Review Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus – P6200

Berbicara soal Tablet PC, nama Samsung tidak bisa dianggap remeh, saat ini begitu banyak produk Tablet PC yang dilahirkannya dengan berbagai macam tipe layar. Generasi pertamanya dibuat dengan ukuran layar 7″ yang disambut meriah oleh banyak pengguna gadget, pada produk pertamanya tersebut Samsung sudah memasukkan fitur untuk dapat menelpon dan sms, belum ada tablet pc dapat melakukan hal tersebut pada waktu itu. Kemudian produk berikutnya Samsung mengeluarkan tipe dengan layar 10.1″ dan 8.9″ namun tanpa fitur telpon dan sms. Walau laju Samsung begitu pesat didalam rancah dunia tablet pc yang saat ini dihadang oleh nama besar Apple sebagai pencetus tablet pc didunia pertama kali dengan produk iPad nya, tak membuat Samsung untuk lamban menciptkan produk-produk barunya.

Belum lama ini Samsung merilis Tablet PC terbarunya yang dinamakan Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus (P6200) di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk salah satunya di Jakarta. Antusias pembeli pun belum surut, melainnya tetap digemari oleh banyak pengguna gadget di Indonesia. Hingga pada peluncuran hari pertama pun para pembeli sudah mengantri jauh beberapa jam sebelum counter dibuka, bahkan ada beberapa orang yang sudah betah mengantri dari sehari sebelumnya. Benar-benar Indonesia merupakan pangsa besar untuk konsumen pengguna gagdet.

Casing Dan Rancangan Desain
Bentuknya serupa dengan generasi pertama Samsung Galaxy Tab yang dirilis akhir tahun lalu, hanya saja saat ini bentuknya lebih tipis dan juga lebih ringan. Balutan warna chrome menghiasi pinggiran tablet pc ini (mengingatkan seperti desain produk Apple yang sohor itu), sudut-sudutnya juga dibuat melengkung. Pada sisi kiri terdapat slot untuk kartu gsm dan slot kartu memori external. Memiliki dua buah speaker yang berada di bawah, bersamaan dengan post USB. Tombol power (on/off) berada disebelah kanan, dan juga terdapat tombol volume (pengeras suara) dan juga port Infrared. Pada sisi belakang casing terbuat dari plastik berwarna putih mengkilat, yang di bagian atas kanan terdapat kamera dan juga led flash-nya. Menurut penulis ukuran tablet pc ini cukup pas di genggaman tangan, tidak terlalu besar dan dapat mudah dibawa-bawa (bisa ditaruh di saku celana belakang).

Spesifikasi:
– CPU Dual-core 1.2 GHz processor
– Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
– Jaringan 3G HSDPA 900 / 1900 / 2100
– Dimensi 193.7 x 122.4 x 9.9 mm
– Berat 345 g
– Memori internal 16/32 GB storage, 1GB RAM
– Memori external microSD, up to 64 GB
– Layar PLS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
– Ukuran layar 600 x 1024 pixels, 7.0 inches
– Kamera 3.15 MP, 2048×1536 pixels, autofocus, LED flash
– Kamera depan 2 MP
– Koneksi data GPRS, EDGE, 3G, WiFi, Bluetooth, MicroUSB, Infrared
– GPS
– OS Android OS, v3.2 (Honeycomb)
– Baterai Li-Ion 4000 mAh

Kelengkapan:
– Tablet PC
– Baterai
– Kabel Data Micro USB
– Adaptor Charger
– Earphone
– Headset
– Adaptor Car Carger
– Cover

Layar Dan Tampilan Muka
Bagi banyak kalangan ukuran layar 7″ adalah ukuran yang paling popular diminati, karena ukuran tersebut tidak terasa kecil dan juga tidak terasa terlalu besar, pas digunakan sebagai perangkat mobilitas. Dengan mengusung sistem operasi Android 3.2 Honeycomb, maka interface yang digunakan menggunakan bawaan asli dari OS nya, Samsung tidak menyediakan UI (User Interface) miliknya sendiri, hanya sebatas beberapa widget seperti jam, cuaca dan beberapa wallpaper. Untuk mengetahui lebih detil OS Android 3.2 Honeycomb bisa dilihat DISINI Walau tablet pc ini menggunakan processor Dual-core tapi terlihat interface Honeycomb terkadang tidak terlihat halus, terkadang masih ditemukkan pergerakan yang tersendat-sendat. Widget Market sering memunculkan pesan error. Dan juga beberapa kali ditemukan, bila kita meng-klik menu tertentu maka yang muncul dari aplikasi yang lain.

Telpon & SMS
Tidak banyak sebuah tablet pc dilengkapi dengan fitur untuk dapat menelpon dan ber-sms, di Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus dan tipe terdahulunya fitur tersebut bisa digunakan. Ini merupakan hal positif yang bisa dijadikan alasan utama kenapa kita memilih tablet pc ini dibanding dengan yang lainnya.

Keyboard
Penulis merasakan kenyamanan didalam menggunakan keyboard pada tablet pc ini. Terlebih bila perangkat dapat posisi portrait (bukan landscape), jari-jari sangat pas untuk menekan-nekan tombol keyboard QWERTY nya.

Kamera
Tablet PC Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus dengan tablet pc Samsung yang terdahulu sama-sama memiliki kamera 3.15 MP, 2048×1536 pixels, autofocus, dan LED flash. Soal kualitas tidak jauh berbeda, namun di Tab 7.0 Plus terdapat fitur seperti Smile Detection dan dapat mengambil gambar untuk skala panorama. Untuk kamera depan sedikit berbeda dengan yang terdahulu hanya 1.3 MP, sekarang 2 MP.

Aksesoris
Didalam paket pembelian Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus ini diberikat sebuah Cover untuk pelindung tablet pc, yang mana Cover tersebut dapat juga dijadikan sebagai sandaran agar perangkat dapat berdiri. Selain itu juga diberikan sebuah Headset, yang dapat disambungkan dengan koneksi Bluetooth, hal ini membuat kenyamanan bila perangkat ingin digunakan untuk menelpon.

Kesimpulan
Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus ini merupakan generasi terbaru dari Galaxy Tab 7 yang dirilis akhir tahun lalu, fitur-fitur utamanya bisa dikatakan serupa walau terdapat peningkatan processor menjadi Dual-core dan sudah menggunakan sistem operasi Android 3.2 Honeycomb. Dalam hal desain tidak terlalu dirasa adanya nuansa baru, hanya saja bentuknya lebih tipis dan lebih ringan. Bahkan kehadirannya dengan processor yang lebih cepat tersebut tidak membawa solusi terhadap mulusnya sistem operasi yang berjalan.

Kelebihan:
– Layar 7″ pas sebagai perangkat mobilitas
– Bodi desain yang tipis dan ringan
– Keyboard QWERTY virtual nyaman digunakan

Kekurangan:
– Processor sudah Dual-core, tapi terkadang terasa tersendat-sendat
– Posisi tombol power (on/off) sering kepijit disaat genggaman
– Tombol power dan tombol volume terkadang salah terka untuk dipijit

Lihat video:

73 Responses to Review Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus – P6200

  1. dian novie says:

    saya punya samsung galaxy tab 7plus,gt 6200…..sy charge tidak bisa masuk, saya coba mau buka cashing belakangnya tp tidak bisa……bgmn caranya ya gan? 🙁

  2. Julius-cs says:

    mohon info…
    tab sy (samsung galaxy 7 plus)
    saat dicarge ke laptop, saya ON-kan….
    tiba2 minta masukin password (Enter your password : )
    padahal dari awal sy gak pernah pake password
    apa psw-nya ya…
    sy coba reboot….. hasilnya tetap aj….
    atau gimana caranya ya…
    terima kasih sebelumnya…

  3. antung says:

    Bagaimana membuka password bila tampilan keyboard secara landscape.karena tab saya terkunci dan tampilan tidak dapat berubah secara portrait.trims

  4. dex adnya says:

    samsung galaxy tab 7plus,gt 6200 ane knpa ga isi infra red portnya, thank you

  5. syamsuddin says:

    tolong info cara reset ulang Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus – P6200

    terima kasih

  6. wijiono says:

    saya punya samsung galaxi tab 7.0 GT-P3100 saya ingin tanyanihhh gimna caranya kita bisa melihat posisi yang kita telpon,,,dimna,,,! gmna caranya….trimkasihhhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *