Memilih Kamera Digital: Kamera Pocket, Kamera Ponsel, Kamera Camcorder atau Kamera DSLR?

Kamera saat ini sudah menjadi perangkat yang dibutuhan banyak orang, begitu banyak macam kamera yang tersedia di pasaran. Bagi yang memiliki pengetahuan awam mengenai kamera dan ingin membelinya, bisa menyimak artikel ini, agar kamera yang akan didapat menjadi sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Kamera terdiri dari banyak kategori, didalam artikel ini kamera kita coba bagi menjadi empat kategori yaitu kamera pocket, kamera ponsel, kamera camcorder dan kamera digital slr.

Nah dari beberapa kategori kamera tersebut, kamu bisa memilih, kategori kamera mana yang cocok untuk kamu, sehingga kamu tidak salah untuk membelinya. Yang menjadi faktor penting adalah bukan sebuah kamera yang mahal serta memiliki fitur lengkap yang menjadi terbaik, melainkan kamera yang dapat menunjang kebutuhan kamulah yang terbaik, maka kamera pilihan tersebut akan bermakna untuk digunakan. Berikut kriteria dari kategori-kategori kamera:

Kamera Pocket (Saku)

  • Bodi & Desain, sudah dipastikan kebanyakan dengan bodi dan ringan dan tipis, karena namanya kamera pocket yang tujuan dapat dibawa-bawa dengan mudah di simpan di kantong/saku.
  • Fitur & Rancangan. telah dirancang dengan sistem yang sudah serba otomasi. Siapapun bisa menggunakan kamera ini, hanya cukup mengetahui cara menyalakan lalu men-jepret-nya, maka foto sudah bisa didapat dengan hasil yang tidak jelek. Dan juga hampir dipastikan sebuah kamera pocket juga dapat menghasilkan video dengan kualitas yang cukup baik. Lalu dengan beberapa fitur tambahan seperti deteksi wajah, deteksi senyuman, pengaturan fokus, anti shake, pengaturan waktu jepret, white balance hingga iso juga merupakan nilai tambah yang bisa dimiliki dari sebuah kamera pocket/saku.
  • Sensor & Lensa, sensor serta lensa yang digunakan pada jenis kamera ini memiliki keterbatasan, sensor yang tidak dapat terlalu   besar tentunya daya penangkapan gambar juga tidak dapat besar. Begitu juga dengan lensa, pada umumnya lensa   yang digunakan tidak terlalu wide dan kemampuan zoom nya juga sangat terbatas. Namun tidak perlu risau walau terdapat keterbatasan pada daya sensor dan kekuatan lensa, hasil foto yang didapat sudah cukup mumpuni dan indah juga untuk dilihat. Pada jarak yang proposional kamera pocket juga dapat menghasilkan gambar yang aduhai bagus. Saran penulis, saat artikel ini dibuat, gunakan kamera pocket yang memiliki sensor minimal 10MP untuk mendapatkan   hasil foto yang tidak mengecewakan dan senang untuk dilihatnya.
  • Penggunaan, karena kamera pocket ini memiliki ukuran bodi yang kecil, ramping, ringan dan tipis membuat kamera ini sangat menjadi serba mudah dan praktis untuk dibawa maupun digunakannya. Kamera dimasukkan kedalam kantong, disaat   diperlukan tinggal mengeluarkan dari kantong dengan cepat. Hal ini sangat cocok untuk digunakan hampir kepada semua golongan, mulai dari remaja hingga wong tuo pun sangat menyenangkan ber-foto menggunakan kamera pocket. Acara-acara keluarga, sekolah, kampus, kumpul-kumpul, mejeng, bahkan untuk urusan travelling pun kamera banyak digemari. Tidak perlu pusing, repot, tinggal bawa, jepret-jepret sesuka hati.

Bodi & Desain         : * * * * *
Fitur & Rancangan  : * * *
Sensor & Lensa      : * * *
Penggunaan           : * * * * *
Komersil                  : * *

Kamera Ponsel

  • Bodi & Desain, bodi sudah pasti harus nyaman didalam genggaman, karena kameran ponsel juga layaknya dapat untuk digunakan sebagai telpon dan alat komunikasi mobilitas. Automatis bentuk kamera ponsel juga sangat mudah untuk dibawa-bawa.
  • Fitur & Rancangan, hampir semua ponsel yang menyandang kategori ponsel pintar (smartphone) memiliki kamera untuk dapat mengambil gambar dan juga video. Dikarenakan fitur kamera adalah merupakan sarana pelengkap dari ponsel maka fitur dari kamera pada umumnya tidak terlalu banyak settingan.
  • Sensor & Lensa, sejauh artikel ini dibuat, sensor kamera yang digunakan ponsel-ponsel beraneka ragam mulai dari 3.15MP, 5MP, 8MP   hingga 10MP dan 12MP. Dengan kamampuan lensa yang dapat melakukan zoom juga. Fakor yang perlu diperhatikan untuk memilik kamera ponsel adalah yang dilengkapi dengan Auto Focus menjadi peranan, karena hasil foto yang didapat akan menjadi lebih tajam, terutama bila ingin mengambil gambar dengan subyek jarak dekat. Saran penulis ambil kamera ponsel yang menggunakan sensor mulai dari 5MP keatas untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Kamera   ponsel juga dapat untuk merekam video.
  • Penggunaan, selain karena bentuk dari ponsel-ponsel yang memiliki bodi kecil dan mudah untuk disimpan dalam saku, kamera ponsel juga merupakan cara cepat untuk mengambil gambar untuk suatu moment (saat-saat) tertentu, tinggal keluarkan ponsel dari saku lalu nyalakan kamera dan tinggal jepret. Kamera ponsel juga paling tepat untuk digunakan untuk meng-update foto-foto di jejaring sosial internet seperti Facebook, Twitter, Blog dan Messenger seperti BlackBerry Messenger dan sebagainya.

Bodi & Desain        : * * * * *
Fitur & Rancangan : * *
Sensor & Lensa      : * * *
Penggunaan           : * * * * *
Komersil                 : * *

Kamera Camcorder

  • Bodi & Desain, bentuknya bisa menjadi lebih besar dari kamera poket, karena pada umumnya bentuknya terdapat lipetan layar LCD. Handucam sedikit agak sulit untuk ditaruh kedalam saku, karena bentuknya kebanyakan memang tidak dirancang   untuk dapat masuk kedalam saku/kantong baju maupun celana.
  • Fitur & Rancangan, serupa dengan kamera ponsel, kamera pada camcorder adalah sebagai penunjang saja, maka tidak terdapat banyak settingan yang dapat dilakukan.
  • Sensor & Lensa, sensor yang digunakan juga banyak beragam, sama seperti kamera ponsel. Dan biasanya karena fitur anti goncangan juga terdapat pada camcorder.
  • Penggunaan, pada saat kamu ber-travelling, kebanyakan camcorder menjadi alat perekam video dan gambar yang banyak digunakan. Sebagian orang lebih memiliki praktis dengan membaca camcorder sebagai alat pengabadian video dan gambar foto sekaligus.

Bodi & Desain        : * * * *
Fitur & Rancangan : * *
Sensor & Lensa     : * * *
Penggunaan          : * * * *
Komersil                 : * *

Kamera Digital SLR (DSLR)

  • Bodi & Desain, dari bentuknya adalah yang paling besar dari kamera pocket, kamera ponsel maupun kamera camcorder. Sebuah kamera DSLR banyak hal yang dapat dilakukan seperti gonta-ganti lensa hal ini yang membuat salah satu penyebab bodi menjadi lebih besar dan bongsor.
  • Fitur & Rancangan, tapi dibalik bodi yany besar, bongsor dan berat, mengandung fitur yang sangat lengkap untuk keperluan fotografi. Kalau berbicara lebih teknis, maka kita dapat mengatur kecepatan dan bukaan diafragma sesuai kebutuhan kita. Pengaturan berbagai jenis Auto Focus, White Balance, ISO, dan sebagainya dapat kita lakukan pada kamera DSLR.
  • Sensor & Lensa,  kamera DSLR adalah yang terbaik dalam hal sensor & lensa dibanding kamera pocket, kamera ponsel maupun kamera camcorder. Sensor dapat mencapai 32MP, lalu lensa dapat kita pergunakan sesuai kebutuhan, tersedianya berbagai jenis lensa wide,   tele, macro, dan sebagainya.
  • Penggunaan, seni fotografi sangat bisa diterapkan pada kamera DSLR, kualitas foto yang sangat baik, format file yang mendukung untuk dicetak versi besar. Menggunakan kamera DSLR bukan merupakan hal yang praktis, tapi dengan sesuatu yang bisa dikatakan merepotkan ini bisa menghasilkan hasil foto yang jauh lebih baik dari kategori kamera yang telah disebutkan diatas. Kamera DSLR sangat cocok untuk digunakan acara-acara besar seperti pernikahan, konser, travelling, model, pemandangan, interior/exterior bangunan hingga ke subyek kecil-kecil serangga dan sebagainya. Hasil foto yang diciptakan dapat dikomersialkan.

Bodi & Desain        : * * *
Fitur & Rancangan : * * * * *
Sensor & Lensa     : * * * * *
Penggunaan          : * * * * *
Komersil                 : * * * * *

Kesimpulan

Pada akhirnya memilih kamera adalah tergantung kebutuhannya, kamu ingin butuh untuk dapat menghasilkan foto yang biasa-biasa saja asal bagus dan cukup baik untuk di cetak, maka pilihan bisa menggunakan kamera pocket, selain juga cocok untuk acara- acara keluarga, ngumpul-ngumpul barang temen dan travelling. Bila kamu ingin menggunakan kamera pocket saran penulis ambil dengan sensor minimal 10MP. Lalu dengan semakin maraknya ponsel-ponsel pintar juga peranan kamera ponsel tidak bisa dianggap remeh, kualitasnya juga dapat menandingi kamera-kamera pocket. Kamera ponsel sangat cocok untuk travelling dan juga meng- update foto-foto di jejaring sosial internet dan messenger. Dan walau sebuah camcorder juga dapat menghasilkan foto, namun untuk kemampuan foto tidak terlalu diutamakan, dan juga untuk penggunaannya juga tidak dapat sepraktis kamera pocket dan kamera ponsel yang dapat mengambil gambar dengan cepat, lincah dan gesit. Saran penulis untuk kamera ponsel ambil yang memiliki sensor minimal 5MP keatas. Bagaimana dengan kamera DSLR? kategori kamera DSLR adalah kategori kamera yang bisa dikatakan kamera yang cukup ribet. Selain bentuknya yang besar, berat dan bongsor harus menggunakan tas khusus untuk membawanya kemana-mana, tidak dapat dimasukkan kedalam saku. Cara penggunaannya juga tidak sepraktis kamera pocket dan kamera ponsel, tapi yang menjadi hal istimewa bagi kamera DSLR adalah dengan sensor dan lensa yang sangat bagus dapat menyerap sinar dan mengambil gambar paling baik. Untuk melakukan zoom menggunakan jenis lensa tele dapat membidik subyek dengan baik dan tidak mengurangi kualitas ketajaman gambar foto. Mengambil gambar dengan minim sinar (cahaya) pun masih dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik. Selama lensa mendukung segala medan area dapat diambil gamabar dengan baik, pemadangan yang luas, subyek yang jauh, subyek yang dekat, foto malam hari, foto kecepatan tinggi, dan sebagainya hanya bisa dilakukan dengan baik oleh kamera DSLR.

Lihat video:

6 Responses to Memilih Kamera Digital: Kamera Pocket, Kamera Ponsel, Kamera Camcorder atau Kamera DSLR?

  1. WayanG says:

    zaman sekarang fotografi udah merambah ke gaya kehidupan kita semua gak anak muda, ibu2, siapa aza deh, ditambah jejaring sosial makin penuh aja sama foto2

  2. mitrodadi says:

    nice info gan

  3. Buah APPLE says:

    dah pada cobain iphone pake instagram?
    kalo blum cobain deh ntar bikin doyan moto2

  4. meimei says:

    mo tanya, aku suka bgt sama fotografi, mamaku udah kasih izin utk bli kamera slr,canon 550d bgs ga? temenku bilangnya gt

    • admin says:

      kamu masih skul ya? hehe
      ya kamu bisa coba canon 550D sebagai langkah pertama untuk mengenal kamera digital slr, bodinya juga tidak terlalu beratm tipe 550D adalah tipe untuk hobi, nanti kalo kamu udah mahir kamu bisa upgrade ke 60D, 7D atau 5D hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *