Review: BlackBerry 9790 Bellagio aka Onyx 3, Komplit Nan Imut

Kamu pecinta BlackBerry tipe Bold? bisa jadi kamu tidak mau terlewatkan produk yang satu ini, bahkan kamu siap untuk meng-upgrade ponsel BlackBerry kamu yang lama dengan BlackBerry Bellagio ini. Tipe BlackBerry ini mendapat perhatian khusus oleh para petinggi dari RIM sebagai produsen ponsel BlackBerry, dimana mereka meluncurkan tipe BlackBerry Bellagio ini untuk pertama kalinya di seluruh dunia dilakukan di negara tercinta kita ini Indonesia. Dan tak tanggung-tanggung mereka berani memberikan potongan harga hingga separuhnya (50%) dari harga normal bagi pembeli pertama dengan quota tertentu. Sekilas info saja bahwa peluncurannya beberapa waktu lalu di sebuah mal di Jakarta terbilang sebagai acara yang gagal, karena seperti tidak singkapnya panitia meng-antisipasi lonjaknya para pembeli sehingga acara tersebut di hentikan. Lalu beralih ke sebuah mal di Jakarta Barat dengan promo cash back 1 juta selama beberapa hari. Begitu fenomenanya BlackBerry di negeri tercinta Indonesia ini.

Spesifikasi:

  • CPU Marvel Tavor MG1 1 GHz processor
  • Dimensi 110 x 60 x 11.4 mm – Berat 107 g
  • Layar TFT capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran layar 480 x 360 pixels, 2.45 inches
  • Optical trackpad
  • Memori internal 8 GB storage, 768 MB RAM
  • Memori external microSD, up to 32GB
  • Kamera 5 MP, 2592×1944 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur kamera Geo-tagging, face detection, image stabilization
  • Koneksi data GPRS, EDGE, 3G, WiFi, Bluetooth, MicroUSB
  • Sistem Operasi BlackBerry OS 7.0
  • GPS
  • Baterai Standard battery, Li-Ion (JM-1)

Kelengkapan:

  • Handset
  • Baterai
  • Kabel Data Micro USB
  • Adaptor Charger
  • Earphone

Casing Dan Rancangan Desain

Sentuhan desainnya masih mempertahankan cirikhasnya BlackBerry yaitu balutan chrome pada sisi pinggir dan melengkung dibagian atasnya. Ditambah dengan sentuhan desain baru pada umumnya BlackBerry edisi baru, yaitu tombol yang menonjol untuk tombol Telpon, Option BB, Back dan tombol Tutup Telpon/Device Off. Tombol-tombol gaya baru ini juga diterapkan pada BlackBerry Monaco dan Monza. Juga terdapat Optical Trackpad yang menonjol dan tombol tersebut dapat menyala pada sisi sekeliling tombol. Dibagian sisi belakang desainnya sangat mirip dengan BlackBerry Monaco/Monza, penulis jadi punya pendapat mungkinkah desain-desain berikutnya BlackBerry akan memiliki desain belakang yang serupa, sebab melihat BlackBerry Monaco, Monza dan yang sekarang Bellagio memiliki desain sisi belakang yang sama. Dengan bobot 107 gram membuat BlackBerry Bellagio menjadi lebih ringan dibanding BlackBerry 9790 (versi Onyx sebelumnya). Dan juga memiliki tinggi lebih sedikit serta lebih tipis. BlackBerry 9790 ini bisa dilihat memiliki dimensi 110 x 60 x 11.4mm dan untuk BlackBerry 9780 memiliki dimensi 109 x 60 x 14mm. Lalu yang membuat menggoda bagi BlackBerry Bellagio ini adalah pada tatanan keyboard nya dengan memiliki desain tombol melengkung pada sisi-sisi pinggirnya, tentunya dengan tatanan seperti ini membuat pengetikan jari menjadi lebih nyaman. Untuk tombol pengeras suara dan kamera masih seperti biasa terletak disebelah sisi kanan dan untuk tombol Screen Lock terdapat disisi atas. Penulis merasakan begitu kerasnya tombol Sreen Lock tersebut untuk ditekan, menjadi kurang nyaman bila ingin melakukan lock maupun unlock pada layar.

Layar Dan Tampilan Muka

Layar BlackBerry Bellagio merupakan layar sentuh (touch screen), kita dapat mengoperasikan menu-menu langsung menyentuh dari layarnya. Fitur touch screen pada layar ini serupa dengan BlackBerry 9900 Dakota. Tampilan layar dengan menggunakan sistem operasi BlackBerry OS 7.0 serupa dengan tipe-tipe BlackBerry lainnya yang juga menggunakan sistem operasi yang sama. Seperti kita ketahui BlackBerry OS 7.0 merupakan sistem operasi BlackBerry yang terbaik saat ini dibandingkan versi terdahulunya, dimana BlackBerry OS 7.0 memiliki kecepatan dan kelincahan lebih dibanding terdahulunya. Dalam hal sitem operasi, penulis menganggap puas. Namun sayangnya karena BlackBerry Belaggio memiliki ukuran layar 2.45 inches yang dirasa begitu kecil untuk ukuran ponsel-ponsel pintar zaman sekarang, sehingga membuat mata tidak dimanja. Untuk melakukan browsing membuka website dan memainkan file-file video membuat sesuatunya terlihat mungil, menjadi dirasa kurang leluasa dan kurang memuaskan hati.

Kamera

Urusan kamera bisa dibilang lebih baik dari kakaknya yaitu BlackBerry 9900 Dakota, dimana di BlackBerry Bellagio ini terdapat fitur Auto Focus. Menurut penulis ditanamkannya fitur Auto Focus pada setiap ponsel sudah menjadi kewajiban, sebab kebanyak ponsel lebih sering digunakan untuk memoto dalam jarak dekat, sehingga hasilnya tidak begitu tajam bila fitur Auto Focus ditiadakan, hal ini terjadi pada BlackBerry 9900 Dakota yang merupakan tipe BlackBerry Bold paling atas.

Kecepatan Processor

Dengan peningkatan menjadi 1 GHz processor dan juga menggunakan sistem operasi BlackBerry OS 7.0 sudah mutlak bahwa BlackBerry Bellagio lebih cepat dan ringan proses dibanding BlackBerry Onyx versi terdahulunya.

Perbandingan Boot Time:

BlackBerry Bold Bellagio + OS 7: 1 menit 32,9 detik
BlackBerry Bold Dakota + OS 7: 1 menit 24,5 detik
BlackBerry Torch + OS 6: 2 Menit 14,8 detik
BlackBerry Onyx + OS5: 3 menit 18.2 detik

Multimedia

Tidak diragukan lagi soal multimedianya BlackBerry, komplit. Namun walau fitur multimedia sangat baik tapi tidak didukung layar yang memadai besar, maka bisa saja menjadikan tidak asik. Tapi bila kita sudah puas dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar maka bukanlah suatu masalah bila BlackBerry Bellagio ini memiliki layar yang bisa dibilang imut.

Kesimpulan

BlackBerry 9790 Bellagio aka Onyx 3 ini memiliki rancangan desain dengan gaya baru, terlihat pada tatanan keyboard dan pada sisi belakang setipe dengan gaya desain BlackBerry Monaco/Monza yang menjadikan cirikhas gaya baru desain jajaran ponsel- ponsel BlackBerry masa kini. Dukungan processor dan sistem operasi yang kencang membuat BlackBerry Bellagio lincah didalam pengoperasiannya. Urusan kamera pun tidak diragukan karena tidak dilupakannya fitur Auto Focus, membuat hasil foto jarak dekat dapat jelas dan detil terlihat. Dan juga BlackBerry Bellagio memiliki tipe layar sentuh (touch screen), hal ini membuat poin tersendiri, karena produk BlackBerry model QWERTY (non-sliding) yang menggunakan layar sentuh hanya baru BlackBerry 9900 Dakota dan juga ponsel ini BlackBerry 9790 Bellagio.

Kelebihan:
+ Desain gaya baru jajaran ponsel-ponsel BlackBerry masa kini
+ Kamera terdapat fitur Auto Focus
+ Pengoperasian cepat, bobot ringan
+ Menggunakan layar sentuh (touch screen)

Kekurangan:
- Ukuran dan bentuk yang dirasa terlalu mungil
- Layar kaca tidak anti gores
- Jangkauan WIFI tidak terlalu kuat
- Tombol screen lock sangat keras

Video:

29 Responses to Review: BlackBerry 9790 Bellagio aka Onyx 3, Komplit Nan Imut

  1. zainal says:

    pass install ulang gak ada radionya…ampun lah pake bellagio

  2. izzy says:

    ada jual tutup kesing belakngx g gan???

  3. fatkhur says:

    Memory telfon bellagio tertulis 8gb di spesifikasi2 yang pernah saya lihat di internet atau tabloid,tapi kenapa di  saya tertulis 6gb??
    Apa memang box  resmi itu ukurannya besar gitu,terus ada kode batang nempel di box nya?soalnya saya beli baru,dan katanya resmi itu box nya kecil,ngga ada kode batang di box nya..
    Mohon infonya ,,terimakasih

  4. adi says:

    garansi tam 2thn tapi baru pake sekitar 5bln trackpad sudah gak bisa di oprasikan seperti waktu pertama buka segel dus alias MATI. Padahal saya pakainya normal2 saja, gak terlalu exs..

    • fajar arif wijaksono says:

      lumayan 5 bulan pakai, saya baru 5 hari pakai udah gk bisa denger suara penelphon. trus dibawa ke garansi balik dari garansi kambuh lagi penyakitnya.sepertinya bb belagio dan dakota product gagal.

  5. cevi berando says:

    mau tanya Gan, harga casing bb bellagio (onik 3) berapa ya yang original?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>