Review: Nokia Lumia 800, Bentuk Desain Solid, Nyaman Di Genggam & Manis

Kamu melupakan Windows Phone? atau bahkan kamu belum tahu Windows Phone? Pada tahun lalu Microsoft merilis sistem operasi yang bernama Windows Phone (penerus dari generasi OS Windows Mobile). Windows Phone merupakan sistem operasi yang benar-benar total berbeda dari Windows Mobile. Pertama peluncurannya diberi nama Windows Phone 7, tahun ini Miicrosoft merilis versi lanjutannya yang bernama Windows Phone 7.5 Mango. Didalam versi WP 7.5 Mango ini terdapat banyak sekali penyempurnaan dari versi sebelumnya, sehingga bisa dikatakan WP 7.5 Mango ini sudah layak sebagai sistem operasi tangguh untuk jajaran sistem operasi yang digunakan pada perangkat-perangkat smartphone (ponsel pintar).

Kenapa Windows Phone 7.5 Mango bisa dikatakan sebagai sistem operasi tangguh? karena fitur-fitur yang dimiliki saat ini sudah dapat bersaing dengan kawan-kawan sejawatnya (iOS Apple, Android maupun BlackBerry). Untuk ketersediaan aplikasi dan game pun sudah cukup banyak dan layak diandalkan, serta tak kalah menarik aplikasi & game yang disediakan oleh Marketplace-nya Windows Phone. Terlebih sekarang terdapat fitur Maps yang dapat diandalkan disaat kita berkendara dan fitur Maps ini disediakan dengan gratis, kita dapat mengunduhkan sesuai negara yang kita tempati.

Didalam debut pertama memperkenalkan Windows Phone 7.5 Mango ini Microsoft menjalin kerjasama erat dengan vendor terkemuka Nokia. Salah satu produk debutnya adalah Nokia Lumia 800. Hal ini benar-benar baru bagi Nokia yang sebelumnya mengusung sistem operasi Symbian, namun saat ini mem-fokuskan dengan sistem operasi besutan Microsoft yaitu Windows Phone. Apa yang menarik dari smartphone Nokia Lumia 800? simak ulasan kami dibawah ini.

Spesifikasi:

  • CPU 1.4 GHz Scorpion, Qualcomm MSM8255 Snapdragon
  • Dimensi 116.5 x 61.2 x 12.1 mm
  • Berat 142 g – Layar AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran layar 480 x 800 pixels, 3.7 inches, Multitouch
  • Proteksi layar Corning Gorilla Glass
  • Nokia ClearBlack display
  • Memori internal 16 GB, 512 MB RAM
  • Kamera 8 MP, 3264×2448 pixels, Carl Zeiss optics, autofocus, dual-LED flash
  • Koneksi data GPRS, EDGE, 3G, WiFi, Bluetooth, MicroUSB
  • Sistem Operasi Microsoft Windows Phone 7.5 Mango
  • GPS
  • Radio Stereo FM
  • Baterai Li-Ion 1450 mAh

Kelengkapan:

  • Handset
  • Earphone
  • Chargeran
  • Kabel Data

Aplikasi Bawaan Orisinal:

  • App Highlights
  • Nokia Maps
  • Nokia Drive

Casing Dan Rancangan Desain

Ukuran dimensi ponsel ini adalah 116.5 x 61.2 x 12.1 mm sehingga ponsel ini bukan merupakan ponsel kategori besar, ponsel ini merupakan ponsel kategori dengan bentuk sedang. Jadi bisa dikatakan Nokia Lumia 800 sebuah ponsel yang bentuk dan bobotnya sangat pas dan nyaman untuk digenggam oleh tangan, tidak terasa terlalu besar (kita dapat dengan mudah meng- operasikan dengan hanya satu tangan saja). Kualitas material yang digunakan pada ponsel ini sangat baik, tidak terlihat murahan, dilihat dari sisi manapun terlihat sangat menawan dan kokoh. Bentuknya begitu solid (tidak banyak ponsel pintar memiliki bentuk yang solid), terasa padat dan kuat. Disinilah kepiawaian Nokia didalam merancang sebuah ponsel. Mungkin kita bisa merasakan ketidak raguan Nokia didalam menciptakan ponsel-ponselnya, selalu baik, terutama dalam hal desain yang begitu manis dan menggoda.

Sisi depan terdapat layar dengan warna layar hitam yang benar-benar bersih (dapat dilihat warna kaca layar yang benar-benar hitam sekali). Layar kaca yang sisi-sisi pinggirnya sedikit melengkung (hal ini dapat menambah kenyamanan jari-jari didalam menyentuh dan mengelus layar kacanya). 3 tombol Back, Home dan Search terdapat didalam layar kaca. Pada sisi samping kanan terdapat tombol pengeras suara, tombol on/off dan tombol kamera. Di sisi kiri tidak ada tombol apapun. Dibagian bawah terdapat loudspeaker, disisi atas terdapat slot untuk kartu telpon ukuran kecil (micro simcard), jadi bila kamu masih menggunakan kartu telpon ukuran normal maka harus dipotong terlebih dahulu baru dapat masuk ke slot tersebut. Serta jack earphone 3.5mm dan micro usb sebagai media transfer data dan juga untuk tempat sambungan pengisian baterai. Pada sisi belakang terdapat lensa kamera diserta dua led flash.

Layar Dan Tampilan Muka

Seperti kita ketahui bahwa ponsel ini bukan tipe ponsel layar besar, dengan ukuran layar 3.7 inches membuat ponsel ini sangat pas di genggaman tangan. Salah satu yang menawan adalah warna hitam layar kacanya, begitu sangat benar-benar hitam. Dengan jenis layar AMOLED tentunya tampilan grafis dan warnanya sangat tajam. Dimensi layar 116.5 x 61.2 x 12.1 mm sangat nyaman digunakan dengan hanya satu tangan saja, jari-jari begitu mudah mengoperasikan ponsel ini. Dan tentunya dengan layar yang jernih ini sangat nyaman juga didalam bermain game.

Tampilan menu masih serupa dengan Windows Phone versi terdahulu 7, tidak ada perubahan yang signifikan, hanya saja pada pilihan theme, warna biru khas Nokia dapat dipilih. Menjadi ciri khasnya Windows Phone, pada tampilan depan terdapat shortcut icon-icon, beberapa dianatanya icon terlihat hidup (animasi), lalu dengan menggeser kekiri maka kita dapat melihat semua program tampil disana. Ada fitur baru didalam WP 7.5 Mango ini yaitu fitur multitasking, dimana bila kita menjalankan suatu program dan kita ingin program tersebut tetap jalan dibelakang, maka kita cukup menekan tombol Home (yang bergambar logo Windows) maka program tersebut akan ter-minimize, dan untuk memanggilnya kembali kita menekan dengan lama tombol Back sehingga muncul program-program yang masih berjalan lalu kita memilihnya.

Kamera

Pada era saat ini, kalau kamera tidak menggunakan sensor 8MP sepertinya terlihat ketinggalan zaman, maka ponsel Nokia Lumia 800 ini menggunakan kamera 8MP dengan lensa Carl Zeiss Tessar yang merupakan spesifikasi kamera andalan ponsel- ponsel Nokia. Untuk menentukan titik fokus kita dapat menggunakan jari kita dengan menekan area yang kita inginkan di tampilan layar. Hasil gambar dari kamera sedikit bernuansa agak kemerahan, walau terdapat pengaturan White Balance tapi warna kemerahan tersebut tidak bisa diredam. Semestinya hasil kamera dengan lensa Carl Zeiss Tessar dan sensor 8MB dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Fitur-fitur kameranya adalah sebagai berikut:

  • Zoom in/out
  • Scenes: Auto, Backlight, Beach, Candlelight, Macro, Landscape, Night, Portrait, Snow, Sports, Sunset
  • White Balance: Incandescent, Fluorescent, Daylight, Cloudy, Shade
  • Exposure Value: -2.0 -1.5 -1.0 -0.5 0 0.5 1.0 1.5 2.0
  • Iso: Auto, 100, 200, 400, 800
  • Metering Mode: Center Wighted, Frame Average, Center Spot
  • Effects: Normal, Black & White, Sepia, Negative, Solarize
  • Contrast: Minimum, Low, Normal, High, Maximum
  • Saturation: Minimum, Low, Normal, High, Maximum
  • Focus Mode: Normal, Macro
  • Resolution: 8MP 4:3, 7MP 16:9, 3MP 4:3, 2MP 16:9
  • Flicker Reduction: 50Hz, 60Hz

Kecepatan Processor

Walau Nokia Lumia 800 belum menggunakan processor dual-core, tidak dirasakan lelet atau tersendat-sendat. Sistem operasi Windows Phone 7.5 Mango berjalan sangat mulus dan lancar. Begitu juga didalam menjalankan aplikasi-aplikasi serta game-game nya, sangat dirasa cepat. Nampaknya OS WP 7.5 Mango sangat ramping didalam penggunakan resources processor dan memory sehingga sistem operasi begitu sangat ringan berjalan pada ponsel Nokia Lumia 800. Sangat cepat kita membuka dan menutup program.

Browser Internet

Karena Nokia Lumia 800 menggunakan OS WP 7.5 Mango, disediakannya Internet Explorer sebagai browser internet. Pengoperasiannya benar-benar ringan dan cepat. Membuka banyak tab window hanya bisa dilakukan sebanyak 6 tab saja. Kita dapat merasakan kepraktisan, kecepatan dan kemudahan didalam browsing internet melalui Internet Exeplorer-nya Windows Phone 7.5 Mango.

Multimedia

Kita ketahui bahwa didalam Windows Phone, Microsoft menggabungkan Zune kedalamnya, sehingga didalam ponsel ini kita dapa memutar lagu-lagu, video hingga radio dengan satu menu yaitu Music+Videos. Termasuk juga Nokia Music di integrasikan didalam satu menu ini. Gabungan seperti ini membuat pengalaman mendengarkan lagu dan video menjadi terhibur. Sayangnya pengalaman bermusik disini tidak dilengkapinya fitur equalizer untuk membuat kualitas suara menjadi lebih tajam.

Marketplace

Marketplace adalah sebuah layanan tempat menyediakan aplikasi-aplikasi termasuk game-game didalamnya yang kita dapat mengunduhnya. Marketplace sama halnya dengan App Store-nya Apple atau Market-nya Android. Sampai saat ini librari aplikasi di Marketplace memang belum sebanyak App Store maupun Market-nya Android, namun sekarang Marketplace sudah cukup banyak librari aplikasi dan game-nya. Dibanding waktu masih Windows Phone 7, aplikasi yang hanya segelintir saja, sekarang di Windows Phone 7.5 sudah sangat meriah ketersedian aplikasi-aplikasinya bahka kualitaspun sudah terbilang bagus-bagus.

Dukungan Bahasa Untuk Papan Ketik (Keyboard)

Pada awalnya Windows Phone 7 tidak banyak memberikan pilihan dukungan bahasa untuk papan ketik (keyboard), namun sekarang munculnya Windows Phonoe 7.5 Mango sudah banyak mendukung berbagai bahasa untuk pengetikan di keyboard. Misalnya dulu untuk dapat menulis Chinese Pinyin harus menggunakan aplikasi tambahan, tapi sekarang sudah tidak perlu serepot itu. Dukungan bahasa yang disediakan adalah: Chinese Simplified, Chinese Traditional, Czech, Danish, Duth, English, Filipino, Finnish, French, German, Hungarian Indonesian, Italian, Japanese, Korean, Malay, Norwegian, Polish, Portuguese, Russian, Spanish, Swedish, Turkish,  Ukranian.

Aplikasi Bawaan Yang Menarik

  • App Highlights 
    Bila kamu bingung ingin mencari aplikasi apa yang menarik-menarik di Marketplace, kamu bisa membuka   aplikasi App Highlights, disini kamu akan disaji aplikasi-aplikasi popular.
  • Nokia Maps
    Dengan peta dari Nokia ini, kita bisa memanfaatkan lokasi keberadaan kita, lalu kita dapat mencari tempat- tempat popular yang terdekat dari lokasi kita, kita dapat meng-explore seperti tempat makan, hotel, halte  bus, pasar swalayan, toko, rumah ibadah, jalan tol, apotik, tempat belaja dan segala macem.
  • Nokia Drive
    Berbekal dari peta nya Nokia, selain kita dapat mencari lokasi popular seperti di Nokia Maps, dengan Nokia   Drive kita memanfaatkan peta Nokia untuk dijadikan patokan berkendara, layaknya sebuah GPS di kendaraan,   Nokia Drive dapat mengarahkan kita ketempat tujuan melalui peta Nokia, yang sebelumnya terlebih dahulu kita   men-setting lokasi tujuan kita kemana.

Kesimpulan

Ponsel Nokia Lumia 800 dengan Windows Phone 7.5 Mango merupakan ponsel ukuran sedang yang sangat nyaman di genggaman tangan, dengan ukuran layar yang tidak terlalu lebar membuat ponsel ini sangat praktis didalam pengoperasiannya bila dilakukan dengan satu tangan. Desain yang benar-benar manis dan bentuk yang solid menambah nilai plus pada ponsel ini. Permukaan layar kaca yang gelap hitam dengan disisi-sisi pinggir layar kacanya yang melengkung menjadikan ponsel ini sangat bercirikhas dan memiliki jati diri. Nokia didalam merancang ponsel memang sudah tidak diragukan lagi alias sudah menjadi jaminan bagus, ditambah saat ini sistem operasi yang digunakan adalah Windows Phone dari Microsoft.

Segala pengoperasian ponsel ini sangat ringan, cepat dan halus. Membuka dan menutup aplikasi dengan cepat, memainkan video dan bermain game yang begitu jernih dan juga halus. Tidak ada sesuatu yang ribet didalam ponsel ini, semua serba praktis, cepat dan mengesankan. Multitasking yang dapat membantu kita didalam membuka aplikasi banyak dan dapat berjalan pada latar belakang, kamu dapat membuka Internet Explorer, Facebook, Yahoo Messenger, Twitter, Maps dan aplikasi lainnya secara bersamaan, untuk men-switch-nya cukup menekan lama tombol Back hingga muncul semua aplikasi-aplikasi yang berjalan kita tinggal memilihnya dengan menggeser-geser lalu menekannya.

Kelebihan:
+ Layar kaca hitam yang benar-benar gelap
+ Layar kaca pada sisi-sisinya terdapat sedikit melengkung menjadi cirikhas
+ Desain body yang solid, dengan ukuran yang nyaman di genggaman tangan
+ Pengoperasiannya ringan, cepat dan serba praktis
+ Aplikasi bawaan seperti Nokia Maps dan Nokia Driver

Kekurangan:
– Tidak ada equalizer untuk menambah efek kualitas suara
– Hasil kamera tidak sekelas 8MP teman sejawatnya

Lihat video:

21 Responses to Review: Nokia Lumia 800, Bentuk Desain Solid, Nyaman Di Genggam & Manis

  1. Nindya says:

    ini OS WP nya bisa diupgrade jadi 8.1 ngga?

  2. afril says:

    bray harganya berapa.gwe belum tau mestinya harganya.tolong kasih tau ya…,,,,

  3. Hunhun says:

    Tolong kasi tau dong gimana caranya adain notification (bersuara) buat twitter,facebook,ym,dll

  4. alzea says:

    Udah sebulan pake… satu kata aja, MANTAP! 🙂

  5. reviewnya sangat detail dan panjang, perlu dibaca lagi nih biar faham. tapi makasi ya, udah nambah pegetahuan di bidang gadget gini bung!

  6. Nokia says:

    Witness the grand launch of THE AMAZING NOKIA LUMIA!
    Atrium Senayan City, Jakarta
    17-19 Februari 2012
    10.00 – 22.00

    yang udah ngebet ama lumia 800 dan 710 langsung aja dateng ke acara tersebut , ditunggu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *