merupakan Q10 versi murah-nya, apakah benar demikian? simak saja artikel tulisan ini hingga tamat. Bahwa BlackBerry Q5 merupakan ponsel yang cukup handal, tidak kacangan murahan yang kualitasnya diragukan, tidak demikian!

q5_1

q5_2

Bila kamu belum mengenal sistem operasi BlackBerry 10 maka sebaiknya kamu simak artikel review BlackBerry Z10 DISINI dan Q10 DISINI, dikarenakan Q5 juga menggunakan BlackBerry OS 10 maka fitur-fiturnya pun tidak jauh berbeda dengan kakak-kakaknya Z10 dan Q10.

Spesifikasi:
– Jaringan 2G, 3G, 4G
– CPU Dual-core 1.2 GHz
– Dimensi 120 x 66 x 10.8 mm
– Berat 120 g
– Layar 720 x 720 pixels, 3.1 inches
– IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
– Kamera belakang 5 MP, 2592?1944 pixels, autofocus, LED flash
– Kamera depan 2 MP, 720p
– Micro-SIM
– Memory internal 8 GB storage, 2 GB RAM
– Memory external microSD, up to 32 GB
– Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, MicroUSB v2.0
– GPS
– OS BlackBerry 10
– Tersedia warna hitam, putih dan merah

Kelengkapan:
– Earphone
– Batere Non-removable Li-Ion 2180 mAh
– Kabel Data
– Kepala charger

 

Rancangan Desain

Bentuk ponsel-ponsel BlackBerry era BlackBerry 10 terlihat lebih besari dibanding generasi sebelumnya. Bila kita bandingkan antara Q10 dengan Onyx misalnya, maka bentuk Onyx terlihat lebih kecil. Begitu juga bila kita melihat BlackBerry Q5 ini bentuknya juga cukup besar, bahkan dibandingkan dengan Q10 saja Q5 bentuknya lebih panjang sedikit. Bobotnya Q5 lebih ringan dibanding Q10, tapi soal bentuknya Q5
lebih panjang sedikit dari Q10.

q5_3

Material casing yang digunakan BlackBerry Q5 terbuat dari plastik yang kualitasnya dibawah Q10, namun demikian tidak tampak murahan, tetap BlackBerry Q5 terlihat ponsel yang bagus dan indah, hanya saja memang bentuknya sedikit terasa tebal bila digenggaman tangan. Sama dengan kakaknya Q10 yaitu Q5 juga sudah tidak memiliki track-pad, memang sepertinya era BlackBerry 10 desain track-pad/ball di
tinggalkan.

q5_4

Walau Q5 dan Q10 seperti saudara kembar, namun memiliki bentuk desain yang tidak begitu serupa, contohnya untuk tatanan papan ketik (keyboard) dimana Q5 memiliki tombol-tombol yang memiliki kerenggangan, sedangkan di Q10 susunan tombol-tombol terlihat rapat-rapat. Bentuk tombol-tombol papan ketik Q5 sama dengan Q10 yang memiliki lekukan-lekukan disisi atasnya yang fungsinya agar lebih nyamandidalam menekan tombol-tombol tersebut. Papan ketik (keyboard) BlackBerry Q5 juga dilengkapi dengan lampu, sehingga tombol-tombol tersebut dapat menyala yang sangat bermanfaat bila suasana gelap (malam hari).

q5_5

Simcard yang digunakan adalah Micro Simcard, slot disediakan disamping sebelah kiri dengan penutup yang dapat kita buka. Slot Micro Simcard bersebelahan dengan slot untuk memasukan external memori. Walau BlackBerry Q10 soal batere tidak dapat dilepas, tapi kita masih diberi kebebasan soal kapasitas penyimpanan (storage) yang disediakan slot untuk kartu memori external tersebut.

q5_6

 

Layar Dan Tampilan Muka

Lebar layar yang diusung BlackBerry Q5 sama persi dengan Q10 yaitu 3,1″ ukuran 120 x 66 x 10.8 mm. Resolusi layarnya pun sama yaitu 720 x 720 pixels. Yang sedikit membedakan adalah jenis layar yang digunakan antara Q5 dan Q10 berbeda, Q5 menggunakan jenis layar LCD sedangkan Q10 sudah Super AMOLED. Tentunya jenis layar Super AMOLED lebih baik dibanding LCD, soal kepekatan hitamnya pun layar Super AMOLED tampak terlihat lebih hitam pekat.

q5_7

Bukan berarti layar LCD Q5 menjadi jelek, buang pemikiran tersebut! Layar LCD yang diusung Q5 sangat mumpuni untuk menjadikan ponsel Q5 sebagai ponsel yang sangat layak untuk dimiliki dan digunakan. Ketajaman kualitas gambar masih didapat, bermain game pun terlihat mulus grafisnya. Ketajaman warna juga masih indah.

q5_8

 

Menu Dan Navigasi

Untuk hal menu dan navigasi karena BlackBerry Q5 mengusung sistem operasi generasi 10, maka sama persis dengan BlackBerry Q10. Silakan simak review lengkap mengenai BlackBerry Q10 DISINI. Yang perlu penulis sampaikan adalah, jalannya sistem operasi BlackBerry 10 di Q5 berjalan sangat lancar dan mulus, tidak ada gejala tersendat.

q5_9

 

Komunikasi Data

Di BlackBerry 10 sudah menyediakan fitur Mobile Hotspot dan Internet Tethering, jadi sudah tidak kalah dibanding OS Android maupu iOS-nya Apple. Selain itu BlackBerry 10 juga mendukung fitur NFC dan VPN. Bila operator selular yang kita gunakan mendukung jaringan 4G maka ponsel BlackBerry Q5 sudah mampu untuk hal tersebut. Tak lupa juga koneksi Bluetooth tetap hadir pada ponsel ini. Bahkan di BB10 bila ponsel tidak disertakan simcard, lalu hanya mengandalkan WiFi aja maka aktifitas BB (Messenger, Email, Internet) semua dapat berjalan normal.

 

Kamera

Sensor kamera yang diusung adalah kamera belakang 5 MP dan kamera depan 2 MP. Bila dibanding dengan BlackBerry Q10 yang memiliki sensor kamera belakang 8 MP tentunya kualitas foto yang dihasilkan Q5 dibawah dari Q10, namun secara umum dengan walau dengan sensor 5 MP sudah cukup mumpuni untuk menghasilkan foto yang baik.

q5_10

Untuk fitur dari kameranya sendiri adalah sama dengan BlackBerry Q10 maupun Z10. Sama-sama memiliki fitur Mesin Waktu pada kamera. Yang mana merupakan fitur Mesin Waktu ini berfungsi sebagai pencari moment yang tepat, misalnya kamu foto kekasih kamu namun hasil jepretan kamu terlihat buruk karena mungkin matanya sedang merem atau senyumnya kurang pas, maka dengan fitur Mesin Waktu ini kamu dapat memajukan/memundurkan waktu dari hasil foto yang sudah ada, sehingga kamu dapat membuka mata yang tadinya merem menjadi melek atau senyumnya menjadi lebih pas.

q5_11

Dan juga disediakan filter untuk memberikan efek pada hasil-hasil jepretan foto. Caranya buka salah satu foto yang ingin kita beri efek, lalu pilih menu Edit, kamu dapat memodifikasi foto mulai dari memutarkan posisi foto, mengatur pencahayaan (white balance) hingga kepada memberi efek Black and White, Lomo, Antique, Sepia, dsb. Jadi tidak perlu mencari aplikasi tambahan untuk melengkapi kebutuhan kamera
pada ponsel Q5 ini.

Contoh hasil jepreten:

 

Ketersediaan Aplikasi & Game

Nah bila bicara soal ketersediaan aplikasi dan game, Q5 memang mendapatkan perlakuan berbeda dibanding Q10 maupun Z10. Kenapa demikian? karena berhubungan dengan spesifikasi hardware Q5 tidak setinggi Q10 maupun Z10 maka untuk ketersediaan aplikasi dan game pun menjadi terbatas. Contohnya adalah game Angry Bird Star Wars, kita dapat memainkannya di BlackBerry Q10 maupun Z10, namun di Q5 tidak. Namun tidak perlu risau, karena game-game seperti Beach Buggy Blitz atau ChasingYello tetap dapat dimainkan di Q5.

q5_12

 

Kesimpulan

Tahun ini memang benar-benar tahunnya era BlackBerry 10, dimana BlackBerry Q5 merupakan debut ke-3 setelah Z10 dan Q10. BlackBerry Q5 merupakan ponsel QWERTY yang memiliki layar sentuh juga, hampir setipe dengan Q10 hanya saja Q5 memiliki sedikit desain yang berbeda terutama tata letak tombol-tombol papan ketik dan spesifikasi hardware sedikit dibawah Q10. Mungkin banyak orang mengira bahwa Q5 merupakan ponsel murahan karena melihat spesifikasi yang tidak tinggi dan casing terbuat dari material plastik, namun sejatinya adalah BlackBerry Q5 merupakan ponsel masih dalam jajaran kelas menengah keatas. Bila kita melihat langsung dan merasakan bahwa BlackBerry Q5 memang bukan ponsel edisi murahan. Kecepatan yang kita dapatkan cukup mumpuni, tidak ditemukan tersendat-sendat didalam pengoperasiannya.

q5_13

Dalam hal pengetikan dengan tombol-tombol QWERTY khas BlackBerry ini juga masih dirasakan sangat nyaman (walau Q10 masih dirasa lebih nyaman lagi). Tombol-tombol tidak sulit untuk ditekan, pengetikan dengan cepat pun masih bisa dilakukan dengan baik. Bila kamu membayangkan tipe ponsel murah sekelas Curve maka BlackBerry Q5 bukan berada dikelas itu, tepatnya adalah jauh lebih baik diatas tipe Curve/Gemini.

q5_14

 

Kelebihan:
+ ponsel qwerty dan layar sentuh, harga dibawah Q10
+ papan ketik yang nyaman digunakan
+ kecepatan ponsel yang mumpuni

Kekurangan:
– baterai tidak bisa dilepas
– ketersediaan aplikasi dan game tidak selengkap di Q10/Z10

 

Galeri Foto:

 

Lihat video:

18 Responses to Review: BlackBerry Q5, Alternatif Ponsel QWERTY Selain Q10

  1. bali elektronic says:

    DI JUAL.HP/ BLACKBERRY/ APPLE/SAMSUNG..
    BLACKBERRY GEMINI 8520 HRG RP 500RB.
    SILAKAN CALL/SMS 082332213555
    CEK SITUS WEB KAMI DI http://WWW.ELEKTRONIK-DENPASAR.WEB.ID

  2. bali elektronic says:

    Barang Yang Kami Tawarkan Merupakan Barang BM (Black Market) Garansi Resmi 1 tahun
    SEKALIAN BELI (3 UNIT) GARATIS (1 UNIT)

    Kode Barang@ BLACKBERRY PORSHE P’9981 .- HRG RP- 3.000.000.-

    Bagaimana bertransaksi
    Wilayah Denpasar Bisa COD atau ketoko kami:
    Untuk Info Semua Produk Kami.
    Silakan kelik web resmi kami di..
    http://WWW.ELEKTRONIK-DENPASAR.WEB.ID

    Alamat: Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai Benoa Kuta Selatan Badung Bali.
    di ( MALL BALI GALERIA ) denpasar bali.

    N Luar Kota bisa dikirim via RPX, JNE, POS
    SMS/WhatsApp: 082332213555
    FB: elektronic denpasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *