Review: HTC One, Ponsel Elegan Karya Andalan HTC

Bila mendengar nama HTC mungkin tidak setenar Apple atau Samsung, namun perlu kita ketahui sebelum adanya iPhone maupun Samsung Galaxy Series nama HTC sangat kental dengan dunia smartphone. Pada awalnya HTC banyak menopang Microsoft didalam sepak terjang sistem operasi Windows Mobile, lalu juga pada awalnya Android pun dimeriahkan berbagai macam tipe ponsel HTC pada waktu itu. Kemudian setelah iPhone muncul ke permukaan lalu disusul gemelut Samsung menjadikan nama HTC sedikit pudar, bahkan saking kalah pamornya nama HTC bagi sebagian kalangan orang mengira HTC adalah merek ponsel Cina.

htcone_1

Jadi sejatinya penulis mencoba menerangkan kepada kalangan yang mungkin belum mengenal betul dengan brand HTC yang berasal dari negara Taiwan ini. Bahwa HTC adalah nama vendor pencipta smartphone yang bisa dibilang sebagai pionir. Yang mana ciptaan-ciptaan dari HTC selalu disertai dengan kualitas dan mutu yang sangat baik. Tidak pernah ada HTC merilis produk yang jelek. Tahun ini vendor-vendor smartphone banyak mengeluarkan produk andalannya, mulai dari Sony dengan Xperia Z nya, Samsung dengan Galaxy S4 nya dan Apple dengan iPhone 5 yang merupakan produk tahun lalu namun masih mendominasi hingga sekarang, kemudian HTC pun tak mau ketinggalan, dengan menghadirkan ponsel yang bernama HTC One sebagai produk andalannya. HTC One merupakan ponsel papan atas yang memiliki keunggulan, mari kita simak seperti apa HTC One ini.

htcone_2

Spesifikasi:

  • Jaringan 2G, 3G, 4G
  • CPU Quad-core 1.7 GHz Krait 300
  • GPU Adreno 320
  • Dimensi 137.4 x 68.2 x 9.3 mm
  • Berat 143 g
  • Layar 1080 x 1920 pixels, 4.7 inches
  • Super LCD3 capacitive touchscreen, 16M colors
  • Kamera belakang 4 MP, 2688 x 1520 pixels, autofocus, LED flash
  • Kamera depan 2.1 MP, 1080p@30fps, HDR
  • Memory internal 32/64 GB, 2 GB RAM
  • Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth, NFC, MicroUSB v2.0
  • Batere Li-Po 2300 mAh battery
  • GPS
  • OS Android v4.1.2 (Jelly Bean), upgradable to v4.2.2 (Jelly Bean)
  • HTC Sense UI v5
  • Tersedia warna hitam dan silver

Kelengkapan:

  • Earphone
  • Kabel Data
  • Kepala charger
  • Jarum micro simcard

htcone_3

htcone_4

Rancangan Desain

HTC One merupakan smartphone andalan dari HTC saat ini, mereka menyatakan bahwa HTC One adalah karya terbaik mereka baik dari sisi desain hingga ke dalam jeroannya. Desain yang begitu elegan sangat melekat pada HTC One ini. Pada sisi depan terlihat layar hitam legam yang di apit oleh dua loudspeaker di atas dan bawah yang terbuat dari bahan aluminium. Pada bagian belakang bodi dibuat sedikit melengkung dan terbuat dari material aluminium juga. Bila ponsel ini berada ditempat yang dingin maka bodi ponsel ini pun terasa sangat dingin. Konsep desain yang berlapis ini membuat membuat HTC One terlihat indah dibalut dengan lapisan aluminium depan belakang diserta layar hitam hingga sampai ke tepi pinggiran menjadi lebih indah lagi dan sangat elegan. Seakan mata tak henti-hentinya memperhatikan keelokan HTC One ini.

htcone_5

Entah kebetulan atau tidak, penampilan HTC One dalam tampak depan begitu mirip dengan BlackBerry Z10, hanya saja HTC One lebih memiliki desain yang lebih detil dan rumit. HTC One tampak lebih kuat dan kokoh karena efek aluminiumnya. Lalu bila kita melihat kilauan aluminium pada sisi pinggirnya mengingatkan kita pada desain iPhone 5. HTC One benar-benar pintar memadu rancangan desain sehingga tampak begitu indah dan elegan. Soal warna saat ini tersedia dua varian yaitu warna hitam dan silver, menurut penulis warna silver lebih terlihat manis karena perbedaan warna antara bodi dan layar begitu terlihat, dari pada varian warna hitam yang sekilas terlihat satu warna dan kesan aluminiumnya kurang terasa. Saran penulis bila kamu ingin meminang HTC One ambil yang warna silver, tapi semua kembali kepada selera masing-masing.

htcone_7

Yang perlu diketahui lagi adalah, HTC One memiliki bodi yang solid tertutup, sehingga tidak dapat dibuka bagian belakang yang biasanya kita dapat membuka batere. HTC One tidak ingin penggunanya dipusingkan dengan urusan batere, sehingga ponsel ini menguncinya termasuk kita tidak dapat memasang external memory card. Konsep seperti telah dilakukan sebelumnya oleh Apple pada produk iPhone-nya, banyak kalangan menyayangkan kondisi seperti ini, namun kenyataannya konsep ponsel tertutup seperti ini banyak juga yang menggemarinya. Menurut penulis urusan batere boleh saja dibuat terkunci, namun untuk urusan external memory card semestinya disediakan agar pengguna yang sudah memiliki data cukup dengan memindahkan memori card-nya dari pada harus memindahkan secara manual.

htcone_6


Layar Dan Tampilan Muka

Bila disanding dengan Sony Xperia Z dan Samsung Galaxy S4 maka layar HTC One tidak sebesar mereka, layar Super LCD3 4.7″ nya HTC One cukup pas, tidak terlalu melebar sehingga cukup nyaman di genggam dan tidak mengganggu bila dimasukkan kedalam saku. Resolusi layar 1080 x 1920 pixels menghasilkan warna yang sangat cerah dan tajam. Sangat nyaman dipandang mata. Icon-icon dan tulisan terlihat jelas dan detil. Bila layar dalam posisi mati, terlihat warna layar sangat hitam legam. Setelah urusan rancangan desain yang memukau maka urusan layar juga sangat memukau pada HTC One ini.

htcone_8

HTC One memberikan 18 pilihan wallpaper yang bagus-bagus, ada yang gambar gedung tampak dari bawah ke atas, ada gambar daun, gambar gedung-gedung dan corak-corak warna yang sangat menarik dan pas untuk dijadikan wallpaper. Pada saat layar terkunci (screen lock), untuk membukanya cukup menggeser icon gembok keatas. Begitu juga icon-icon yang berada disamping icon gembok, terdapat icon telpon, icon sms, icon browser internet dan icon kamera, yang mana icon-icon itu juga dapat kita geser keatas agar langsung terpanggil disaat layar menyala.

htcone_9

BlinkFeed

Dengan adanya fitur HTC BlinkFeed, ini memudahkan kita mendapatkan berita-berita dari berbagai sumber yang akan tampil dihalaman depan ponsel HTC One. Konten berita tersedia dari seluruh dunia, bahkan untuk konten di Indonesia pun ada. Konten-konten tersebut diambil dari berbagai situs-situs berita maupun portal. Selain konten-konten, informasi dari Twitter pun kita dapat menampilkannya. Cukup dengan menarik kebawah aplikasi BlinkFeed ini lalu dilepas maka aplikasi ini akan memanggil (reload) konten terbaru dan akan menampilkannya di layar. Melalui BlinkFeed kita juga dapat mencari artikel maupun menulis untuk akun Twitter kita. Diatas BlinkFeed terdapat sentuhan tampilan Jam, Tanggal dan lokasi serta icon yang hidup untuk cuaca, hal ini merupakan cirikhas dari HTC.

htcone_10


Menu Dan Navigasi

Karena sistem operasi yang digunakan adalah Android Jellybean, maka bagi yang sudah familiar dengan Android akan mudah menggunakan ponsel ini. Pengguna hanya perlu belajar menggunakan BlinkFeed untuk mengatur konten-konten berita pada halaman paling depan. Bila kita menekan tombol Application maka akan muncul semua icon-icon aplikasi yang tertata dalam 3 kolom 4 baris, hal ini bisa kita rubah menjadi 4 kolom 5 baris dengan cara masuk ke menu Setting, pilih Grid size.

htcone_11

HTC One memberikan kemudahan didalam menerima dan mengirim pesan text (SMS). Terdapat fitur pop-up SMS bila ada SMS masuk, pop-up beruba buletan yang dapat kita geser kemanapun, bila kita tekan buletan tersebut maka akan terbuka ini SMS-nya, dan kita dapat membalasnya disitu juga. Dan bila kita sudah tidak butuh SMS tersebut, maka pop-up tersebut dapat kita hilangkan dengan cara menariknya kebawah hingga ke tempat yang bertanda silang (X) maka pop-up tersebut akan hilang. Pop-up SMS dapat muncul kembali bila ada SMS masuk. Notifikasi seperti ini bisa kita atur didalam menu setting.

htcone_16

htcone_17


Komunikasi Data

Ponsel ini sudah dilengkapi kebutuhan komunikasi data terkini, mulai jaringan 2G, 3G, 4G hingga koneksi seperti Wi-Fi, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth dan NFC semua tersedia. Selain itu ada satu fitur menarik dari HTC One yaitu fitur TV, kita dapat mengkoneksikan ponsel HTC One kepada sambungan saluran TV dan sekalian dapat menjadi remote TV juga.

htcone_12


Multimedia

Walau HTC One tidak menyediakan Equalizer di aplikasi musik-nya, tapi tidak perlu risau karena HTC One menyediakan fitur Beats Audio yang terdapat didalam menu Setting, bila kamu aktifkan (ON) maka suara yang akan dihasilkan akan menjadi sangat power (alias menggelegarrr).

htcone_13

Penulis menyukai suara-suara ringtones yang disediakan oleh HTC One ini, terdapat hampir 40 ringtones menarik yang bisa kita pergunakan. Suara-suara notifikasinya pun menarik-menarik, kebanyakan berkesan hitech. Suara notifikasi yang penulis suka adalah Magnolia dan untuk suara ringtones adalah Aero.

htcone_14

HTC One dilengkapi juga fitur untuk automatis meredam atau mengeras untuk bunyi ringtone disaat ada panggilan telpon yang masuk. Bila ponsel berada didalam tas misalnya, maka suara ringtone menjadi sangat keras, dan bila ponsel sudah dalam genggaman tangan secara automatis suara ringtone meredam (mengecil), atau bila kamu menengkurepkan ponsel maka suara ringtone akan mati (silent).


Kamera

Sensor kamera utama yang digunakan HTC One hanyalah 4 MP, berbeda misalnya dengan Sony Xperia Z maupun Samsung Galaxy S4 yang mengusung 13 MP. Tapi lagi-lagi jangan kuatir akan hal tersebut. Kamera HTC One menggunakan teknologi UltraPixels, yang artinya sensor kameranya dapat menyamai sensor 13 MP pada umumnya.

htcone_15

Kamera HTC One dilengkapi dengan fitur HTC Zoe, yang fungsinya kita dapat merekam dan akan menghasilkan beberapa gambar yang nantinya kita bisa pilih, aksi foto mana yang pas. Kemudian hasil rekaman dan beberapa gambar tadi bisa kita share dengan HTC Share dimana dengan HTC Share kita dapat menseleksi gambar-gambar pilihan untuk dirangkum jadi satu lalu di share ke Facebook misalnya, maka teman-teman kita dapat melihatnya dengan atraktif.

Contoh hasil jepretan foto:


Kesimpulan

Rancangan desain yang begitu menawan dan elegan sangat melekat di HTC One, mau dilihat dari sisi manapun HTC One akan tetap indah. Dukungan aplikasi BlinkFeed membuat kita dapat menata konten dalam satu wadah, kita tidak perlu membuka banyak aplikasi maupun tab browser untuk mendapatkan informasi berita, cukup menggunakan BlinkFeed ini akan mengakomodir semua kebutuhan tersebut. Ukuran layar 4.7″ sangat pas pada genggaman dan kualitas layar membuat mata nyaman memandang.

htcone_18

Untuk urusan musik dan kualitas suara tidak diragukan lagi, kualitas suara yang menggelegar dan surround dapat kamu rasakan di HTC One ini, terlebih adanya fitur Beats Audio membuat kamu makin betah mendengarkan lagu-lagu terutama dengan menggunakan earphone. Dan soal kamera yang mengusung sensor 4 MP bukanlah masalah karena telah menggunakan teknologi Ultrapixels yang kualitas hasil jepretnya setara dengan sensor kamera 13 MP pada umumnya.

htcone_19

Setelah nama brand HTC menjadi kurang pamor dibanding brand Samsung atau Sony khususnya dapat dunia smartphone, namun berkat munculnya produk HTC One ini diharapkan nama HTC kembali menjadi harum seperti sedia kala. HTC One merupakan produk terbaru dan terabik dari HTC saat ini.

htcone_20

Kelebihan:
+ disain yang sangat elegan
+ kualitas suara musik yang memukau
+ aplikasi BlinkFeed memudahkan menata konten berita

Kekurangan:
– ketahanan batere dirasa kurang
– tidak ada slot untuk external memory card

Galeri Foto:

Lihat video:

12 Responses to Review: HTC One, Ponsel Elegan Karya Andalan HTC

  1. HirRo says:

    gan ekualizer’a cuma beast audio tok yh??
    model pengaturan ekualizer yng lain g ad??
    misal, pop, rock, metal, clasic, jazz, party, dance, dll??

    • admin says:

      iya gak ada pengaturan equalizer, gak ada settingan pop, rock, jazz, dll.. cuma di ON kan aja Beast Audio nya langsung menggelegarrr, surround dan boombastik memukau deh..

  2. si Engkong says:

    gw liat di youtube htc one di getok pake palu kagak napa2 gilaaa

  3. WayanG says:

    bedanya sama htc one buatan cina apa min ?

  4. Reztu says:

    daftar gan! mau beli jg neh!

  5. desy says:

    keren aq suka
    brpan??

  6. andro id says:

    waduh dambaan ane nih

  7. jangkrik says:

    ini neh baru hape laki laki
    gak kyk hape sebelah yg kyk pembalut wanita
    qiqiqi sowi ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *