Review: Sony Xperia Sola (MT27i) Dengan Layar Sentuh Tanpa Menyentuh Layar

Belum lama ini Sony akan merilis ponsel pintar yang imut dan unik yaitu Sony Xperia Sola. Ponsel ini tidak digolongkan ponsel pintar dengan layar lebar, melainkan cukup dengan mengusung layar dengan 3.7 inches tapi ponsel ini dilengkapi fitur Floating Touch dan SmartTags yang menjadikan ponsel ini memiliki fitur yang unik.

Spesifikasi:
– CPU Dual-core 1 GHz Cortex-A9
– GPU Mali-400
– Dimensi bodi 116 x 59 x 9.9 mm
– Berat 107 gr
– Ukuran layar 480 x 854 pixels, 3.7 inches
– Jenis layar LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
– Proteksi layar Scratch-resistant glass
– Memori internal 8 GB (5 GB user available), 512 MB RAM
– Memori external microSD, up to 32 GB
– Koneksi jaringan 2G/GSM/GPRS/EDGE, 3G/HSDPA
– KOneksi data WiFi, Bluetooth, NFC, USB
– Kamera belakang 5 MP, 2592?1944 pixels, autofocus, LED flash
– Fitur kamera Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, 3D sweep panorama, image stabilization
– OS Android OS, v2.3 (Gingerbread)
– GPS
– Baterai Li-Ion 1320 mAh

Kelengkapan:
– Kabel data
– Charger
– Earphones
– 2 Smart Tags


Casing Dan Rancangan Desain

Ponsel ini tersedia warna hitam, putih dan merah. Desain dari Sony Xperia Sola MT27i bisa dibilang unik, karena terlihat dua lapis pada bodinya, lapisan bawah (yg tersedia 3 warna) merupakan bodi utamanya, lalu ada lapiran atas yang merupakan sebidang layar berwarna hitam, bidang layar ini tidak menutup penuh pada lapisan bodi bawah, sehingga dibagian bawahnya terdapat celah yang dapat memberikan rembesar cahaya dari dalam layar.

Ponsel ini menggunakan baterai internal (baterai yang tidak bisa dilepas/copot seperti pada umumnya ponsel). Bagian belakang casing kita dapat membukanya dengan mudah dengan mendorong keatas. Setelah melepaskan casing (penutup bodi) bagian belakang disitu kita dapat memasukan kartu simcard ukuran normal, dan disediakan juga slot untuk memasukkan kartu memori eksternal.

Pada bagian belakang bodi ponsel ini, terdapat kamera dengan sensor 5MP dan disertai LED Flash. Lalu terdapat stiker NFC yang menunjukkan bahwa ponsel sudah mendukung koneksi NFC yang tujuannya salah satunya untuk  dapat menggunakan Smart Tags (kostumisasi profil secara automatis). Lalu dibagian bawah terdapat loudspeaker. Disamping kiri dan kanan terdapat tombol ON/OFF, pengeras suara, tombol kamera dan micro USB. Di sisi atas terdapat lubang jack untuk earphones.

Bodi ponsel Sony Xperia Sola terbuat dari plastik doff. Nyaman dan mantap untuk di genggam, bahan material casing sangat baik sehingga disain yang ramping imut ini terlihat sangat manis. Dengan dimensi 116 x 59 x 9.9 mm dan berat 107 gr membuat ponsel ini sangat pas di tangan dan cukup ringan.



Layar Dan Tampilan Muka

Pada saat dinyalakan, tampilan pertama adalah berupa Screen Lock, yang dapat kita geser. Kemudian tampilan antar muka sistem operasi Android (masih Gingerbread). Pada bagian latar belakang antar muka terlihat dibagian tengah terdapat gelombang-gelombang yang bergerak pelan. Nah gelombang ini dapat bergerak menjadi bergejolak apabila jari kita mendekat ke layarnya (tidak perlu jari sampai tersentuh layar). Disinilah keunikan dari ponsel Sony Xperia Sola, yang memiliki fitur ‘Floating Touch’, dimana jari kita mendekat ke layar tanpa perlu sampai tersentuh namun layar sudah memberi respon.

Gelombang-gelombang animasi ini dapat kita sesuaikan warnanya, caranya dengan merubah settingan ‘Themes’ nya. Kita dapat memilih dengan warna pink, merah, cream, biru, hijau, cyan dan putih. Cara menyettingnya dengan menekan sedikit lama pada layar, maka akan muncul pilihan untuk merubah Themes. Widget untuk Galeri, sangat menarik kita dapat memutar scroll atas-bawah.



Kamera

Kamera yang diusung dengan sensor 5 MP memang terlihat tidak mewah, tapi hasil dari kameranya sudah lebih dari cukup. Sudah dilengkapi dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face and smile detection dan image stabilization. Namun disayangkan tidak adanya kamera depan.

Fitur-fitur kamera lainnya:
– Mode: Normal, 3D Sweep Panorama, Sweep Multi Angle, Speep Panorama
– Scenes: Portrait, Landscape, Night Scene, Night Portrait, Beach and snow, Sports, Party, Document
– Flash: Auto, Fill Flash, Red-eye reduction

Fitur-fitur Unik

1. Floating Touch
Dengan adanya fitur Floating Touch, memungkinkan kita untuk mengoperasikan ponsel dengan sentuhan jari ke layar namun jari tidak perlu sampai menempel pada layar (cukup mengapung diatas layar saja). Fitur Floating Touch ini bisa kamu coba disaat ponsel sedang stanby pada halaman muka, maka gelombang animasi pada layar dapat kamu gerak-gerakan dengan mendekatkan jari kamu ke layar (tanpa sampai bersentuhan). Lalu bila kamu membuka browser internet lalu membuka suatu situs, maka tampilan link-link menu dapat aksikan dimana bila jari mendekat ke layar maka link-link menu tersebut dapat berubah warna (jari kita bagaikan mouse yang melintasi link-link menu tersebut).

2. Smart Tags
Fitur ini menggunakan fasilitas koneksi NFC (Near Field Communication), settingan NFC terlebih dahulu harus dalam kondisi ON (menyala). Lalu alat Smart Tags di tempelkan pada bagian belakang ponsel (yang bertuliskan NFC) maka ponsel langsung mengenali alat Smart Tags tersebut. Guna Smart Tags tersebut adalah mengatur profil pada ponsel secara automatis. Setiap pembelian Sony Xperia Sola diberikan sepasang alat Smart Tags (2 buah, berwarna hitam dan merah). Kedua alat Smart Tags tersebut dapat kita kostumisasi profil sesuai keinginan kita.

Settingan kostumisasi yang dapat kita atur adalah:
– Bluetooth (On, Off, Toggle)
– Open URL (http:// )
– Play tracks (Play, Pause, Play track)
– Send test message (Number, Select phone number, Message)
– Set wallpaper (Select wallpaper..)
– Sound mode (Normal, Silent, Loud)
– Start application (Select application..)
– Text to speech
– Wi-Fi (On, Off, Toggle)
– Wi-Fi hotspot (On, Off, Toggle)


Kualitas Suara Musik

Hal ini juga merupakan salah satu andalan dari ponsel Sony Xperia Sola. Dimana kualitas suara musik yang dihasilkan sangat bagus untuk didengar, baik didengar dengan menggunakan loudspeaker maupun menggunakan earphones. Kualitas suara dapat diatur melalui Equalizer secara manual atau memilih settingan jenis musik Rock, Pop, Jazz, Unique, Soul, Easy listening, Bass boost, Treble boost. Bagi yang mendengarkan musik dengan earphones ada settingan untuk Surround (Studio, Club atau Concert hall) dimana hasil kualitas suaranya benar-benar sangat “wah”. Bass nya begitu dapat terasa mendentum dan suara-suara efek yang dapat mengelilingi suasana.

Dari halaman musik, disediakan juga link untuk mencari lagu atau video melalui YouTube, PlayNow, mencari informasi artis melalui Wikipedia, mencari lirik lagu melalui Google hingga mencari lagu karaoke di YouTube. Penulis memberi sugesti jempol terhadap kualitas suara yang dihasilkan dari ponsel Sony Xperia Sola ini.

Kesimpulan

Bila kamu sedang ingin mencari suatu ponsel yang mungil, ringkes dan unik, bisa kamu coba gaet Sony Xperia Sola ini. Karena ponsel ini sangat nyaman digunakan, bentuknya yang tidak terlalu besar sangat pas untuk di genggam. Fitur Floating Touchnya memberikan pengalaman tersendiri kepada usapan-usapan jari kamu yang mengambang diatas layar ponsel. Begitu juga dengan Smart Tags-nya yang dapat mengkonstumisasi profil ponsel kamu. Selain itu beberapa widget seperti Galeri Foto dan Video tampak menarik dan atraktif. Dan untuk kualitas suara musik pun sangat memanjakan dan memuaskan pendengaran kamu.

Kelebihan
+ Fitur Floating Touch
+ Smart Tags
+ Kualitas suara musik bagus

Kekurangan
– OS masih Android Gingerbread
– Tidak ada kamera depan

Lihat videonya:

17 Responses to Review: Sony Xperia Sola (MT27i) Dengan Layar Sentuh Tanpa Menyentuh Layar

  1. Adinda says:

    Internetnya og lemot :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>