Review BlackBerry Q10, Ponsel QWERTY Dengan Layar Super Tajam

Setelah sukses gaungnya BlackBerry Z10 dengan membawa OS teranyar-nya BB10, kali ini kembali gebrakan kedua dari BlackBerry pada tahun yang sama yaitu dengan merilisnya ponsel ciri khas BlackBerry yang memiliki keyboard QWERTY yang sekarang dipadu dengan layar sentuh. Ponsel ini bernamakan BlackBerry Q10.

q10_1

Kehadiran BlackBerry Q10 tentunya sangat dinantikan oleh para pengguna ponsel BlackBerry pada umumnya yang sangat mencintai ponsel dengan papan ketik, selain itu para pengguna BlackBerry Z10 yang sedikit frustasi menggunakan ponsel layar sentuh tanpa papan ketik iyu juga bisa berpaling ke BlackBerry Q10 ini.

q10_2

BlackBerry Q10 adalah ponsel yang memiliki layar sentuh dan juga keyboard QWERTY, yang mengusung sistem operasi BB10. Tentunya fitur-fitur andalan dari BB10 akan dimiliki di ponsel BlackBerry Q10 ini. Mari kita simak ulasan mengenai ponsel BlackBerry Q10 dibawah ini.

q10_3

Spesifikasi:
– Jaringan 2G, 3G, 4G
– CPU Dual-core 1.5 GHz Cortex-A9
– GPU PowerVR SGX544
– Dimensi 119.6 x 66.8 x 10.4 mm
– Berat 139 g
– Layar 720 x 720 pixels, 3.1 inches
– Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
– Kamera belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
– Kamera depan 2 MP, 720p
– Micro-SIM
– Memory internal 16 GB storage, 2 GB RAM
– Memory external microSD, up to 64 GB
– Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, MicroUSB v2.0
– GPS
– OS BlackBerry 10
– Tersedia warna hitam dan putih

Kelengkapan:
– Earphone
– Batere Li-Ion 2100 mAh battery
– Kabel Data
– Kepala charger

q10_4

 

Rancangan Desain

Kalau kamu sudah familiar dengan bentuk ponsel BlackBerry versi Bold dan Dakota maka bentuk dari BlackBerry Q10 juga tidak jauh berbeda alias sama. Yaitu dibagian atas terdapat layar (sama dengan Dakota menggunakan layar sentuh) dan dibagian bawahnya adalah keyboard fisik QWERTY. Yang sedikit berbeda adalah susunan keyboard (papan ketiknya) di BlackBerry Q10 tersusun sejajar lurus, tidak melengkung seperti pada Dakota/Bold.

q10_5

Lalu karena era BlackBerry 10 sudah tidak menggunakan Track Pad lagi maka di BlackBerry Q10 untuk tombol-tombol seperti Telpon, Option, Track Pad, Back dan tombol OFF dihilangkan. Mungkin hal ini bisa dirasa kagok bagi pengguna ponsel-ponsel BlackBerry versi OS 5 dan 7. Namun dengan semakin penyederhanaan tombol tersebut membuat pengoperasian ponsel menjadi lebih ringkes (hanya membutuhkan waktu untuk membiasakan untuk menggunakannya).

q10_6

Dibagian belakang sudah menjadi ciri khas juga dari keluarga versi Bold, yaitu menggunakan lapisan yang bermotif. Bila pada Bold edisi pertama menggunakan bahan material bahan kulit, lalu Dakota menggunakan motif karbon maka di BlackBerry Q10 ini juga masih menggunakan motif karbon tentunya dengan bahan material yang lebih lux lagi dan motifnya terselubung hingga ke sisi-sisi pinggir bodi ponsel. Tutup batere bagian belakang dibuat lebih keras dibanding Z10 yang masih dirasa terlalu lentur.

q10_7

 

Layar Dan Tampilan Muka

Hal ini berbeda dengan saudaranya BlackBerry Z10 yang memiliki bidang layar yang begitu luas. Untuk BlackBerry Q10 karena sebagian bidangnya sudah terambil posisi oleh papan ketik QWERTY maka untuk bidang layar menggunakan 3.1″ yaitu lebih besar sedikit dibanding layar Dakota 2.8″. Tipe jenis layar yang digunakan adalah Super AMOLED, sehingga kualitas warna yang dihasilkan begitu sangat kontras, tajam, sangat jelas dan membuat mata betah melihatnya. Selain itu  tulisan-tulisan pun nyaman terbaca. Hingga kita set ukuran huruf (Font) paling kecil yaitu 5, masih jelas untuk dibaca.

q10_8

 

Menu Dan Navigasi

Kembali kita berbicara soal sistem operasi. Bila kamu pengguna BlackBerry Z10 dengan sistem operasi BB10 maka untuk menggunakan BlackBerry Q10 sudah tidak sulit, tetapi bila kamu belum pernah sama sekali menggunakan sistem operasi BB10 sudah pasti perlu waktu untuk membiasakan menggunakannya, sangat berbeda sekali antara sistem operasi BB10 dengan sistem operasi BlackBerry versi 7 atau sebelumnya.

q10_9

BlackBerry Hub adalah tempatnya semua aktifitas BlackBerry ada disini, mulai dari Notifictions, BBM, Text Messages, Email, Calls hingga voicemail. Jadi kalau kita mau melihat ada email masuk atau notifikasi apapun masuk kita tinggal lihat di BlackBerry Hub ini. BlackBerry Hub bisa dilihat dengan cara mengusap layar dari sisi kiri ke kanan (dimulai usapan dari pinggir layar).

q10_10

BB10 sangat dirancang untuk mengelola banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaam. Setiap program yang kita buka, bila kita ingin menutupnya dengan cara mengusap layar dari pinggir bawah ke atas, maka program akan tersimpan dan masih berjalan, bila kita ingin benar-benar menutupkan tinggal tekan tanda silangnya (X). Kemudian untuk menu Setting selain kita dapat menekan icon Setting, kita bisa menarik dari sisi layar bagian atas ke bawah. Untuk membuat folder, prosesnya serupa dengan di iOS-nya Apple, yaitu dengan cara menindihkan icon dengan icon yang lain, maka akan muncul permintaan penamaan foldernya, kemudian icon-icon lainnya tinggal di masukkan ke dalam folder tersebut dengan cara sama yaitu menindihkan icon ke atas folder.

q10_11

Bila ponsel dalam kondisi Stanby, kita dapat menampilkan penampilan sebuah jam analog berwarna merah dimana pada tampilan ini terdapat menu untuk men-setting alarm. Cara menampilkan jam tersebut, cukup usap dari sisi atas layar ke bawah. Dan untuk menutup usap kembali dari sisi layar bawah ke atas. Untuk mematikan ponsel BlackBerry Z10 ini, cukup dengan menekan 3 detik pada tombol dibagian atas yang terbuat dari logam. Kita pun akan melihat indikator 3 detik berjalan bila kita menekan lama tombol on/off tersebut. Yang menarik perhatian juga adalah disaat ponsel BlackBerry OS10 ini dinyalakan, terlihat logo BB yang dikelilingi dengan list border, dimana didalam border terdapat bar yang berjalan menunjukkan sejauh mana proses menyala berjalan, dan bila kamu sentuh dengan jari pada logo BB-nya akan muncul angka persentase, sudah seberapa persen proses menyala berjalan.

 

Komunikasi Data

Di BlackBerry 10 sudah menyediakan fitur Mobile Hotspot dan Internet Tethering, jadi sudah tidak kalah dibanding OS Android maupu iOS-nya Apple. Selain itu BlackBerry 10 juga mendukung fitur NFC dan VPN. Bila operator selular yang kita gunakan mendukung jaringan 4G maka ponsel BlackBerry Q10 sudah mampu untuk hal tersebut. Tak lupa juga koneksi Bluetooth tetap hadir pada ponsel ini. Bahkan di BB10 bila ponsel tidak disertakan simcard, lalu hanya mengandalkan WiFi aja maka aktifitas BB (Messenger, Email, Internet) semua dapat berjalan normal.

 

Kamera

Fitur kamera yang paling ajaib adalah terdapat fitur Mesin Waktu pada kamera ponsel ini. Fitur Mesin Waktu ini berfungsi sebagai pencari moment yang tepat, misalnya kamu foto kekasih kamu namun hasil jepretan kamu terlihat buruk karena mungkin matanya sedang merem atau senyumnya kurang pas, maka dengan fitur Mesin Waktu ini kamu dapat memajukan/memundurkan waktu dari hasil foto yang sudah ada, sehingga kamu dapat membuka mata yang tadinya merem menjadi melek atau senyumnya menjadi lebih pas.

q10_12

Disediakan filter untuk memberikan efek pada hasil-hasil jepretan foto. Caranya buka salah satu foto yang ingin kita beri efek, lalu pilih menu Edit, kamu dapat memodifikasi foto mulai dari memutarkan posisi foto, mengatur pencahayaan (white balance) hingga kepada memberi efek Black and White, Lomo, Antique, Sepia, dsb. Jadi tidak perlu mencari aplikasi tambahan untuk melengkapi kebutuhan kamera pada ponsel ini.

Contoh hasil jepretan:

 

Papan Ketik (Keyboard)

Nah keunggulan utama dari BlackBerry Q10 ini adalah soal papan ketik-nya (QWERTY Keyboard). Yang sedikit frustrasi suka salah-salah mengetik di Z10 kemungkinan akan beralih ke Q10. Kenyamanan mengetiknya senyaman ponsel-ponsel BlackBerry Dakota/Bold versi sebelumnya. Walau susunan papan ketik yang simetris (tidak sedikit melengkung seperti ponsel generasi sebelumnya) tetap membuat nyaman dalam pengetikan. Ini merupakan ponsel BlackBerry generasi BB10 yang pertama menggunakan fisik papan ketik. Penulis seperti dapat memperkirakan bahwa Q10 ini akan lebih laris dibanding Z10. Karena ponsel BlackBerry sejatinya adalah ponse ber-papan ketik.

q10_13

 

Ketersediaan Aplikasi & Game

Walaupun BlackBerry World masih belum banyak menyediakan aplikasi dan game dibanding Android dan iOS, namun sejatinya BlackBerry serius untuk memperbanyak galeri aplikasi dan game yang bermutu, terbukti saat ini game anyar seperti Angry Birds Star Wars dan ChasingYello sudah dapat di unduh dengan gratis dan dapan dimainkan dengan mulus di ponsel BlackBerry Q10 ini.

 

Kesimpulan

Mungkin saja, bila pada awalnya BlackBerry era BB10 meluncurkan Q10 ini bisa jadi Z10 tidak menjadi laris. Karena memang sejatinya BlackBerry adalah ponsel berpapan ketik QWERTY fisik. Ponsel ini merupakan garis keturunan dari Bold/Dakota. Karena BlackBerry Q10 sudah menggunakan OS BB10 maka pengguna Bold/Dakota sebelumnya harus terlebih dahulu membiasakan cara memakainya. Namun cara penggunaannya yang baru ini menjadi lebih praktis dan cepat. Akan menambah pengalaman kamu didalam menggunakan ponsel BlackBerry generasi BB10 (sangat berbeda dengan sistem operasi BB versi 7 maupun 5).

q10_14

Layar Super AMOLED membuat layar BlackBerry Q10 menjadi sangat cerah, tajam dan detil. Memanjakan mata kamu untuk melihatnya. Karena layarnya tidak terlalu besar seperti Z10 maka di Q10 untuk bermain game dan pengambilan gambar oleh kamera menjadi sempit. Terlebih pandangan dan hasil jepretan dari kamera menjadi seukuran layar (tampak segi empat), walau bisa di adjust aspect ratio menjadi 4:3 atau 16:9. Sebagai pecinta dan pengguna ponsel BlackBerry, patut untuk menggunakan Q10 ini, sebagai upgrade dari era Bold/Dakota dan meninggalkan sistem operasi lama BlackBerry veri 7 maupun 5 menjadi BB10 yang membawa segudang pembaharuan.

q10_15

Kelebihan:

+ Desain khas ponsel BlackBerry
+ Papan ketik-nya dicintai pengguna BlackBerry
+ Kualitas layar yang sangat cerah dan tajam

Kekurangan:
– Layar sedikit terasa sempit (tidak lapang)

Galeri Foto:

Video:

29 Responses to Review BlackBerry Q10, Ponsel QWERTY Dengan Layar Super Tajam

  1. opik says:

    BB Q10 sip_lah, update 10.3.2.556 (sept.2015), sudah mulus menjalankan aplikasi android (apk), instal lansung mudah dan muluz.. bravo BB.

  2. mayang says:

    gmn nih..apakah hrganya sdh sebanding dengan kwalitasnya …aku lihat reviewnya kok bnyk yg kurang suka ya… lbh ke android… s4 lbh murah tp kykya spek nya bgusan s4 ya?? monggo admin di jawab ya …

  3. yudi says:

    q10 saya gk bisa baca sim card,ap ya masalahny…..????tq

    • admin says:

      coba pake simcard yang lain bisa gak? coba dengan simcard yang kalo di colok ke handphone lain bisa, kalau udah coba beberapa simcard gak mau juga, berarti ada masalah sama Q10 nya, tukar saja, masih garansi toh?

  4. Riefa says:

    di bb lama saya, di bbm nya saya setting di optio tombol enter untuk page breaks, sedang defaultnya enter itu untuk send, nah option bbm di Q10 disebelah mana ya?

  5. maulana says:

    hargaya mahal mana sama z10

  6. uDin says:

    katanya bbm mo ada di android dan ipun
    bisa kagak laku nih bb

  7. Monika says:

    aq suka yg warna puteh!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *