Review iPad mini, Ringan, Tipis dan Praktis

Pada akhirnya mau tidak mau Apple harus mengikuti animo pasar, banyaknya gempuran tablet pc berukuran kecil yang cukup laris manis dipasaran. Demi menjaga tetap memegang market tablet pc terbesar Apple melengkapi produk tablet pc nya dengan merilis iPad berukuran kecil yang disebut dengan iPad mini. Di bandrol dengan harga resmi mulai 3 jutaan dengan kapasitas 16GB. Walau banyak pengamat menilai harga sebuah iPad mini masih dirasa cukup mahal, namun Apple yakin dengan harga tersebut sepadan dengan apa yang didapat dari kemampuan iPad mini.

Spesifikasi:
– CPU Dual-core 1 GHz Cortex-A9
– Chipset Apple A5
– Dimensi 200 x 134.7 x 7.2 mm
– Berat 308 g
– Ukuran layar 768 x 1024 pixels, 7.9 inches
– Jenis layar LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
– Proteksi layar Oleophobic coating
– Memori 512 MB RAM
– Kapasitas 16/32/64 GB
– Koneksi data WiFi dual-band, Bluetooth, USB
– Kamera belakang 5 MP, 2592×1944 pixels, autofocus
– Kamera depan 1.2 MP, face detection, FaceTime over Wi-Fi
– OS iOS 6
– Standar baterai Li-Po (16.3 Wh)

Kelengkapan:
– Kabel data
– Adaptor Charger

Rancangan Desain

Bentuk dan modelnya hampir senada dengan model iPad pada umumnya, hanya saja pada pinggiran tepi dari tablet pc ini di desain lebih indah dan cantik untuk dilihat. List pinggiran terdapat chrome yang mengkilat. Tombol ‘Escape’ nya terasa mungil dan lembut untuk ditekan. Dengan ukuran bodi yang lebih ramping, tipis dan ringan membuat iPad mini sangat nyaman dipegang, serasa tablet pc ini benar-benar praktis untuk digunakan, tidak memberatkan bawaan. Konektor Lightning membuat perangkat ini semakin ringkes (tidak sesulit memasukkan kedalam lubang konektor, dan tidak perduli posisi terbalik atau tidak).

Layar Dan Tampilan Muka

iPad mini mengusung layar berukuran 7.9″. Berbeda dengan generasi iPad pertama hingga ke keempat yang mengusung layar 9.7″. Dengan ukurang yang lebih kecil (mini) ini membuat iPad mini tidak serta kehilangan jarak pandang yang menyusahkan mata. Walau layar kecil namun pandangan mata tetap terasa nyaman. Kalau boleh membandingan dengan tablet-tablet pc yang beredar besutan Android ada yang menggunakan layar 7″ dan 10.1″, dimana perbedaan jenis layar tablet pc tersebut terasa kesenjangan pada pandangan mata, yang mana mengakibatkan bila sudah terbiasa dengan layar 10.1″ beralih ke 7″ akan terasa kurang nyaman dengan pandangan mata. Di New iPad dan iPad mini, keduanya tetap membuat nyaman pandangan mata kita.

Lagi-lagi banyak yang meragukan layar iPad mini yang tidak menyertakan kualitas layar retina display. Penulis menjajalnya dari awal pertama kali dibuka hingga saat ini artikel ditulis, penulis tidak merasakan ketidak nyamanan, semua dirasa baik-baik saja, bahkan didalam bermain game Need For Speed Most Wanted yang  terbaru tetap sangat terhibur dengan kualitas gambarnya yang tetap tajam.

Kamera

Sebagai tablet pc berukurang kecil dengan memiliki kamera belakang 5 MP dan kamera depan 1.2 MP sudah lebih dari cukup. Kamera disini sudah memiliki fitur auto focus dengan tab. Namun belum disertai fitur panorama seperti pada iPhone 5.

Kecepatan Dan Koneksi Data

Dengan mengusung processor dual-core (chipset A5) memang tidak sekencang iPad generasi 4 atau bahkan iPhone 5 yang sudah menggunakan processor quad-core. Namun lagi-lagi untuk sebuah iPad mini dengan processor dual-core sudah sangat mumpuni. Bermain game sangat berjalan mulus, browsing internet begitu lincah. Dengan memiliki koneksi data Wifi dengan dual-band membuat jangkauan Wifi menjadi lebih luas dan stabil.

Kesimpulan

iPad mini diciptakan oleh Apple untuk melengkapi segmen pasar, yang sebenarnya tidak ada rumus iPad dibuat versi ukuran layar kecil. Namun gempuran kompetisi ranah komputer tablet begitu merebah, sehingga pada akhirnya Apple merilis komputer tablet dengan ukuran kecil yang disebut iPad mini. Banyak praduga harga yang dipatok tidak tergolong murah, namun setelah penulis mencobanya untuk harga yang di bandrol adalah harga yang pas. iPad mini berukuran layar lebih kecil yaitu 7.9″ dibanding iPad biasa yang layarnya 9.7″ keduanya dipakai sangat nyaman, tidak ada pengaruh terhadap kenyamanan jarak pandang. Apple benar-benar dapat meramu produk yang baik.

Bagi kamu yang tidak ingin membawa sebuah komputer tablet yang berat, dan ribet dengan bawaan, maka iPad mini adalah solusinya. iPad mini berparas mungil, ringan dan tipis, sehingga membuat iPad mini sangat nyaman sekali untuk dibawa/tenteng. Penggunaannya pun dapat nyaman seperti untuk melakukan browsing internet, bermain game, berkerja membalas email bahkan hingga menonton film/video. Koneksi Wifi yang memiliki dual-band membuat jangkauan Wifi yang diterima lebih luas dan lebih stabil.

Layar bukan retina display bukanlah suatu masalah yang berarti, dengan layar yang diusung iPad mini saat ini sudah lebih dari cukup. Dapat menampilkan grafis yang indah, bermain game dengan mulus. Dengan tersedianya kapasitas 16Gb, 32Gb dan 64 GB dapat menyesuaikan pilihan atas kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk membeli aksesoris pelindung bodi iPad mini agar tidak lekas baret dan mempertahankan dari benturan. Satu hal lagi yang perlu diketahui adalah mengenai penggunaan baterai, iPad mini benar-benar sangat irit didalam menyerap daya baterai, sehingga kamu akan merasakan bermain dengan iPad mini dalam waktu yang lama dan penggunaan baterai-nya tidak lekas habis (alias sangat awet).

Lihat galeri foto:

 

Lihat video:


Kelebihan:
+ ringan, tipis dan praktis
+ batere tahan lama

Kekurangan:

13 Responses to Review iPad mini, Ringan, Tipis dan Praktis

  1. fais says:

    dari mana seh ipad applet di ciptakan

  2. Reztu says:

    ada saran gak mending beli ipad mini ato ipad yg gede ? gw baru pertama kali mo beli ipad, truzz sama tablet samsung bgs mana pula ?

    • putra says:

      JANGAN PERNAH BELI TABLET SAMSUNGUNG ATAU ANDROID LAINYA.

      semuanya sampah, sering lag, ga sensitif. padahal speknya udah 3x ipad mini. kcckkckckkck

  3. Arianro says:

    abang ane baru beli tuh
    keren ane suka pinjem

  4. GadgetShop says:

    Yang minat ipad mini pm me ya, ready stock

  5. uni says:

    bakalan jadi hadiah natal gw neh nanti

  6. xeroxman says:

    bikin ngiler gan
    nunggu ipad mini nyang retina dplay aja

  7. WayanG says:

    keren ipad mininya

  8. andro id says:

    nah kalo ipad mini gw kayaknya bakal doyan walao gw pecinta andro, btw tunggu harga resmi aje belinya

  9. SIng Lee says:

    gw mo tuker ipad sama mini
    ipad gw berasa berat nenteng kmn2

  10. roedi says:

    beli eceran di indo masih mahal euy
    ada yang mo ke singapur? nitip yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *