Review Samsung Galaxy Note – GT-N7000

Walau Samsung didalam dunia smartphone dan tablet pc dianggap mengekor dari salah satu produk ternama didunia, namun sepak terjangnya jangan dianggap remeh. Nampaknya samsung pun tidak main-main didalam dunia smartphone dan tablet pc, hingga saat ini samsung telah banyak merilis smartphone dan juga tablet pc dengan berbagai ukuran layar, mulai dari ukuran layar kecil hingga besar semuanya tersedia (bisa kita lihat mulai dari produk Samsung Galaxy Mini hingga Galaxy Tab 10.1 inch). Dan baru-baru ini tak lama dari peluncuran Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus di Indonesia, Samsung kembali meluncurkan produknya lagi dengan ukuran layar 5.3 inch yang disebut dengan Samsung Galaxy Note (GT-N7000). Menurut iklannya apakah ini sebuah smartphone? atau tablet? ini adalah Samsung Galaxy Note!

Samsung Galaxy Note memiliki spesifikasi sbb:
– CPU Dual-core 1.4GHz ARM Cortex-A9 processor, Mali-400MP GPU, Exynos chipset
– Dimensi 146.9 x 83 x 9.7 mm
– Berat 178 g
– Layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
– Ukuran layar 800 x 1280 pixels, 5.3 inches
– Jenis layar Gorilla Glass
– Memori internal 16GB/32GB storage, 1 GB RAM
– Memori external microSD, up to 32GB
– Kamera 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flash
– Kamera depan 2 MP
– Koneksi data GPRS, EDGE, 3G, WiFi, Bluetooth, MicroUSB
– Sistem Operasi Android v2.3 (Gingerbread)
– GPS
– Pen (untuk menulis/menggambar melalui program S Memo)
– Baterai Li-Ion 2500 mAh

Dengan kelengkapan:
– Handset
– Baterai
– Kabel Data Micro USB
– Adaptor Charger
– Earphone

Casing Dan Rancangan Desain
Kalau boleh penulis mengatakan sejujurnya, kualitas casing Samsung Galaxy Note adalah yang terbaik dibanding Galaxy Tab berbagai tipe dan sekalipun dengan Galaxy S II. Casing Samsung Galaxy Note terlihat lebih solid (kokoh) dan tidak terlihat murahan (benar-benar elegan dan ekslusif). Layar kaca yang dominan warna hitam dengan balutan chrome dipinggirnya, serta dibagian sisi belakang dibuat bermotif carbon dan beberapa bagian menggunakan bahan metal sehingga terlihat kilauan-kilauan pantulan cahaya yang membuat Samsung Galaxy Note terlihat benar-benar menggoda pandangan. Dengan dimensi 146.9 x 83 x 9.7 mm dan berat 178 g menjadikan perangkat ini tidak terasa berat dan tidak juga terasa ringan, sangat pas dalam jinjingan di tangan. Penulis mengharapkan tombol power on/off yang berada diatas, ketimbang disamping kanan yang selalu kepijit tanpa sengaja dan juga terkadang berbarengan terpijit dengan tombol volume (pengeras suara) di sisi sebelahnya. Pada layar kaca hanya terdapat 3 tombol, yang 1 beruba tombol yang timbul sebagai fungsi menu ‘Home’, dan kedua tombol lainnya terdapat dalam layar sentuhnya yaitu untuk menu ‘Option’ dan ‘Back’.

Layar Dan Tampilan Muka
Dengan ukuran layar 5.3 inch, perangkat ini bisa dikatakan terlalu berukuran kecil bila disandang sebagai perangkat tablet pc, dan juga perangkat ini bisa dikatakan berukuran besar bisa disandang sebagai perangkat smartphone. Seperti kalimat pada iklannya, apakah ini sebuah smartphone atau tablet tidaklah begitu penting, yang jelas ini adalah Samsung Galaxy Note. Dengan mengusung layar Super HD Amoled, tampilan layar begitu tajam, cerah dan tegas (gambar dan warna terasa lebih tajam dari Galaxy S II). Interface sistem operasi menggunakan Android Gingerbread + TouchWiz UI v4.0 (mirip dengan tampilan interface Galaxy S II), hanya saja karena Samsung Galaxy Note memiliki ukuran layar yang lebih besar, maka untuk penempatan icon-icon dapat dijejer menjadi 5 baris dan 5 kolom. Pergeseran halaman ‘Home Screen’ terasa begitu halus, beda hal nya dengan Galaxy Tab berbagai tipe yang masih ditemukan pergeseran halaman menu-nya yang tersendat-sendat. Mata kita benar-benar sangat dimanja oleh kecerahan warna dan juga jari-jari kita turut dimanjakan dengan merasakan halusnya pergeseran-pergeseran menu dilayar.

Kamera
Tidak tanggung-tanggung pula, Samsung membenamkan kamera 8 MP di perangkat ini. Sehingga kalau ditanya bagaimana kualitas kamera Samsung Galaxy Note, jawabnya adalah tidak diragukan lagi. Apalagi dilengkapi dengan fitur semacam Face Detection dan Panorama, membuat kamera perangkat ini tidak akan disia-siakan oleh penggunanya. Dan untuk urusan Auto Focus dan tersedianya LED Flash sudah merupakan kelengkapan standar bagi samsung didalam menciptkan produk-produk kelas anyar-nya. Bila kita mengambil gambar objek yang begitu dekat dengan latar belakanga yang agak jauh, maka hasil yang bisa didapat adalah objek terlihat jelas dan untuk latar belakang dapat menjadi buram, fitur Auto Focus nya benar-benar berfungsi baik.

Kecepatan Processor Dual-core
Penggunaan processor Dual-core pada perangkat ini benar-benar dapat dirasakan efek kecepatannya. Memainkan animasi dan video begitu mulus tanpa tersendat-sendat. Dan juga dapat dirasakan begitu ringan dan cepat untuk melakukan browsing internet, melakukan zoom in/out konten, membuka banyak tab, semua dilakukan dengan serba lincah.

S Pen Untuk Menulis & Menggambar
S Pen inilah yang menjadikan perangkat ini dinamakan Galaxy Note, karena dengan pen ini kita dapat menyoret-nyoret layaknya di kertas, padahal menggunakan pen diatas layar kaca. Dengan menggunakan aplikasi S Memo ini kita dapat mencatat suatu tulisan dengan gaya bebas, bisa melakukan pengetikan melalui keyboard, bisa juga melakukan penulisan maupun orat oret menggunakan S pen. Yang menjadi lebih asik pada aplikasi S Memo, si tinta pen dapat diganti warnanya dan juga ketebalannya. Goresan pen juga dapat di set seperti gaya rotring, kuas, pensil atau stabilo. Aplikasi S Memo juga menyediakan menu untuk mode menghapus. Kita benar-benar diberi kebebasan untuk keleluasaan didalam menyoret-nyoret. Hal ini sebenarnya mengingatkan kembali ke masa silam dimana ponsel-ponsel layar sentuh masih menggunakan pen stylus untuk mengoperasikan ponselnya. Tapi tentunya kehadiran Samsung Galaxy Note dengan spesifikasi hardware masa kini membuat alat pen stylus lebih nyaman dan leluasa digunakan ketimbang masa lalu. Jadi kamu ingin menggunakan pen atau jari? semua bisa dilakukan di Samsung Galaxy Note. Bahkan untuk menggeser-geser halaman ‘home screen’, memilih icon-icon, membuka dan menutup menu bisa juga dilakukan dengan pen. Hal unik lainnya lagi adalah S Pen akan menjadi tidak dapat berfungsi bila kita menekan tombol yang ada ditengah tuas pen.

Kesimpulan:
Dengan spesifikasi Processor Dual-core, Kamera 8 MP dan Layar 5.3 inch Super HD Amoled, perangkat ini bukan kelas ecek-ecek, Samsung Galaxy Note merupakan sebuah produk terkini (saat ini) yang menjadikan produk lini depan. Dengan spesifikasi seperti itu dengan kualitas material casing dan desain yang sangat bagus, membuat Samsung Galaxy Note sangat layak untuk dimiliki. Penulis seperti dapat menyarankan bahwa Samsung Galaxy Note adalah yang terbaik dibanding Samsung Galaxy S II maupun Galaxy Tab berbagai tipe, namun tetap selera maupun fungsi adalah peranan penting untuk memiliki suatu smartphone/tablet pc, kembali kepada masing-masing pribadi.

Kelebihan:
+ Layar mumpuni 5.3 inch
+ Layar Super HD Amoled
+ Processor Dual-core, benar-benar berasa cepat
+ Kamera 8 MP
+ S Pen
+ Desain & Casing yang bagus

Kekurangan:
– Harga cukup tinggi

Lihat videonya:

18 Responses to Review Samsung Galaxy Note – GT-N7000

  1. roja says:

    kayanya emang ngga ada lampu LED nya yah. lampu depan yang untuk notifikasi kan. bener apa ngga?

  2. Ibrahimmuvic says:

    gan aq mau nanya_ sebenarnya aq sudah pakek ;Samsung Galaxy Note – GT-N7000 __ dapat 3 bulan gan!!
    yang aku tanyakan?? kenapa fungsi lampu laporan di atas tidak di cantumkan dan tidak berfungsi/nyala,, terus pengaturannya juga gak ada!!
    gimna cara menyalakan lampu yg ada di atas tersebut; seperti blekberry
    thenk gan

  3. uqon says:

    gan mau nanya kira” klo galaxy note bisa kayak komputer PC gak yang bisa sambung ke alat penympan data kayak flasdisk

  4. ryan says:

    mantaaap
    smartphone sekaligus tablet yang lumayan canggih, aksesorisnya saya sudah jual beberapa item seperti usb host untuk membaca data di flashdisk dan MHL adapter untuk koneksi LCDTV

  5. andro id says:

    mang beli dimana gan?

  6. empos says:

    kudu hati2 saat beli harus di check semua fitur2nya, kemarin saya beli tanpa ngecek di toko.. pas sampe rumah eh ternyata kamera / video error (hang)..untungnya pemilik toko baik hati menukar dgn galaxy note lain.. secara keseluruhan.. good!!! jauh ama galaxy tab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *