Review Sony Xperia Z, Ponsel Premium Anti Air Dan Debu

Salah satu vendor ponsel Android yang cukup ambisi adalah Sony. Saat ini Sony akan cukup banyak merilis ponsel-ponsel Android-nya. Pada kwartal tahun ini Sony merilis ponsel pintar papan atas yang bernama Sony Xperia Z, yang digadang dapat menyaingi ponsel pintar sekaliber iPhone maupun seri Galax S. Bagaimana tidak, ponsel dinyatakan cukup tangguh yaitu dapat tahan air dan debu. Ingin bukti? lihat penjelasannya dibawah.

Spesifikasi:

  • Jaringan 2G, 3G, 4G
  • CPU Dual-core 1.5 GHz Krait
  • GPU Adreno 320
  • Dimensi 139 x 71 x 7,9 mm
  • Berat 146 g
  • Layar 1080 x 1920 pixels, 5.0 inches
  • Tipe Layar Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Kamera belakang 13.1 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
  • Kamera depan Yes, 2.2 MP, 1080p@30fps
  • Micro-SIM
  • Memory internal 16 GB storage, 2 GB RAM
  • Memory external microSD, up to 32 GB
  • Komunikasi data GPRS, EDGE, Wi-Fi, Bluetooth, NFC, MicroUSB v2.0
  • GPS
  • OS Android v.4.1.2 (jelly Bean)
  • Tersedia warna hitam, putih dan ungu

Kelengkapan:

  • kain lap
  • Screen Protector
  • Kabel charger
  • Earphone
  • Non-removable Li-Ion 2330 mAh battery

 

Rancangan Desain

Bila kamu menginginkan ponsel yang cukup tipis maka Sony Xperia Z adalah salah satunya, bila kamu ingin memiliki ponsel berwarna hitam legam maka ambilah Sony Xperia Z yang warna hitam, bila kamu ingin memiliki ponsel yang memiliki meterial dari kaca setiap sisinya maka Sony Xperia Z lah pilihan satu-satunya dan bila kamu ingin memiliki ponsel terkini dengan anti air dan debu maka Sony Xperia Z yang memiliki hal itu. Jadi sudah tidak diragukan lagi soal desain dan bentuk dari Sony Xperia Z ini, begitu elegan, tipis, dukungan spesifikasi hardware yang terkini serta tanpa kuatir terkena atau tercelup ke air (dengan batas kedalaman yang ditentukan yaitu sekitar 1.3 meter).

Pantulan bayangan-bayangan dari sisi-sisi kaca ponsel ini membuat ponsel ini terlihat sangat elegan dan barang lux. Disetiap samping sisi-sisinya terdapat bukaan untuk tempat sambungan USB, Earphones, Simcard dan slot Kartu Memori external. Karena ponsel ini dilapisi oleh kaca setiap sisi-sisinya, didalam kotak pembelian disediakan kain lap kecil yang fungsinya tentu untuk dapat membersihkan bercak-bercak tangan yang menempel, rasanya hampir setiap saat saat kita ingin bersihkan agar ponsel selalu terlihat kilau.

Walau ponsel ini kategori ponsel-ponsel tipis, namun wujudnya cukup lebar dan panjang karena mengusung layar 5 inches. Layar yang cukup lebar tersebut membuat bentuk ponsel menjadi lebih memanjang atau melebar dengan bobot yang tidak terlalu ringan.

 

Layar Dan Tampilan Muka

Petama hal penting yang didapat adalah kita akan puas dengan tampilan layar yang cukup besar ini yaitu 5 inches. Lebih puas untuk dioperasikan, untuk melihat galeri foto, memotret, membaca, berinternet hingga bermain game. Dengan spesifikasi hardware yang mumpuni membuat pengoperasian sistem operasi Android Jelly Bean menjadi sangat ringan dan cepat. Tidak ada kata lambat atau tersendat didalam pengoperasian di Sony Xperia Z ini. Usapan geser-geser semua menjadi sangat mulus dan lancar (sangat responsif).

Sony Xperia Z, menyediakan themes khusus dengan pilihan aneka warna dan gambar foto latar belakang yang beragam dan menarik. Di produk Sony Xperia Z ini pada tampilan halaman depan disedikan 4 icon yaitu Walkman, Album, Movies dan Sony Select. Dari menu Walkman tersebut kita bisa melihat Visualizer (efek animasi) dan juga menyeting  kualitas suara seperti Clear Stereo, xLoud, hingga Equalizer Custom. Selain menu Walkman juga ada menu Album yang berisikan galeri foto-foto, dimana penampilannya sangat manis, kita dapat memperbesar dan memperkecil thumbnail-thumbnail hanya dengan jari dengan mudah dan ringan. Dan untuk menu Movies berisikan koleksi video-video kita.

Layar Sony Xperia Z benar-benar memberikan ketajaman warna dan mulusnya setiap usapan dan sentuhan jari. Membuat mata dan jari-jarimu selalu senang mengawasi dan memainkan pinsel Sony Xperia Z ini.

 

Menu Dan Navigasi

Kalau kamu sudah familiar dengan sistem operasi Android, seyogyanya sudah tidak perlu bingung untuk menggunakan ponsel Sony Xperia Z ini karena ponsel ini menggunakan sistem operasi Android versi Jelly Bean. Halaman depan layar bisa kita tambah atau kurangin sesuai keinganan kita. Untuk mencari menu Setting, tarik dari sisi atas layar kebawah dengan jari. Untuk mengganti wallpaper, themes, memasang widgets dan shortcuts program cukup dengan menekan dengan lama di layar, maka nanti akan muncul menu seperti widgets, wallpeper dsb-nya.

 

Anti Air dan Debu

Nah, mungkin fitur anti air dan debu ini merupakan fitur yang sulit didapat dari ponsel lain. Sony Xperia Z dapat melakukan hal itu. Tutup rapat-rapat semua lubang micro sd, micro usb, jack earphone dan slot simcard, celupkan Sony Xperia Z kedalam air atau disiram dengan air, maka ponsel tidak akan kenapa-napa, bahkan ponsel sedang menyala atau bahkan sedang memutar film pun tidak akan masalah walau di celup kedalam air.

Bila di siram air dari atas ke sisi layar, maka saat air menyiram layar si ponsel terlihat berganti-ganti tampilan, namun hal ini baik-baik saja. Dan bila sehabis ponsel ini dicelupkan kedalam air atau di siram air jangan lupa untuk membersihkan air dari celah-celah speaker, sebab bila masih ada gumpalan air maka suara tidak begitu nyaring karena tertutup air, kamu bisa meniupnya.

 

Kamera

Dengan kamera belakang berkekuatan 13 MP kualitas foto yang dihasilkan sangat tajam dan jelas. Responsifnya cukup cepat. Tersedia menu-menu pilihan setting:

  • Superior auto
  • Normal
  • Video camera
  • Burst
  • Picture effect (Nostalgic, Miniature, Vivid, Filter, Fisheye, Sketch, Partial color, Harris shutter, Kaleidoscope)
  • Sweep Panorama
  • Scene selection (Soft skin, Soft snap, anti motion blur, landscape, backlight correction HDR, night portrait,night scene, hand-held twilight, high sensitivity, gourmet, pet, beach, sports, document dan fireworks).
  • Front camera
  • Front videp

 

Power Management

Ponsel ini memiliki fitur khusus untuk mengelola pemakaian baterai agar bisa jauh lebih hemat. Masuk dari menu Setting untuk menemukan menu Power Management. Didalam menu ini pada sisi atas akan menampilkan estimasi berapa lama lagi ponsel akan kehabisan baterai. Kemudian ada pilihan penghematan penggunaan baterai diantaranya ada STAMINA mode, Low battery mode dan Location-based Wi-Fi. Sebagai contoh bila kita mengaktifkan STAMINA mode,  maka disaat layar mati semua aktifitas komunikasi data akan non-aktif juga, sehingga tidak ada komunikasi data yang berjalan disaat layar sedang mati, dan bila layar kita nyalakan secara automatis komunikasi data akan menjadi aktif dan mengerjakan aktifitas online (seperti menarik pesan Whatsapp, BBM, Twitter, dsb).

 

Kesimpulan

Sony Xperia Z merupakan salah satu smartphone kelas premium, begitu juga menurut pengakuan Sony bahwa ponsel ini sekaliber bahkan diatas nya iPhone. Langsung to the point saja, bahwa keunggulan ponsel Sony Xperia Z ini adalah desainnya yang sangat elegan dimana casingnya dilapisi oleh kaca disemua sisi-sisinya, kemudian memiliki kemampuan tahan air serta memiliki fitur Power Management yang dapat meminimalisir pemakaiakan baterai. Terlebih juga kamera dengan 13 MP nya tidak diragukan lagi hasil kualitasnya.

Memiliki ponsel Sony Xperia Z sama hal dengan memiliki ponsel terkini yang fiturnya komplit dengan kualitas premium. Yang kamu dapat benar-benar wah dari sebuah karya Sony terhadap ponsel pintarnya. Ponsel ini juga sangat cepat didalam pengoperasiannya, semua serba ringan (tidak ada tersendat-sendat). Dengan kata lain bila kamu meminang Sony Xperia Z ini tidak ada kata rugi.

Kelebihan:
+ Desain elegan, semua sisi dilapisi kaca
+ Anti air dan debu
+ Terdapat fitur Power Management

Kekurangan:
– Layar dalam pandangan miring, menjadi terlihat kurang cerah/tajam.
– Debu mudah melekat pada layar kaca, walau dapat di bersihkan dengan sapu jagat air

 

Galeri Foto

.

9 Responses to Review Sony Xperia Z, Ponsel Premium Anti Air Dan Debu

  1. dave says:

    Model yahud, tampilan bonafide, kinerja oke, sayang….. belom pakai Corning gorilla glass – 2 yang anti gores, padahal touch screen, kudu hati2 dah makenya….

  2. Bobby says:

    skarang harga handphone mahal mahal ya , xperia z 7.5jt!

  3. AA' KOMENG says:

    lagi heboh neh hape
    tetangga sbelah malah dipejengin ama model di kolam
    min jgn mo kalah, pegengin sama model yg lebih sexy!
    haaaaaaaa

  4. Bobby says:

    bli gak ya bli gak ya bli gak ya bli gak ya bli gak ya bli gak ya bli gak ya bli gak ya . . . . . . . .

  5. susiana says:

    ini dia hape yg sayah pengen dari dulu hape anti air biar kena ujan jg gakpapa thanks infona

  6. Ayam says:

    belinya dimana? kok di counter sony kagak ada?

  7. andro id says:

    bung admin tolong di tes di celup ke comberan doong
    qiqiqiqiq……..

  8. Ayam says:

    mauuuuuuu mauuuuuuuu tapi mahaaaalllllll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *