Review: Samsung Galaxy S4, Ponsel Mengedepankan Kehandalan Layar

Dari sekian banyak produk seri Galaxy dari Samsung yang merupakan seri andalan adalah Galaxy seri S, dan saat ini sudah masuk seri 4. Pada tahun lalu sepak terjang Samsung Galaxy S3 dapat hampir mendominasi diberbagai negara dan benua hingga dapat menjadi pesaing ketat dengan iPhone 5 dari Apple. Bulan Mei ini Samsung kembali merilis ponsel pintar andalannya yaitu Samsung Galaxy S4 dengan membawa fitur-fitur baru.

s4_1

s4_2

Spesifikasi:

  • Jaringan 2G, 3G, 4G
  • CPU Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
  • GPU PowerVR SGX 544MP3
  • Dimensi 136.6 x 69.8 x 7.9 mm
  • Berat 130 g
  • Layar 1080 x 1920 pixels, 5.0 inches
  • Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M color
  • Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, temperature, humidity, gesture
  • Kamera belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
  • Kamera depan 2 MP,1080p@30fps, dual video call
  • Micro-SIM
  • Memory internal 16 GB storage, 2 GB RAM
  • Memory external microSD, up to 64 GB
  • Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth, NFC, MicroUSB v2.0
  • GPS
  • OS Android v4.2.2 (Jelly Bean)
  • TouchWiz UI
  • Tersedia warna hitam dan putih

Kelengkapan:

  • Earphone
  • Batere Li-Ion 2600 mAh battery
  • Kabel Data
  • Kepala charger

s4_3

s4_4


Rancangan Desain

Bila berbicara soal desain nampaknya kita tidak akan berbincang panjang lebar. Bentuk dan desain-nya hampir serupa dengan Galaxy S3 hanya saja list chrome nya terlihat lebih lebar. Dan material yang digunakan masih menggunakan plastik. Kesan pertama memegang Samsung Galaxy S4 ini adalah ponsel ini berasa tipis dan ringan. Posisi tombol-tombol, loudspeaker, kamera, lubang untuk earphone dan usb semua masih sama dengan Galaxy S3 yang terdahulu. Menurut penulis ponsel yang menarik adalah ponsel yang memiliki kehandalan baik luar maupun dalam. Kalau bentuk desain yang serupa terlalu dipertahankan timbulkan rasa bosan. Dengan arti kata lain ponsel ini bukan ponsel berdesain premium seperti iPhone 5, Sony Xperia Z dan apalagi HTC One.

s4_5


Layar Dan Tampilan Muka

Nah, kalau berbicara soal layar dan tampilan muka maka Samsung Galaxy S4 ini memiliki keunggulan. Layar Super AMOLED 1080p nya membuat kecerahan warna layar menjadi sangat tajam dan kontras. Pertama kali menyalakannya terlihat halaman kunci (lock screen), untuk dapat masuk cukup dengan mengusap layar. Apalagi dengan adanya fitur Air View, disaat jari belum menyentuk layar sudah terlihat indikator sinar kecil di layar (mirip dengan Galaxy Note II, namun di Galasy S4 ini tidak perlu S-Pen, cukup dengan jari saja).

s4_6

Terpaut layarnya yang lebih besar dari pada pendahulunya, Samsung Galaxy S4 mengusung layar ukuran 5″ membuat layar ponsel terasa lapang. Sangat nyaman untuk dilihat, sudut pandangan tidak sempit. Ditambah dengan kecerahan warnanya membuat kita menjadi senang dan kagum untuk melihat dan menggunakan ponsel ini. Keunggulan Samsung didalam menerapkan ponsel berlayar 5″ dengan bobot yang ringan. Dan sebagai pemanis tampilan Samsung Galaxy S4 ini sama seperti pendahulunya dilengkapi TouchWiz dengan versi yang terbaru. Dengan TouchWiz kita dapat memasang Widget berupa seperti tampilan jam, cuaca, musik, video, frame foto, memo, travel, walking mate, story album dan Samsung Hub.

s4_7


Menu Dan Navigasi

Samsung Galaxy S4 ini memiliki banyak sensor baru yang melekat di bodi ponsel. Seperti yang sudah dikatakan bahwa susunan tombol-tombol tidak banyak berubah, masih sama seperti pendahulunya. Dibawah layar terdapat tida tombol yaitu yang ditengah tombol ‘Home’ yang diapit dengan tombol ‘Back’ dan ‘Option’ namun kedua tombol tersebut seperti tidak terlihat, bila jari menyentuhnya baru akan terlihat karena lampu tombol menyala. Bila tombol ‘Option’ ditekan agak lama akan muncul tampilan Google Now, yang ujung-ujungnya untuk tempat pencarian informasi. Dan bila kita menekan tombol ‘Home’ sebanyak dua kali maka akan muncul menu S Voice untuk dapat memerintahkan ponsel dengan suara. Kemudian bila kita menekan tombol ‘Back’ dengan cukup lama maka akan muncul tampilan menu-menu jalan pintas ala Samsung yang hal ini sudah ada pada pendahulunya, dari menu inilah kita dapat melakukan menjalankan lebih dari 1 aplikasi dibuka berbarengan.

s4_8

Bila kita masuk ke menu pengaturan (setting), disini terlihat sedikit berbeda penyusunannya. Dimana menu-menu setting dibagi dalam 4 kategori yaitu Connection, My device, Accounts dan More. Kemudian untuk pengaturan pintas seperti Wi-Fi, GPS, Screen rotation, Bluetooth, Airplane mode dll ditampilkan dengan tersusun kebawah. Pembagian penataan menu-menu setting ini mungkin ditata agar semakin mudah dioperasikan, namun tentunya bagi yang sudah terbiasa dengan tampilan menu yang lama, perlu sedikit adaptasi penggunaannya.

Air View

Fitur ini sudah ada di Galaxy Note II dengan menggunakan S-Pen dapat mengoperasikan ponsel walau tanpa harus menyentuh layarnya. Di Galaxy S4 ini fitur tersebut dibenamkan bahkan tanpa alat S-Pen, cukup dengan jari kita dapat mengoperasikan hal-hal tertentu tanpa menyentuh layar. Information preview (bila kita mendekatkan jari ke galeri foto maupun video, maka foto/video tersebut akan muncul sebagai pembesaran), Progress preview (bila kita sedang melihat video maka kita bisa melihat scene-scene berikutnya berupa thumbnail dengan mendekatkan jari kepada garis progres video berjalan), Speed dial preview (kita dapat mengarahkan dengan jari ke tombol-tombol nomor telpon dan akan menampilkan nama dan nomor telpon yang sebelumnya sudah di set sebagai speed-dial, Webpage magnifer (bila konten website terasa terlalu kecil untuk dilihat maka dengan mengarahkan jari kita dapat melihat konten website yang diperbesar). Fitur Air View ini merupakan fitur unggulan dari Samsung yang tidak didapat pada ponsel lain.

s4_9

Air Gesture

Sedikit berbeda dengan Air View yang menggunakan salah satu jari kita, di Air Gesture kita menggunakan tangan kita seutuhnya untuk dapat melakukan hal-hal tertentu pengoperasian ponsel. Quick glance (bila layar dalam posisi tidak aktif, dengan meletakkan tangan kita diatas ponsel tanpa harus menyentuh maka layar akan menyala dan menampilkan informasi seperti jam, miss call, sms, kekuatan batere dan info musik), Air jump (bila kita sedang melihat konten di browser internet atau email, maka dengan mengusap tangan dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas maka layar akan bergerak nge-scroll sesuai arah usapan tangan kita), Air browse (kita dapat memindahkan/menggeser foto-foto didalam galeri, halaman-halaman didalam browser internet atau memilih lagu didalam music player), Air move (kita dapat memindahkan icon ke halaman lain dengan mengusap tangan ke kiri atau ke kanan), Air call-accept
(kita dapat menerima panggilan telpon hanya dengan mengusap tangan keatas ponsel, dan bisa juga di set agar speakerphone langsung
aktif). Fitur ini membuat ponsel Samsung Galaxy S4 menjadi cool 🙂

s4_10

Smart Screen

Fitur ini juga sudah ada di pendahulunya Galaxy S3, namun fitur ini lebih di optimalkan lagi. Fitur ini menggunakan sensor mata. Smart stay (layar akan tetap menyala, tidak akan mati selama mata kita memadang ke layar), Smart rotation (layar akan menyesuaikan posisi tampilan sesuai pandangan mata), Smart pause (bila kita sedang melihat pemutaran video, maka video akan dapat berhenti bila kita berpaling ke arah lain), Smart scroll (bila kita sedang membuka konten di browser internet maka untuk melakukan scrolling ke atas maupun ke bawah dapat dilakukan hanya dengan menggunakan pandangan mata). Fitur ini benar-benar terlihat canggih, dan lagi-lagi fitur ini tidak dapat dijumpai di ponsel lain.

s4_11


Komunikasi Data

Selain ponsel ini dapat menggunakan jaringan 2G, 3G dan 4G, serta kelengkapan Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth dan NFC. Juga disematkan fitur S Beam yang memungkinan untuk mentransfer file antar sesama ponsel Galaxy S. Selain itu juga ada koneksi Screen Mirroring yang fungsinya mengkoneksikan dan menampilkan isi ponsel ke layar yang lebih besar, seperti ke layar TV Samsung.

s4_12


Multimedia

Menampilkan galeri foto semakin indah saja dengan fitur Air view, kita dapat melihat-lihat sekilas dengan menunjukkan dengan jari tanpa menyentuh layar. Memainkan file video pun semakin asik dengan fitur Air view, kita dapat melihat scene-scene kedepan dengan menunjukkan jari tanpa menyentuh layar, dan bila pandangan kita beralih dari layar maka permainan video pun menjadi terhenti dan dapat berjalan kembali setelah pandangan kita kembali melihat ke layar. Untuk urusan pemutaran file audio (mp3) masih seperti terdahulu yaitu dilengkapi Equalizer sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih baik.

s4_13


Kamera

Samsung Galaxy S4 merupakan ponsel masa kini yang memiliki kamera dengan segudang fitur menarik. 2 kamera belakang dan depan tidak hanya saja dapat mengambil gambar/video salah satu sisi saja melainkan dua sisi sekaligus (sisi depan dan belakang dapat terekam berbarengan). Sebelum kita mengambil gambar/video kita dapat menentukan efek seperti Vignette, Grey-scale, Sepia, Vintage, Faded color, Turquoise, Tint, Cartoon, Moody, Rugged, Oil pastel, Fisheye.

s4_14

Dan juga disediakan 12 mode:
– Auto (untuk segala kondisi)
– Beauty face (bila ingin fokus foto wajah, bila tersenyum akan automatis jepret)
– Best photo (mengambil beberapa foto lalu dipilih mana yang terbaik)
– Best face (mengambil beberapa foto fokus ke wajah, lalu pilih yang terbaik)
– Sound & shot (mengambil gambar dengan sekaligus merekam suara)
– Drama (mengambil gambar secara adegan)
– Animated photo (merekam beberapa detik dan akan dijadikan animasi gif)
– Rich tone HDR (bila kondisi cahaya kurang baik, dapat menggunakan mode ini)
– Eraser (mengambil gambar, lalu beberapa objek dapat kita hilangkan)
– Panorama (dapat mengambil gambar 360 derajat)
– Sports (mengambil beberapa aksi gambar)
– Night (pengambilan gambar cocok pada malam hari)

Contoh hasil jepretan kamera:


Aplikasi Bawaan

S Travel
Ini merupakan widget yang dapat kita pasang pada halaman (homescreen), dimana widget ini secara random menampilkan tempat-tempat wisata menarik diseluruh dunia.

Story Album
Berupa widget juga yang dapat menata beberapa koleksi foto yang kita pilih untuk dijadikan satu dalam satu album lalu kita beri nama album tersebut, kemudian kita dapat membuka isi album-album yang telah kita buat dengan tampilan animasi.

Samsung Hub
Widget yang mengubungkan kita dengan Samsung Apps (aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh Samsung), terdapat 3 kategori yaitu Books, Games dan Learning.

Walking Mate
Nah widget ini untuk menemani kamu dalam beraktifitas membakar kalori, seberapa banyak langkah dalam sehari dan seberapa banyak kalori yang telah dibakar, kamu dapat mengetahuinya dengan widget ini.


Kesimpulan

Kesan pertama memegang Samsung Galaxy S4 ini adalah ponsel ini terasa tipis pipih dan ringan dengan layar yang cukup terasa besar. Layar 5″ Super Amoled membuat mata kita terpukau karena kualitas warna yang dihasilkan begitu cerah dan sangat kontras tajam, warna-warni begitu menghiasi tampilan dari layar Samsung Galaxy S4 ini. Fitur seperti Air view, Air gesture, Smart stay dan Smart scroll membuat ponsel ini semakin menggoda penggunanya.

s4_15

Soal desain tak banyak perubahan dari pendahulunya, bentuk dan posisi tombol-tombol masih serupa, material yang digunakan juga masih kental dengan plastik, sedikit ada balutan chrome disisi pinggirnya walau masih menggunakan bahan plastik juga. Bila disandingkan dengan ponsel lain seperti Sony Xperia Z, iPhone 5 bahkan HTC One, maka Samsung Galaxy S4 ini benar paling ringan bobotnya. Jangan berharap banyak dari penampilan bentuk dan rancangan desain dari Samsung Galaxy S4, semua kemegahan ponsel ini berada pada layarnya.

s4_16

Kelebihan:
+ bodi terasa tipis, pipih, ringan walau dengan layar 5″
+ kualitas layar memberikan hasil warna yang cerah dan kontras tajam
+ terdapat fitur Air view, Air gesture dan Smart screen
+ kamera dapat melakukan pengambilan gambar/video 2 sisi belakang & depan berbarengan

Kekurangan:
– bodi dari plastik, desain tidak ada pembaharuan yang signifikan
– susunan tombol tidak berubah, tombol ON/OFF berseberangan dengan tombol Volume, menurut penulis sangat tidak nyaman
– fitur seperti Air view/gesture dan Smart screen terkadang tidak berjalan sebagaimana mestinya

Galeri Foto:

Lihat video:

9 Responses to Review: Samsung Galaxy S4, Ponsel Mengedepankan Kehandalan Layar

  1. cit says:

    saya juga pake S4 dan sangat puas dengan semua fitur2nya.
    untuk yang komen emberr atau ga sopan itu tanda2 orang yang sirik dan tidak mampu untuk membeli.
    admin bersabar ya

  2. admin says:

    tolong dijaga kesopanan komentarnya, terimakasih.

  3. Dagang Sayoer says:

    ada yang warna ijo gak ? biar serasi ama ember dirumah gw

  4. Teknokrat says:

    kalian pada ngomongin apa seh
    ngomongin ponsel apa ngomongon ember???

  5. andro id says:

    lah kalo dipikir pikir emang bener
    sekarang harga hape lebih mahal dari harga komputer/laptop
    dilema ember…… eh emang maksudnya……

  6. sentot says:

    kagak jauh beda neh sama plastik ember di rumah gw 😛

  7. jangkrik says:

    mo beli tp mahal
    knp seh hp makin hari makin mahal
    bikin dong hp dgn teknologi canggih tp harga rakyat itu baru salut, kalo cuma bikin hp serba canggih tp harga mahal nenek nenek jg bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *